iklan iwb

Siapa sih yang nggak percaya sama mekanik. Apalagi jika apa yang diamanahkan sangat simpel dan mudah. Ibaratnya…dikerjakan sendiripun sebenarnya bisa. Namun…ternyata faktor tersebut tidak menjamin kelancaran pekerjaan. Contohnya seperti yang IWB alami…..

Beberapa waktu lalu mengganti oli mesin tunggangan disebuah bengkel oli langganan. Setelah nebus satu? liter botol merk A, seperti biasa proses penggantian dilakukan? oleh mekanik. Entah kenapa…hari itu IWB? ada merasa tidak nyaman sebab….simekanik yang dipercaya pegang tunggangan IWB merupakan anak baru. Secara feeling…ada yang tidak beres sama pemuda plontos yang ditunjuk bosnya. Dari jauh…mata tak berkedip memperhatikan gerak-gerik proses penggantian. Kunci pas….tang, 2 alat rutin sudah bergerak menunaikan tugasnya. Oli ngocor dari bawah mesin. Nah disinilah moment ganjil terjadi…..

Ketika oli masih deras jatuh kebak oli, simekanik sudah menyemprot lubang atas dengan angin. Alhasil liquid menjadi berantakan kemana-mana. Serta merta doi ambil lap membersihkan crankcase engine yang kotor. Gelajat tersebut sudah cukup membuat IWB gelisah. Tapi masih ditahan…tidak bereaksi guna menghormati simekanik. Tidak lama…doi membuka tutup kaleng plus dengan cara mencongkel bibir botol. Dan…ini nih yang membuat mata terbelalak mzbro. Dari jauh…terlihat simekanik langsung memasukkan oli kecongor atas mesin. Padahal tutup bawah belum dipasang. Bisa ditebak….oli anyar mancur seperti air mancur. IWB reflek teriak mengingatkan….

iklan iwb

Bukannya sigap, doi malah celingak-celinguk bingung dengan kondisi yang terjadi. Jebule dia lupa posisi naruh baut penutup oli. Alamakkkk……!! (IWB perkirakan oli fresh yang terbuang mencapai 250ml lebih). Nah…yang mengesalkan, disaat doi memasang baut tersebut, matanya berusaha ngintip-ngintip meja bosnya seraya nyeletuk enteng ..” tenang bozz…nggak apa-apa koq..”!. Byuh…naik pitam IWB mzbro…!!!. Berarti doi menganggap enteng kejadian diatas. ” Heh…apanya yang nggak apa-apa. Oli sudah berkurang banyak!!. Mau mesin saya ambrol??….mau ganti biaya turun mesin??” semprot IWB. Doi hanya diam tidak merespon ataupun meminta maaf. Tidak berpikir panjang IWB segera kecounter menuju boz (owner bengkel)…komplain berat….

Singkat cerita…mereka mengganti dengan oli baru. Tapi kisah ini? belum berakhir mzbro. Tanpa ditakar ulang…oli akan digerojok kedalam mesin. Walah…piye iki!!. ” Lho mz…gimana sampeyan tahu kurangnya berapa ml??. ” sergah IWB menahan gerakan tangan simekanik plontos. “Udahlah bang…percaya aja deh” ujarnya ngotot. Walah ngajak perang nih mekanik. ” Buang…saya mau dibuang sekarang!!! ” seru IWB sambil berdiri menunjuk kemesin. ” Buang oli yang terlanjur tadi sampai habis, baru isi dengan oli baru!! bentak IWB. Setelah melihat IWB berapi-api, baru mekanik tersebut mengikuti……

