iklan iwb
iklan iwb
Lampu HID/LED bakal tergusur??...

Kabar mengejutkan datang dari pabrikan BMW Jerman. Diam-diam kini mereka sedang mengembangkan teknologi laser untuk menggantikan lampu LED. Selain lebih terang, sinar laser jauh lebih hemat ketimbang LED. Wowww…mantap!!

Dilansir oleh Asphaltrubber, BMW sedang mengembangkan dan meneliti kemungkinan menggunakan sinar laser untuk menggantikan sistem LED. Sinar LED sendiri saat ini adalah teknologi termaju yang pernah kita kenal. Low energy consumption serta terang membuat LED disukai pabrikan besar otomotif roda empat. Namun seiring kemajuan jaman, serta tuntutan efesiensy dibutuhkan sebuah terobosan lampu yang lebih hemat energy, terang dan kompak…..

Sinar laser membutuhkan energi hanya separuh dari LED…jadi jauhhhh lebih hemat ketimbang HID sekalipun. Akibatnya konsumsi bahan bakar juga akan terpangkas sebab mampu mengefisiensikan¬† daya listrik. Kelebihan lain, sinar laser bisa dihasilkan dari dioda mikro (10 mikro). Ukuran tersebut 100 kali lebih kecil dari cell part yang digunakan pada HID konvensional. Makin kompak tentunya. Terus kira-kira aman nggak lampu tersebut bagi mata manusia dan hewan??…

iklan iwb

Mereka memberi jaminan bahwa sinar laser yang sedang dikembangkan untuk lampu kendaraan aman tidak berbahaya. Sebab laser tidak akan dipancarkan secara mentah-mentah. Melainkan akan diolah atau dikonversi terlebih dahulu dalam form khusus sehingga nyaman digunakan dijalanan.¬† Hasilnya sinar laser jauh lebih terang, hemat energy namun menyenangkan dan lembut buat mata….

Sayang pengembangan sejauh ini hanya untuk kendaraan roda empat. Namun…seiirng berjalannya waktu, kemajuan teknologi, tuntutan saving energy serta safety….IWB yakin teknologi laser pada kuda besi hanya tinggal menunggu waktu. Tentu setelah kendaraan roda empat terlebih dahulu…… (iwb)

iklan iwb
Previous articleGearbox generasi anyar Ducati masih belum sempurna….
Next articleFakta menarik Honda CBR250r India dibanding versi Indonesia….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!