iklan iwb
iklan iwb

Brother sekalian….motor yang booming diera sebelum brojol versi klonengan, ternyata eksistensimya tetap terjaga dengan baik. Walau penampakan tergolong jarang, CBR150 lawas masih diminati. Khususnya teman IWB bernama Yogi.  Seorang AL sekaligus biker yang berdomisili diSurabaya….

Ditebus secara second hand dengan harga lumayan tinggi yakni 23juta, Honda CBR150 lansiran 2007 tetap jos dipakai harian. Konsumsi bahan bakar irit, mesin bertenaga, serta manuver lincah membuat Yogi makin kesengsem tidak mau berganti tunggangan. Mau pelan oke…kenceng juga oke….begitu kira-kira testimoninya.  Tapi kita tidak akan membahas perkara performa. Melainkan satu hal yang berhubungan dengan roda. Yup….apalagi kalau bukan ban!

Ukuran 80/90-17 mau diganti 100/70-17. Masuk nggak??...

Sikaret bundar sudah waktunya diganti. Rencananya, doi mau memperbesar ukuran yang telah ada dengan satu atau dua tingkat. Nah…dilemanya, CBR150 kesayangan  sudah mengadopsi ban besar yakni 120/70-17 belakang dan 80/90-17 depan. Lha terus mau diupgrade berapa ukuran lagi??….ini yang IWB jadi bingung jawabnya 😆 . Masalahnya, IWB tidak punya siCebeEr sehingga tidak bisa melihat secara langsung agar saran tidak ngawur menyesatkan…..

iklan iwb

Dalam angan-angan Yogi, ban substitusi diperbesar 130/70-17 (belakang) 100/70-17 (depan). Kombinasi dipilih sebab lingkar ban saat ini terlalu tebal yakni 90 sehingga terkesan men-donat. Makanya dipangkas menjadi 70. Pertanyaannya….ideal nggak untuk ukuran pilihan diatas??. Gasruk spatbor serta arm nggak??…so brother, IWB minta bantuan mzbro semua penunggang CBR150 lawas. Siapa tahu punya pengalaman serupa dan bisa dishare buat pegangan penggantian ban siDOHC. Sebelum dan sesudahnya maturnuwun atas bantuan yang diberikan…..(iwb)

Ukuran 120/70-17 mau diperbesar 130/70-17. Masuk nggak bro??..
Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

40 COMMENTS

  1. @ hourex
    Walahhh…bener mz, saya salah ngetik. Maturnuwun infonya. Langsung direvisi hehehe…
    @ phitias
    Salah bro. Terlalu nafsu ngetiknya :mrgreen:

  2. kebetulan pake cibie juga mas
    saya seh dpn pake 90/90-17 FDR
    blakang cuma brani 120/70-17
    temen ada yg pake BS 130/80 tapi berat n bentuknya donat mas..
    mungkin kalau mau pake 130/70 ato 130/60 baru bagus bentuknya
    tapi sayangnya produsen ban ga ada yg buat ukuran segitu utk ban belakang. yang ada ukuran segitu utk ukuran depan ban moge.
    pertnyaannya apakah aman bal blakang di pake di depan?? apakah worthed dengan harganya??
    temen yg pake 130/80 belum gesek swingarm kok mas..

    http://www.dk8000.co.nr

  3. Hati2 kalo pake ban gede,,
    final gear depan ane oblak gara2 kegedean ban belakang, tapi tampilan memang jadi terdongkrak

    Perasaan ban 120 itu dah gede lho, sama kayak ban Byson dan CBR150 baru kan? Lebar bibir velg juga pengaruh lho mas,
    soalnya di parkiran pabrik ada vixin velg standart dan Byson standart juga. sama2 ban 120 tapi tetep kelihatan gedean bannya Byson

  4. ban tetap terlihat kecil karena velg kecil, jadi jika mau lebarin ban, lebarin juga velgnya

    velg 2.50″ untuk belakang, dan ban 110/70 udah kelihatan gede untuk CBR lawas, velg depan pake 1.85″ dan pake ban 100/70

  5. ukuran pelek dulu….
    kalo gak salah CBR150 depan 17*1.85 belakang 17*2.15

    jadi maximum ban yang masih safety dan kagak ngebebanin:

    depan 90/8017 bias max 100/80-17 bias
    Blk 100/80-17 bias ….max 120/80-17 bias
    Ini pake BT39SS ya…
    (lihat measurement di webnya bridgestone)

    dpn pake 100/80-17 agak gesek spakbor

  6. kalo mau cakep pake corsa 123 kang.

