iklan iwb

Brother sekalian…tidak terasa usia sudah hampir satu tahun sikebo menemani lalu lalang menembus padatnya lalu lintas Jakarta. Ibarat pengantin…masing-masing sudah sangat tahu kelemahan dan kelebihan yang ada pada diri pasangan. Dan berikut impressi 11 bulan nyemplak motor racikan Yamaha India ini…

Iwb menerima sikebo pada tanggal 19 Oktober 2010. Dalam jangka waktu tersebut sudah 2 kali klaim speedometer akibat pengembunan jika terkena air hujan. Untung pihak Yamaha sangat kooperatif dalam menyelesaikan setiap keluhan sehingga kendati ada beberapa masalah, hati merasa puas tidak ada nggrundel. Jarak tempuh dikalkulasikan dengan speedo lama telah melahap sekitar 18.000km. Untuk bahan bakar Byson masih irit belum ada tanda-tanda perubahan komsumsi yakni direntang 1 : 40km. Angka diatas hanya sebagai patokan…bakal terjadi penyimpangan jika kita melaju kencang atau santai. Mesin???…tidak ada keluhan sama sekali. Begitu pula suhu. Entah kenapa Byson termasuk adem jika dibandingkan motor lawas IWB dulu. Bisa jadi akibat teknologi YRCS (Yamaha Ram Cooling System). Cara sederhana mengatur air flow menuju silinder atas…hasilnya tidak butuh lama engine sikebo cepet dingin….

iklan iwb

Yamaha memang menggaris bawahi bahwa Byson merupakan produk yang diperuntukkan buat biker yang mengedepankan desain. Makanya jangan berharap lebih soal top speed ataupun kebringasan mesin. Engine FZ16 lembut, halus minim vibrasi…cocok buat pemakaian turing harian. Efeknya tidak ada stres otot atau capek berlebih. Posisi duduk juga santai tidak pegal. Kekuatiran stang baplang menyulitkan manuver ternyata tidak terbukti. Apalagi didukung torsi besar 13nm@6000rpm. Dijamin sampeyan nggak perlu sering oper gigi untuk berjalan stop dan go. Suspensi monoshocknya juga terbilang mumpuni. karakter memang agak keras dibanding pabrikan sebelah. Kelemahannya…jadi kurang nyaman melibas jalanan beton. Namun kelebihannya, motor anteng dibuat rebah ekstrim serta nihil ambles walau bonceng bobot berat.

Sayang saat ini masih ada satu PR yang mengganjal yakni suspensi depan. Yup…ada indikasi bocor disana. Sebenarnya kondisi tersebut sudah terdeteksi sejak baru namun mekanik yang memeriksa kala itu mengatakan normal dan meminta memakainya hingga benar-benar terbukti ada rembesan oli. Padahal jelas terdapat jejak tidak wajar pada batang suspensi. Akan tetapi karena doi merasa setelah diusap dengan tangan kering tidak ada unsur liquid, klaim dipending. Dan setelah 11bulan, kini rembesan makin terlihat. Tipis sih memang namun merasa tidak nyaman melihatnya. Dan celakanya…pak Dedi yang memeriksa dulu sudah resign dari Yamaha Mega Cibubur.

Yup…memang tidak ada produk yang sempurna. Khusus untuk Byson, beberapa keluhan masih dalam tahap normal tidak mengkuatirkan. Jadi jika ditanya impresi 11 bulan nunggang Byson, dengan tegas IWB akan jawab….cukup puas diluar segala masalah yang disebutkan tadi. Ada komentar atau pertanyaan mzbro??….(Iwb)

Posted with WordPress for BlackBerry.

88 COMMENTS

  1. alhamdulillah pulsar ane dah 15 bulan ok-ok aja….
    tp wajar lah shock depan ada sedikit kotoran kayak gtu, aplg musim kemarau yang banyak debu….

  2. Manteb Mas Iwan, sama ane juga nunggang V-Ixion 3 tahun lebih puas banget ngga ada keluhan.
    Tarikan ajib, ngga cape. Cuma pernah tanki bensin kemasukan air jadi sendet-sendet di jalan 😛

  3. saya rider byson blitar, dah 1 tahun 05 hari usia byson aq kang iwan, sejak ganti oli pertama pake motul ester 5100, alhamdulillah ndak ada kejadian apa2 alias lancar2 wae….dulunya inden cm 1 minggu warna abu2 langsung dapet.