Pasca kejadian, IWB mendapatkan info bahwa simekanik? ternyata adalah keponakan boz mereka. Doi dipekerjakan supaya tidak nganggur dirumah. Waladalah…..!. Tidak bisa membayangkan seandainya ketelodoran ini luput dari pengawasan. Bisa jadi sikebo turun mesin 😥 . Last…kita jangan pernah percaya dengan seseorang dalam bengkel kecuali mereka memang benar-benar mekanik kepercayaan. Dan ingat….ada baiknya mata selalu mengawasi dari jauh sebab supervisi akan membuat hasil pekerjaan menjadi maksimal dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Alhamdulillah….masih selamat walau nyaris ciloko. Btw ada pengalaman serupa mzbro?? monggo dishare….(iwb)

112 COMMENTS

  1. wah aku pernah mas waktu itu YjZ110 ku habis aku bawa touring habis itu servis ke delaer lah…. dilalah sama SPGnya di tawarin pake yang biasa apa yang bagus.
    spgnya kan cantik…. ya… aku bilang yang yang bagus sisan biar keliatan sedikit berduit dikit (biasa gejolak kaulamuda)…
    lah setelah 2 mingguan servis terjadilah percakapan :

    temen-temen pada bilang “pak suaranya ko’ kasar kayak mesin diesel???”

    wah…. aku ya… bingung langsung aku bawa ke bengkel biasa (kuitansi bukti servis ilang) orang benkel juga bingung di coba pake oli lain ya… suaranya gitu…. trus di tanya

    “iki oli ne opo????”

    aku jawab ” oli pabrikan spesipikasi sing apik sisan….”

    mekanik ” weleh…weleh… kwi oli nggo metik”

    aku opo iyo mas???

    mekanik “iki kudu bongkar mesin”

    aku : “bongkar ae lah sing penting motorku penak”

    mekanik : tapi ne’ di bongkar bakal ntek okeh mas’

    aku ya… gpp

    mekanik yo…. wes…

    dua hari kemudian aku ke benkel n diterangin ganti ini-itu ini-itu kira-kira habis segini total 500ribu.

    jane mumet ning ndas…… lah wong mahasiswa.. habis itu tiap servis di deler ta’ perhatikan terus… para mekanik.

    kejadian juga dialami NMPku jadi mbrebet-mbrebet akhirnya aku pindah dealer sisan

  2. @ 57. daniel
    Koyoke ngono mzbro. Cuma iso ngelus dodo…
    @ 63. pakbenk
    Bhua ha ha ha…apik mzbro critane sumpah seru. hebatnya kaum hawa tuh. menghipnotis wkwkwkwk…….

  3. ane pernah kang iwan,di bengkel pedurungan tengah,semarang.
    maennya pake palu untuk membuka baut, setelah di setel klep mesin malah jadi kopyor, suaranya aneh, cetik cetik cetik cetik.

  4. wah! pernah ni! pas kemaren puasa! tpi ni mobil,agenda cuma ganti sayap roda kiri depan,eh malah bukanya kasar tu mekanik(baru,mukanya gapernah terlihat sbelumnya),dia matahin springnya,masa udah patah disuruh dilas!!!! spring dilas!!!!???? apa kaga ngeri tuh!
    katanya dg enteng” udah ni ma dilas aja ni” sampe temen mekanik satu lagi bilangin dia”masa per dilas gimana si lo.!”
    n berjeti jeti lah habisnya akhirnya
    hadooooh apes,
    n apa yg dragukan trbukti!
    pas subuh dipake jalan untuk kepasar,sayapnya patah n mobil banting kekanan gabisa disetir,untung itu jam3sbuh! untng ga ada mobil lawan arah!
    tnyata masangnya kacau mkaniknya,baut2ny sgala,smpe pada ambrol saprepart yg baru,diderek paginya sampe rumah dibenerin pake sayap yg lama malah bener lagi,
    (mkaniknya juga kponakan owner bengkel tnyata)
    budget terbuang dg bgitu saja
    suuakkkiiiiiiiiiiitttttttttttt……!!!!!!!!!!!

