iklan iwb
iklan iwb
Yamaha pemimpin eksport roda dua...(courtessy Eyang Edo..)

Siapa bilang kekuatan produksi pabrikan lemah?…sepertinya statemen ini harus kita cabut mzbro. Terbukti berdasarkan data dari eyang Edo, pabrikan yang sering mendapatkan sorotan akibat lamanya inden Byson tersebut menorehkan record tersendiri dalam urusan ekport produk…

Mengutip  data eyang Edo, YMKI menguasai 49,79% pangsa pasar ekspor motor keluar negeri (Januari – Juli 2011). Dibelakangnya pabrikan Inida TVS…nongkrong diposisi dua dengan angka 26,98%. Sikuda berlari naik pesat dibanding tahun sebelumnya yang hanya dikisaran 18,87% (naik 107,74%). Kemudian menyusul genk ijo….Kawasaki nyodok podium dengan perolehan pangsa pasar 15,86%. Baru yang terakhir grup Astra….yup pabrikan yang mendominasi penjulan market lokal tersebut terlihat mengendorkan produksi eksportnya yakni hanya tembus 7,05%. Wihhh…jauhhh amirrrr

Nah…ini berarti prediksi bahwa otot produksi Yamaha kurang kekar dibanding Honda salah dong yak? buktinya mereka bisa melakukan eksport besar-besaran. Cuma pertanyaannya…kenapa untuk melayani permintaan Byson YMKI seperti kedodoran??. Atau…kenapa mereka tidak lebih fokus dulu terhadap permintaan dalam negeri guna menghindari buruknya image pelayanan inden??. Tentang kasus indenan Byson contohnya. Mosok harus menunggu 1 tahun pasca lauching baru mereka berbenah berencana melokalkan sikebo….

iklan iwb

Eksport dan Byson mungkin memang tidak ada korelasi. Kenapa??? sebab bisa jadi part/komponen sikebo kudu import dari India sana, jadi percuma mau habis-habisan kalau yang diIndia sana yang letoy. Entahlah. Apapun itu, saat ini Yamaha adalah rajanya eksport untuk kendaraan roda dua. Tidak diragukan lagi…….(iwb)

iklan iwb
Previous articleYamaha SZ-R…siminim fitur yang laris manis!!..
Next articleNgebut adalah naluri??…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!