iklan iwb
iklan iwb
Yamaha pemimpin eksport roda dua...(courtessy Eyang Edo..)

Siapa bilang kekuatan produksi pabrikan lemah?…sepertinya statemen ini harus kita cabut mzbro. Terbukti berdasarkan data dari eyang Edo, pabrikan yang sering mendapatkan sorotan akibat lamanya inden Byson tersebut menorehkan record tersendiri dalam urusan ekport produk…

Mengutip  data eyang Edo, YMKI menguasai 49,79% pangsa pasar ekspor motor keluar negeri (Januari – Juli 2011). Dibelakangnya pabrikan Inida TVS…nongkrong diposisi dua dengan angka 26,98%. Sikuda berlari naik pesat dibanding tahun sebelumnya yang hanya dikisaran 18,87% (naik 107,74%). Kemudian menyusul genk ijo….Kawasaki nyodok podium dengan perolehan pangsa pasar 15,86%. Baru yang terakhir grup Astra….yup pabrikan yang mendominasi penjulan market lokal tersebut terlihat mengendorkan produksi eksportnya yakni hanya tembus 7,05%. Wihhh…jauhhh amirrrr

Nah…ini berarti prediksi bahwa otot produksi Yamaha kurang kekar dibanding Honda salah dong yak? buktinya mereka bisa melakukan eksport besar-besaran. Cuma pertanyaannya…kenapa untuk melayani permintaan Byson YMKI seperti kedodoran??. Atau…kenapa mereka tidak lebih fokus dulu terhadap permintaan dalam negeri guna menghindari buruknya image pelayanan inden??. Tentang kasus indenan Byson contohnya. Mosok harus menunggu 1 tahun pasca lauching baru mereka berbenah berencana melokalkan sikebo….

iklan iwb
iklan iwb

Eksport dan Byson mungkin memang tidak ada korelasi. Kenapa??? sebab bisa jadi part/komponen sikebo kudu import dari India sana, jadi percuma mau habis-habisan kalau yang diIndia sana yang letoy. Entahlah. Apapun itu, saat ini Yamaha adalah rajanya eksport untuk kendaraan roda dua. Tidak diragukan lagi…….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

43 COMMENTS

  1. kan mesin MX n Vixion basis’a sama dgn R15 ya??
    Juga Minarelli kah??
    Klo Honda kn pnya pabrik besar jg d India dn Thailand,,jd ga begitu repot bgt urusin ekspor..

    Hohohoho…CMIIW

  2. biar kata hampir 50% ngambil pasar export, tp bukan jaminan masbro,
    Masalahnya jumlah unit yg diimpor itu jauh dari yg diproduksi bwt dlm negri,jd u/ saat ini IMHO yg jd patokan bwt kapasitas produksi ya yg bwt dlm negri,

    Kasarnya jumlah PLAN(pabrik) tiap2 produsen udah jelas ngewakilin siapa yg lebih dari siapa, CMIIW

  3. yo jelas….yamaha raja eksport….soalnya yamaha indonesia kan tulang punggung yamaha global…..klo sampe market share di indonesia lumpuh….ya otomatis yamaha global ikutan runtuh…..

  4. memang ane akui pabrikan yang satu ini…tidak semata-mata cari untung,tapi membantu pemerintah meningkatkan cadangan devisa,,,beda ma si alay hommmduttt
    pabrikan tukang habisin devisa,
    penghisap uang rakyat dengan produk operrrrprrrisse,
    status quo dengan produk bbebebebek,,,

  5. 7. ÅHM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS – September 1, 2011

    wah pio dh lama impor ke ausie n new zeland …

    8. ÅHM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS – September 1, 2011

    klo gk salah tiger hondut jg di impor ke singapura …
    ======================================================
    salah itu wajar sih, tapi tetep aja malu2in…

  6. Pasar dalam negeri juga Yamaha unggul untuk tipe sport (Byson & Vixion) dibanding kopetitornya. Sayangnya keok di tipe-tipe lain. Bahkan matiknya yang dulu diunggulkan mulai dilibas kopetitor.

    YMKI merupakan volume sales yang terbesar bagi Yamaha (dibandingkan dengan Yamaha dinegara lain). Wajar jika Yamaha impor ke luar negeri. Masalahnya market sharenya di negara lain gimana?

    Jadi kalau YMKI yang mampu menjadi volume sales terbesar aja kalah market sharenya dari Honda Indonesia (AHM). Gimana Yamaha di negara lain ya?

  7. wah pada ga ngerti ekonomi makro ya dimana dengan adanya ekspor maka perusahaan membantu pemerintah dalam meningkatkan pendapatan nasional yang mana biasa dikenal dalam rumus C+I+G(x-m) yaitu pendapatan nasional pendekatan pengeluaran. harusnya kita berbangga jangan egois hanya karena tidak memiliki atau tidak mampu membeli produk yamaha. honda saat ini seperti sosok iblis yang membunuh para pesaingnya sementara yamaha adalah malaikat yang adem ayem fokus pada strategi pemasaran, kualitas produk, dan kegiatan mendukung pemerintah seperti ekspor dan peluncuran motor AHO.masih ada yang menyangkal? ada dua alasan. pertama anda tidak mengerti apa yang saya jabarkan diatas.kedua anda pasti orang “kampungan” yang baru bisa beli motor itupun kredit.kasihan dari mental miskin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here