  5. Bacanya aja sy ikut Esmosi mas, gmn klo sy ngalamin sendirir ya… Naik pitam, kepala plontosnya mekanik tak guyur oli sekalian 😀

  6. dibengkal resmi supraku juga pernah jadi korban oleh mekanik.bahkan ini bukan lagi mekanik.seolah2 memang bengkel resmi itu ada kesengajaan agar servis lebih besar.padahal motor tidak apa apa.
    klo ganti oli lebih baik sendiri aja mas.tapi agak repot sih

  7. Pernah pengalaman serupa gara2 mekanik teledor dan ampir buat saya kecelakaan mas. Waktu saya masih nunggan F1ZR full clutch. Sewaktu ganti oli mesin, saya minta tolong di setel spuyer oli samping krn asapnya kayak bakaran sate. Setelah selesai, saya pulang dari bengkel, kepengen betot gas ampe abis. Pas spido 120km/jam, tiba2 silinder bunyi suara ngorok, dan mesin mati. Bingung saya, untungnya langsung tarik kopling. Andai waktu itu ga nutut tarik kopling, ibu pertiwi sudah saya cium. Setelah mesin mati, ga bisa di starter, nunggu 5menit, baru mesin bisa starter. Jalan pelan2, saya bawa ke mekanik kepercayaan. Setelah di cek ternyata oli samping telat krn setelan terlalu irit.

  8. motor temen pernah distart tanpa oli di crankcase…….sempat mlongo sebentar kirain “teknik baru”, ternyata mekanik kelupaan ngisi, untung gak jebol tu mesin.

  9. Baru aja bro., gw semalem ganti oli *kerang* eh..pas lagi bayar olinya., tuh mekanik abis nyemprotin angin ke mesin sibuk nutup head oli bawah., lama banget., gw bilang aja “ntuh naro saringannya ga kebalik kan” dia baru lepasin lg, ternyata doi ga pas masangnya., KUDU DIAWASIN BRO.! klo soal bengkel mah gw better bongkar sendiri., coz sampe sekarang blm nemu bengkel resmi Yamaha yg bagus di jakarta

  10. ane biasa ganti oli sendri aja dari dulu ..terjamin…:)

    klo ngak sempet cari bengkel langganan dan mechanic yg dipecaya..klo ngak ada die mending ngak usah..dari pada report kemudian..

    cuman yg jadi maslaah klo turun mesin, jadi ngk bisa ngawasin..jadi tetep cari mechanic yg dipercaya ..

    soale pernah cuman benerin timing keteng loncat aja, jadi merembet kemana2 penyaikitnya..abis ntu ke kesono2 lagi..dan mechanicnya ane marking..meraaahhh

    hehe

  11. sama mas,iwb, saya juga dulu ada pengalaman di jupie mx saya tahun 2006, 2 x malah,,, walaupun saya mekanik mobil tp saya tahu tentang mesin motor, cuma krena menghormati servis gratis saya ingin merasakan aroma pelayanan BeRes Yamaha,,, pertama servis gratis di BeRes pd ungu, bekasi, pas servis gratis pertama, jupie mx saya dikasih oli castrol go, saya ga mau, maunya standar yamaha yamalube apling tidak jangan castrol go, edalah yg owner ngotot, saya ga mau berdasarkan buku petunjuk saya berhak mendapat yamalube dan km servis dan bulan saya juga masuk jadwal servis pertama, akhirya saya marah sekali dan adu debat, akhirnya mereka mengalah dan memberikan 1 botol yamalube k saya, setelah itu saya laporkan ke surat kabar dan ke YMKI,, alhamdullillah ada tanggapan dr YMKI,