  4. kmren pas km 10000 vixion saya oli shock breaker dpn rembes jg, dr mekaniknya cm klo ga slh katanya pernya agak bengkok ato gmn, jd yg bengkok cm di potong,, stlh saya pake lg ternyata rembes lg, akhirnya ya ganti seal nya jg…
    saran saya ci secepatnya ganti aja seal nya, rembesan oli itu ntr kn bs pd ketempel debu2, mlh smakin lm makin parah.. bisa gores dalemannya..

  5. nanya ada yang punya keluhan sama ga ya..
    – punyaku posisi mesin mati dituntun kok rantai dimesin bunyi kleteg2 ya apakah normal
    – RPM tertentu ada suara besi plat getar dari seputar stang ( udah cek plat nomer ga da gejala kendor) terjadi setelah cuci motor semprotan air high presure..overall maknyus ne motor..

  6. Byk komen positif ya ttg byson,,pdhl dlu pada blg lemotlah ,catalyc converternya lah segede gaban,ckckck,,speed bkn sgalanya tooo

  7. Ada pertanyaan ga..???
    Ada mazBro..
    Koq sampe saat ini byson susah sekali didapatnya.. Indentnya masih tetep 3 bulan..???!!!
    Apa YMKI sebenarnya serius ga sich jualan motor lemot ini..??? 🙁

  8. bro iwan, justru saya sering pegel di pundak kiri kalo agak ngebut, walo stang udah di geser kiri kanan juga rasanya tetep ga nyaman, rasanya bobot sikebo berat kanan. tapi kalo oli, shok n lainnya ok aja. apalagi koplingnya wah ke entengan.
    bro. smoothy blue, kok gigi 2 cm 60km ya? kan mentok gasingan limiter di 68km untuk mesin standar kayaknya 9500rmp, diantara angka redline 9 & 10,

  9. satu lagi mas iwan, mesinnya emang cpt dingin, apalagi knalpot, panasnya aja ga kerasa abis jalan 1 jam, ngalahin ademnya knalpot jupiterZ’05

  10. aq pernah pake shell advance AX7 cuma jalan2 sebentar suhu mesin sudah sangat panas dibandingkan pertama kali pake oli yamalube sport

    ada yang pernah coba pake AX7????

  11. ANE RAGU UNTUK BELI BYSON,,SEARCING DI OM GOOGLE TENTANG BYSON TERNYATA NANGKRING PALING ATAS TULISANNYA PRODUK GAGAL..BINGUNG JADINYA, APALGI MASIH PRODUK INDIA,,YG SEMUA ORANG TAU GIMANA INDIA TUH…JADI MASIH MIKIR2 ANTARA VIXION PUTIH SAMA NI MOTOR..DUIT UDAH DI TANGA,,ADA YG PUNYA SARAN MAS BRO….

  12. Performa mesin untuk Vixion tidak di ragukan lagi bro,terbukti dari 2007 tidak ada masalh mesin.. dengan teknologi Fuel injeksi, yamaha sudah berani garansi tidak tangung-tanggung,5 tahun garansinya bro,,,
    untuk pemakain bahan bakar, ini yg dahsyat bro,,selama ane pake motor sport 150 cc, baru kali ini ane menemukan yg benar2 awet bahan bakar, mungkin karena pengaruh injeksi itu sendiri,,,dan jangan khawatir meski kompresi mesin vixion tinggi penggunaan bahan bakar premium tidak masalah, karena mulai thn 2006 pertamina sudah menghilangkan timbal dari premium, jadi aman untuk vixion,

  13. mas iwan kalo byson saya september ini ulang tahun… kondisinya sama sokbreker depan sebelah kiri sudah ada rembesan oli.. situ kalo servis di cibubur mana?? saya kerja di cibubur sapa tau bisa ngobrolin si byson bareng2.

  14. Kekurangan Byson :
    – akselerasi lelet …
    – Desain cenderung ke bapak-bapa, sama ky NMP bapak2 bangt
    – Buntut kelihatan kaya kebo yang sedang be’ol,
    – tangki kegedean, dari plastik/ kondom
    – lampu belakang mudah mati.
    – spedo meter mudah mengembun
    – ban tubeles, di jalanan bergelombang kerasa banget dag dig dugnya, membuat badan cepet cape
    – suara knalpot yg mirip bajaj pulsar
    – mesin karbu, made in india,
    itu yg aku tau..

