iklan iwb

Bocoran produk baru dari pabrikan Bologna telah menggegerkan blantika roda dua motosport dunia. Yup…tim merah sudah melakukan test terhadap sebuah motor superbike anyar yang disinyalir akan menjadi kuda besi terbaik produksi masal yang pernah diciptakan suatu pabrikan…..

Ducati memberi kode dengan nama 1199 Panigale. Hhmm…bagi kuping kita sebagai orang Indonesia, kedengarannya sudah lazim dan terasa sedikit ketimuran yak. Namun…jangan salah sangka mzbro, sebab Ducati 1199 Panigale adalah buah tangan Italia tulen yang diprediksi bisa menjadi ancaman serius bagi kompetitornya dimasa depan. Dibekali mesin oversquare (112mm), gear/chain-driven cams, sasis aluminium monocoque….Panigale mampu menyemburkan tenaga hingga 195bhp. Dengan power tersebut…Panigale sudah cukup mengungguli rival beratnya bahkan Kawasaki ZX10r sekalipun. Lho koq bisa??…

Secara kalkulasi, power to weight ratio Panigale paling superior (1.09:1). Hal ini berkat berat kotor yang cukup ringan yakni hanya 179 kg. Sementara…yang paling dekat dengan performa PWR Ducati Panigale hanya Kawasaki ZX10r serta EBR 1190RS (PWR -99:1). Artinya, data diatas kertas….motor superbike racikan Jepang, cuma genk ijo yang mampu nempel Panigale. Bahkan pabrikan besar sekelas Yamaha, Suzuki dan Honda-pun dipaksa bertekuk lutut terpaut lumayan jauh (Yamaha R1 -87:1, Suzuki GSX R1000 -93:1, Honda CBR 1000RR -88:1)….

iklan iwb

Semua masih data diatas kertas. Ketika balap sesungguhnya…..tentu tergantung dari tune-up dan kecakapan mekanik dalam mengoptimalkan kemampuan sikuda besi. Namun melihat data spek yang ada, tidak ada keraguan bahwa Panigale bakal menjadi motor tangguh diajang WSBK. Last…monggo intip saja komparasi data Ducati 1199 Panigale vs motor superbike lain. Dan setelah itu berikan komentar sampeyan semua…..(iwb)

Komparasi Ducati 1199 Panigale vs kompetitor (sumber disini)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!