    yang kedua pada servis gratis yg ke4, di buku servis saya berhak mendapatkan coolant radiator sebanyak 1 botol berukuran 900 ml,kali ini beda BeRes dengan pengalaman yang pertama… kali ini di daerah cakung, seris pertama berjalan lancar dengan pembersihan karburator dan yg lainnya, posisi saya saat itu berada di ruang tunggu dan memang ga boleh masuk ke ruang servis tp mata saya tetep tajam memperhatikan jupie mx saya, biasa melototin baut jadi mata saya tajam setajam baut…pas buang cairan coolant ada yang aneh dr perilaku mekanik, karena saya mekanik dan tahu betul proses penggantian coolant saya amati proses demi proses tersebut,ada yg ganjil di proses pertengahan ini, ternyata coolant di motor saya dibuang dr radiator saja bukan dr mesin sekalian, saya tahu di blok silinder itu ada baut 10 untuk membuang coolant yg ada di blok slinder tersebut, saya samperin k mekanik tersebut dan menegur perlahan edalah malah saya diberi tahu proses dan cara kerja tersebut, dan saya tanya apakah jupie mx ini memakai thermostat apa tidak ( cuma untuk mengetes) mekanik tersebut menjawab tidak… oh nooooo…. mekanik sekelas senior tersebut tidak diberi skill pengetahuan yang up to date, akhirnya saya minta buang semua di silinder juga malah saya diceramahin ga karuan, walah ngajak debat kusir nih,,,, saya proses k owner, malah saya diomelin owner krn saya menyalahi aturan tersebut, saya bicara agak keras dengan owner bahwa anak buahnya juaga menyalahi aturan, saya tantang ke DDS Yamaha cempaka putih untuk menyelesailan masalah mereka ga mau dan mengalah,, harusny si begitu ya,… begitulah mas iwb akhirnya jupie mx saya tangani sendiri seterusnya sampai saya jual,,,, jangan pernah percaya bila kita ragu akan bengkel tersebut…

  12. ahahah, alhamdulilah ane servis trus di beres kawasaki bandung soekarno hatta wlo jauh dr rmh..
    krn puas dgn pelayanannya…..

    bisa datengin motornya yg diservis..
    ato bisa sambil nonton TV satelit dalam ruangan ber AC.
    disuguhi minuman,koran dLL…
    dan s montir slalu update klo mw ganti dan sharing..
    padahal ane cuma pake bebek athlete.
    gda pembedaan Moge ma bebek.

    cuma sayang akibatnya..byk bgt yg servis d sana n permotor bisa lama saking tlitinya..

    soal klaim and bonus, kawasaki slalu kasih g banyak cingcong.
    tinggal ttd tangan. rebessssssssss…

    mungkin ini salah satu yg buat banyak orang yg loyal ma brand ini..

  13. saya pernah bowo motor ke service resmi yamaha,,,makalum masih servis gratis,, kilometer masih 500 trus dicek sama mekanik nya seperti biasa motor service berkala ganti oli,pokoke dicek,,,nga tau kenapa,,,, motor mati trus distatrer elektrik luama banget,,,saenanae udele dewe,,, pahahal stater elektrik yangsaya tu nga boleh di tahan lebih dari 3 detik,,!!!!,,, setelah nyala motor di geber abis2an kya mau turun balap z,,,, piye iki iso rontok mesin baru,,,dasar mekanik edan….sejak saat itu sy trauma bwa motor service di service resmi,,,ternya yang servis,,,,MAGANG z,,,….

  14. @apes
    wong magang disuruh nyervis????? KOPLAK…

    bukankah tiap2 mekanik punya sertifikat? biasanya tuh di pajang di dinding pakai pigura…

  15. critane aneh-aneh… ada beres y yg jual castrol, ada jupi dikasi oli matic, ada orang magang…
    nasib lagi apes…

  16. 52. bingung – September 23, 2011

    kenapa dibuang olinya mas bro ?
    bawa pulang aja sayang 😀
    langsung isi yg baru saja..
    ======
    pengennya sih diminum,tapi bang iwb sudah kenyang…

