iklan iwb
iklan iwb

Tidak ada gaung….diam tapi memabukkan, mungkin itu yang bisa kita simpulkan atas geliat TVS. Dengan percaya diri pabrikan berlambang kuda berlari dari India ini terus berinovasi ditengah keroyokan para pabrikan Jepang…..

Banyak orang masih beranggapan pabrikan motor India sekualitas motor China. Dipakai sedikit…ambyarrrr. Persepsi ini salah total!. TVS mempunyai back-ground perusahaan yang sangat kuat berdiri sejak tahun 1911….telah mempunyai 30 anak perusahaan, dengan profit lebih dari 4 Milyar Dollar plus 45,000 karyawan diseluruh dunia. Di negara asalnya, TVS memiliki 3 pabrik modern yaitu di Hosur (70hektar) Mysore (110hektar) dan Himachal Pradesh (20hektar) dengan total 2500 layanan tersebar diseluruh dunia. Karena itulah TVS merupakan salah satu pabrikan yang disegani. Tujuan perusahaan yang ingin melebarkan sayapnya guna bersaing didunia internasional membuat langkah kaki TVS menginvestasikan dana jutaan dolar keIndonesia lewat pembangunan pabrik diKarawang Jawa barat per 2007 silam….

Line up product TVS diIndia...bukti kekuatan sang kuda berlari

Nilai yang tidak tanggung-tanggung mzbro…yakni mencapai 125juta dolar Amerika. Kini pabrik bertaraf internasional berdiri gagah dilahan 40hektar kawasan Surya Cipta Industrial Estate Karawang (kemampuan produksi mencapai 300,000unit/pertahun). Itu belum seberapa sebab target akan terus ditambah dengan harapan tembus 1juta unit pertahun. Gebrakan lain tanpa sungkan TVS mendeklarasikan bergabung bersama AISI sejak Maret 2010 silam. Yup….tindakan pabrikan kuda berlari bisa dibilang selangkah lebih maju ketimbang kompetitornya….Bajaj. Keputusan berbuah manis sebab soal sparepart…TVS termasuk nihil komplain. Bisa jadi akibat proses produksi, perakitan semuanya sudah dikerjakan dipabrik sendiri…Karawang. Otomatis supply part tidak ada ceritanya tersendat atau kosong. Apakah semua itu sudah cukup??.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
Tormax 150 sukses melibas Sentul selama 1.463 lap setara 5,800km (70jam)

Tentu tidak. TVS kudu mampu terus menambah showroom atau bengkel resmi sebagai media promosi serta pertemuan antar konsumen dan pabrikan (tahap sekarang sudah mencapai 500 dealer). Selalu mengadakan training kepada para mekanik, SPG dan SDM terlatih untuk menguasai produk yang mereka jual secara mendalam. Warm greeting, smile, remedial action jika ada keluhan, harus bisa dijadikan creedo garda depan. Poin penting tersebut sering luput dari perhatian ATPM besar padahal itulah nyawa sesungguhnya supaya terjadi bonding antara biker sebagai konsumen dan TVS sebagai ATPM. Ujung-ujungnya loyalitas akan terbentuk dengan sendirinya….

Bangganya…TVS menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu jangan heran jika perakitan mesin, perakitan sepeda motor, pengujian dan pengecatan semua dilakukan diKarawang secara full power. Research & Development juga berpatokan dari market tanah air. Salah satunya TVS Tormax 150 yang pelan tapi pasti sudah mulai menunjukkan giginya. Fitur super komplit seperti speedo digital (tachometer, indikator bensin & aki, pengingat helm, time perlap, top speed record dll), dual muffler system, monoshock, double disk brake dsb disematkan pada bebek super berbanderol 14,9juta OTR Jakarta ini. Apalagi engine kubikasi 150ccnya mampu memuntahkan tenaga hingga 13,[email protected], torque [email protected] Apakah hanya teori??…

Testimoni TVS Tormax 150 tembus 141km/jam.... (courtessy TVS I care)

Sepertinya tidak mzbro. Terbukti ada satu testimoni dari penyemplak TVS Tormax 150, bro Epul yang berdomisili diBekasi mampu menorehkan top speed 141km/jam menggunakan bebek racikan India ini. Salutnya…kecepatan diraih dengan kondisi motor full standart pabrikan. Artinya??…TVS Tormax ternyata larinya ngacirrrr (jadi ingin ngebuktiin :mrgreen: ). Last….dengan modal pabrik berada diIndonesia serta produk mumpuni plus 3S makin maju, geliat TVS memang patut diwaspadai. Tinggal bagaimana TVSMCI bisa menggenjot advertising secara lebih gencar, maka bukan tidak mungkin merk TVS akan menjadi primadona baru dipasar roda dua tanah air. Gimana menurut mzbro semua. Monggo share pendapatnya……….(iwb)

Noted : Baca juga Test Ride TVS Tormax 150…Power ngisi terus tanpa jeda!!

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

41 COMMENTS

  1. Keluhan spare part benernya ada mas… Cuma, memang sebagian besar masalah inden… Yg kadang spt kurang koordinasi antara dealer n atpm…

    Tapi memang, saat ini udh mayan membaik… Dgn adanya karyawan2 internal pabrik yg bsedia turun tangan turut membantu temen2 yg butuh sparepart… Dan juga dr atpm ada tindakan perbaikan.