  15. makaseeh maz saranyaa…
    tapi aq gak ngoyoo kok tuk dapetin sikebo birunyaa…
    ni maseeh ditemeni sohip setiaq si jambreet hehehee…
    meski daah berumur maseeh lumayaan buaat kencengan dikit…

  16. @aiman : ragu untuk apa mas, saranku kl emang pengen yg instan performa (yamaha) ya vixion aja. tp kalau byson butuh dana tambahan buat naikin peformanya.
    @budy : *saran nih bud. pakailah pertamak, soalnya dikota ane (daerah jawa timur) mulai ada yg nakal nih. pom bengsin premium campur ama air tangki motor sport (megiprut) ancur semua pada bolong2 karatan.
    @yory : “itu yg aku tau…..” gapunya dong berarti. saran saya beli dulu rasakan trus baru komentar.
    @smoothy : belum lah kl giant killer, masih vixion bro> hihih 😀

  17. kalo masalah premiun di campur airdi pom, di jakarta barat/pusat maah juga banyaak mas bendol..
    tangki jambretq juga ancuur bolong2 tuhh…
    mana isinya campuur ma lumpuur lg…
    pernah nguras tangki si jambret lumpurnya hampir seperempat sndr, padahal br 2hr ngisi…

  18. sebagai pengguna awam terhadap motor sport, entah saya yg kurah paham ato emang ada kekurangan terhadap byson itu sendiri, setelah 4 bulan lamanya ini yg terasa :

    di mesin selalu terdengar suara sangat berisik kalo setiap 1000 km belum ganti oli, padahal dalam buku service ganti oli oke2 saja walau di setiap 2000 km ganti olinya,
    ga tau masalh apa tuh kalo gitu.
    – mesin cepat sekali panas, palagi kalo berkendara siang2,,wuih panas dari mesin ga tahan terasa sampai paha, menurut aku bohong kalo ni motor ga cepet panas.
    – enaknya berkendara di cuaca dingin,
    – udah 4 kali bulan udah 3 kali ganti lampu belakang
    – spedeo meter suka mengembun, jadinya aku ganti pake yg analog
    -paling ga enak kalo ada orang produk gagal
    -ada rembesan oli di dekat mesin meski ganti klep tetep aja merembes
    -suspensi depan merembes ky yg mas iwan..
    rencana mo di keluarin aja 18 jta, siapa yang berani,,gpp bisa nego sedikit..

  19. 1. irit, josssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss
    2. pusat perhatian
    3. keren
    4. gaul
    5. gagah
    6. rebahan enak7. boncenger tersiksa
    7, rada lemot tapi yang penting keren
    8. rem josssssssssssssss
    9. sinar headlamp kepotong pas nikung
    10 meler olinya
    11. shock depan empuk
    12. shock belekang, ampuNNNNNNNNNNNNNNN

    semua ini pengalaman pribadi, xixixixix

  20. Bison memang ok banget,gue z naksir…….pkonya mntap dah.untk mslah rngan ktak gtu mdah aja d atasin.pkonya jauh dah ketimbang NMP,tua brow.

  21. mas iwan..byson saya tercium bau sangit meskipun baru berjalan 1 km di pagi hari..apakah normal?menurut mekanik yamaha gak berbau..tapi lama lama tiap habis pakai dan masuk garasi selalu tercium aroma logam panas..meskipun cuma dipanasi pagi hari selama 2 menit..opo memang getu???

  22. maap pak bos semua aku baru beli byson blm ada satu bulan oli shock rada rembes dikit apa itu penyakit kebo ya?

  23. mas bro dan agan agan semuanya nih ane mo tanya knapa sih si bison klo di rpm 500 keatas dikit kok bunyi nga nyaman kayak rante kekencengan gitu mohon bantuannya … makasih

  24. Uenakkkk pokok e byson,,, pernah ngetes bisa nyampe 120kpj,,, tarikan siapa bilang lemot? Vixion aja dimakan,, kuncinya di karbu, ganti dulu n setting,, maknyusss!! Salam 2 tanduk!! Genjotttt gas e sammmm

Comments are closed.