iklan iwb
iklan iwb

Sudah bukan rahasia umum bahwa pemasukan negara terhadap pajak kendaraan bermotor sangat besar bisa mencapai triliunan rupiah. Mulai dari kendaraan baru, perpanjangan STNK, pajak tahunan dsb. Makanya kebangetan kalau alokasi perbaikan jalan sangat kecil dibandingkan sektor lain. Nah….kebetulan IWB sudah lama ngantongi faktur pembelian sikebo. Dan berikut harga asli sebelum tetek bengek….

IWB sendiri kurang ngeh komposisi apa saja yang dikenakan pemerintah sehingga motor membengkak naik menjadi 5jutaan dari harga asli. Sebab dalam faktur original yang dikeluarkan…sebagai contoh Yamaha Byson, banderol sikuda besi adalah 14,6juta rupiah. Bisa diintip keterangan ” keadaan 100% baru lengkap dengan perkakasnya”. Artinya…jika dikomparasi dengan harga India (Rs 74,900) sangat identik sebab kalau kita konversi kerupiah sama dengan IDR 14,5juta….

Kesimpulannya, untuk membuat motor memenuhi syarat guna dijual kepasaran terdapat additional cost sebesar 5jutaan (untuk kasus Byson). Angka tersebut dibagi dua…untuk pemerintah, selebihnya menjadi margin atau keuntungan pabrikan. Berarti kira-kira berapa dong profit yang diambil Yamaha?? karena IWB bukan orang berkompeten, monggo dihitung bagi yang tahu detil kalkulasinya dan  share dikolom komentar. Maturnuwunnnn…(iwb)

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!