  17. Ini pengalamanku pernah jadi mekanik di bengkel resmi Y mas bro….
    1. klo aku ada pengalaman malahan sama temen sesama mekanik mas bro yaitu temenku lupa oli belum di tap udah main masukin aja tuh mas bro….tau sendiri kan tumpah kemana2 oli baru campur oli bekas, akhirnya asal tutup aja tuh tutup oli pda Mio itu dan pura2 mau test ride habis di service sambil bawa kunci T ukuran 12 langsung ngacir nyari tempat sepi di dekat kuburan lalu buka baut pembuangan kemudian di kira2 pas ukuran dalam crank case….
    kesimpulan bukannya ganti oli malahan nyampur oli…haaaaahaaa…
    2. tutup oli belum di tutup tapi temenku udah main gas mas bro….tau sendiri kan oli muncrat kemana2….untung bapak pemilik motor orangnya baik…tau tp ga marah…heheheee….
    3. yang parah Jupiter Z blm di buang oli bekasnya dah main isi mas bro…kan klo bebek lubang tutup oli tinggi jadi jika mekanik lupa ga akan ketahuan apakah udah di tap apa belum dan oli ga meluber kemana2 karena crank case muat kira-kira 4 literan oli…..
    Dan masih banyak lagi mas bro aksi keteledoran mekanik mas bro, begutu jga aku pernah juga kelupaan dan lebih parah mas bro, oli udah di tap tp lupa di masukin oli baru….motor udah ku geber2 masih di atas Bike Lift tiba2 pemiliknya datang marah2 bilangin klo oli blm di masukan….akhirnya dengan muka pucat pasi dengan keteledoranku aku minta maaf dan bertanggung jawab jika jebol mesin akan saya ganti semuanya….
    Dan syukur motor gapapa karena blm di naikin ketika di geber2 dan masih kondisi motor statis di tempat….
    sejak saat itu customer tsb kapok ga pnh lg nyervis di benkel resmi aku mas bro…

  18. kalo di bengkel sebelah kita bisa milih sama mekanik yg mana, kayak pas mau berobat ke dokter…jadi kita bisa milih mekanik yang kt percayai…

  19. wah laen kli mending dipegang ama mekanik terpercaya aja ato ganti olinya lgs di beres langganan mas bro.mudahan2 gak terjadi lagi dah hal begini

  20. Bro Iwan uda pernah liat Yamaha Flagshipshop Pemuda – Semarang?….gimana mo ngawasin kalo motor diservis agak ujung ditambah customer cuma liat dari balik kaca en gak boleh masuk kec ada masalah serius…jadinya ya cukup pertama en terakhir servis disitu…lebih puas servis sendiri en sampe sekarang gak ada masalah

  21. Sejak pertama beli pulsar ampe sekarang ganti oli selalu dikerjain sendirian….gak percaya bengkel manapun.

  22. Pengalaman di mtor vegaR sy dulu bibir/permukaan tutup olinya pecah & simekanik nggak terus terang sy br tau ditempat parkir dan akhirnya terpaksa dicor dgn biaya +-250.000

  23. jaman sekarang makin banyak motor, montir2 kayaknya kejar setoran aja. yang penting beressss. dulu waktu motor masih jarang, rasanya lebih tenang kalo ngebengkel. sekarang beeuhh, udah dimana2 rame, ngantri lama, kerjaan buru2. kasusnya mas IWB pernah kurasakan sendiri kok, ganti oli sendiri…eee lupa nutup yg bawah. hihihi

  24. wow.. pengalaman yang berharga banget mas..
    dulu waktu masih pegang satria servis sendiri di rumah
    setelah pegang cibie ga rani secara kayaknya lebih ribet aja
    mana apesnya di denpasar ga ada bengkel yang qualified pegang cibie 🙁 jd nya ya seadanya aja.

    http://www.dk8000.co.nr

  25. harusnya mekanik diberi perlengkapan oksigen seperti pilot pesawat tempur , agar daya konsen nya tetap terjaga dari efek timbal setiap hari yg bisa meracuni otaknya . akhirnya menjadi resah gelisah tidak teliti buru buru …. ditambah lagi lulusan hanya teknik dasar , andai S-2 Engineer mungkin akan lbh bagus eh salah ,,,,,,, jadi bosss nya bengkelll deh

Comments are closed.