    Depan 90/70-17
    Belakang 110/80-17 / 120-80-14

    Dijamin Aura nunggingnya + kekarnya dapet dan gak buat lari motor jadi makin lemot.

    depan 100 dan belakang 130 itu ga banget kang. hehehe

  7. dengan refrensi dari bro marcus di atas, tapak velg belakang yg cuma 2.15 kayaknya meningan pake 120/70-17 aja masbro..

    untuk ban depan kayaknya antara 100/70 dan 80-90 ga terjadi perubahan terlalu signifikasn secara tampilan, soalnya kalo diitung2 tingginya pun kan tinggi ban terdeterminasi dari ukuran tapaknya. ;-p *Coba nanya ke Warung DOHC,

  8. @ 8. Hazzen
    CBR150 baru ya bro….
    @ 9. SuRyA
    Nais inpoh bro surya. Tq…
    @ 11. damhar
    Bener bro, emang secara visual akan tetap terlihat pelk yang besar. Btw biar menjadi bahan masukan buat siYogi…..
    @ 13. Hourex150L
    Setuju juga Mzmul. Kalau mau emang kudu upgrade ukuran pelk biar lebih nampol hasilnya…
    @ 19. marcus
    Nais sharing mzbro…
    @ 20. 4201journey
    Sip…kang Aziz yak. Tq bro sarannya…]
    @ 22. RIKI SA
    Koq belakang diamater 14 inch?? jadi Mio donh bro :mrgreen:
    @ 24. vanz21fashion
    Sip…analisanya mantep bro. Ditampung dulu sebagai bahan pertimbangan. Tq….

  9. 23 juta second 2007…….???
    Duit segitu mah mending dibeliin
    ninja L 150 tambah dikit uangnya.
    Dah dapat motor baru pula.
    soal speed gak di ragukan lagi.
    Kenceeeng abiizz…..
    Duit segitu dibelin motor second
    opo ora eman eman mas iwan…..???
    kalo ada baru ngapain beli bekas…

  10. ane beli cbr lawas 2008,setahun lalu harganya 26jt plus carb PE28 thai, n yoshimura exhaust.
    worth banget kok bang, o iya itu udah dipasangin battlax BT 45 130/70-17 belakang. Cocok bang iwan,ganti ukuran itu aja,masuk kok keliatan keker 😀

  11. hmmm…salah kaprah soal ganti ban gede tanpa berimbang ama velg nya…jadiin 130 malah makin donat (120 aja dah donat dgn lebar velg standar 2.15)
    justru yg pas pake 110/70 dibelakang dan depan 90/80*

  12. ane make cbr juga gan… ban belakang pake 130/70/17 FDR XR ban depan pake battlax 90/80/17 39 bt 39 kalo ga salah, tapi reccomended pake battlax kalo mau ukuran segitu,bukan apa apa kalo pake fdr keliatan layak donat,napaknya kecil, kalo pake battlax lebih lebar….atau ini cman perasaan ane yah???

  13. Dulu motor ane CBR150R Old.. Ukuran depan pake 90/80-17 ato 90/90-17 lebih lebar dikit, trs blkg 120/70-17 biar nikung di Puncak jd makin asik.. Hehehe
    Sekarang ane pake adeknya CB150R SF..
    Ane terapin hampir sama, depan 90/80-17 belakang 100/80-17..
    Prinsipnya sih ane gak suka ban gede2 bikin berat tarikan motor en ngurangin kelincahan serta manuver.. Jangkis ajalah sesuai postur.. #SadarDiri
    Hahaha..

    • Kalau gue pake ban yg berukuran agak pendek dari ori, yakni ban belakang 110/70 dan depan 90/70. Old CB gue agak pendek tapi kalau tarikan, speed dan akselerai mantap deh pokoknya. Disaat nikungpun jadi lebih PD dan sangat aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here