    Sepakat, hal lain yg perlu ditambah adalah skill lapangan dr mekanik n salesperson nya…

    -ane pake apache, termasuk yg dl sering ngalami inden, bahkan smpe sebulan-

  2. Tormax kenceng..? Ya kalo musuh bison/NMP bisa pecicilan… Yg keren garansinya yg sampe 5 tahun… Jepun aja banyak yg 3 th

  3. Mantab..biar tidak jepun minded yg justru merugikan konsumen sendiri..

    Nitip mas iwan
    boerhunt.wordpress.com/2011/08/27/saran-bagi-yang-mudik-tapi-belum-pernah-jalan-jauh-berkendara-terutama-motor/

  4. sepertinya indonesia memang jadi incaran india…
    dulu yg awalnya film bollywood sukses diputar diindonesia, kemudian hampir semua sinetron digarap oleh keluarga punjabi, brojol merk motor bajaj kemudian tvs .. apalagi ya???
    mungkin bener kata mas IWb jika tvs diproduksi di indonesia bisa jadi primadona karena harganya yang murah dengan kualitas tidak diragukan dan sepertinya orang2 indonesia memang sudah percaya dengan produk2 india.

  5. liat tvs yg apache 160cc emng keren.. yg tormax jg.. udah byk produkny tvs di jalanan,. tp masalah klasik bwt pabrikan baru tetep kykny.. purna jual sm sparepart.
    nitip jemuran:
    wimbowimbo.wordpress.com/2011/08/26/ulasan-tuntas-problem-ducati-rossi-motogp-2011-part-i/

  6. Wajar donk kalo dari spido..
    Apalagi 150 cc.
    Supra X 125 R saya dulu juga di spido topspeed sampai 117 km/jam..
    Gak tau jg brapa kalo pake GPS…
    Kalo skr pake Byson,udah punya GPS,selisihnya 3 km/jam dgn spido…

  7. sempat pengen apache 180 abs .. sayang ga ada pendinginnya
    Mungkin promonya aja ditambahin, dealer ato 3s tutup krn tdk mcapai bep … Jd mestinya lbh fokus area aja dl, dr pd nyebar trus pd tutup 😀

  8. “Warm greeting, smile, remedial action jika ada keluhan, harus bisa dijadikan creedo para garda depan”

    dasar Hotelier… xixixixii ^^ (secara saya juga orang hotel mas)

  9. @ 2. Yusuf Mulachela
    Yup..bener bro
    @ 3. 山雪
    Termasuk kenceng tuh bro. Apalagi doi dah digital dimana biasanya penyimpangan GPS lebih sedikit…
    @ 4. moko
    Mosokkkk 😯 . Kalau ini koq susah dipercaya yak? kudu dibuktikan dulu…
    @ 6. mantyasih
    Nais share mzbro, btw gimana kesan2nya selama pakai produk TVS?
    @ 7. Imortalorochimaru
    Salut juga tuh berani ngash garansi 5 tahun….
    @ 10. ax125
    Saya sih yakin bo kalau TVS mau all out dengan produk keren. Full fairing 250cc DOHC 28hp dengan harga 25jutaan misalnya?? hayo sopo sing ora gelem 😆
    @ 15. Schutzstaffel
    Hehehe…mantep juga sikebo dibekali GPS
    @ 17. softech_niQ
    Masukan buat TVS tuh…
    @ 18. k’oto
    Saran bagus mzbro. Semoga bisa dijadikan masukan buat sikuda berlari…
    @ 23. Redribbon Army
    Yup…terbukti ampuh gaet customer-kan bro hehehe…
    @ 24. absoluterevo
    Waduh…saya malah bingung gimana nongkrong disitu. Btw tq supportnya mzbro…
    @ 25. 4201journey
    Byuh…jebule akeh wong Hotelier juga xixixixi….

  10. model Apachenya dirubah dong !
    lebih sporty,FI,Monoshock,ABS,dll dst ( jgn kek model indihe )
    3Snya cepat2 diperbanyak, Promo digencarkan
    Moso kalah sm bajaj ?

  11. selanjutnya niii TVS mau luncurkan product baru apalagi????
    harus bagus ga boleh kalah ama yang udagh ada yaaa..
    tunjukan nkalo kamu itu bisa seperti mreka…
    semangat..

  12. Kesan tentang motor sih bagus… Ya, emang ada bbrp kekurangan di produk2 awal (waktu msh pure cbu), namun sptnya sdh ada perbaikan di produk ckd… Misal kualitas cat, dll.

    Scr umum, puas ama motornya… Make sudah 3 taon, km udh 40ribuan… Tarikan bagus, sesuai ama promonya… Stabil, enak buat manuver, top speed kl saya pribadi cm 125 kpj tapi temen ada yg 145 kpj dgn bbrp ubahan kecil (jetting n knalpot). Getaran di stang mayan gede (utamanya di rpm 3000-5000), mnrt sy wajar, krn apache gag pake engine mounting karet spt bajaj, n karena stang jepit yg lgsg menghantar getaran gag spt setang dgn raiser. Trus gag enaknya, mesin kl panas suaranya cenderung kasar (tapi sptnya ini jg relatif sama aja ama yg lain)

    Ada bbrp kekurangan produk (yg umum) ban standar licin banget (ban tvs tyre), diluar itu, case by case beda2… Yg menurut sy sangat wajar mengingat merk lain juga punya kekurangan.

    Kekurangan utama saat ini masih berkutat di 3S… Walo ada pabrik, tapi indent spareparts kadang msh lama…(Untungnya ada karyawan pabrik yg mau urun tenaga bantuin jd bs mempercepat)juga skill mekanik mesti ditingkatkan.

  13. TVS di Bengkulu baru saja buka, dan cabang yang di daerah sekitarnya yaitu Curup, Kepahiang dan Lebong cuman sampe fisik bangunannya aja….gimana nih TVS? ada apa dengan agen yang di Propinsi Bengkulu? yang di Curup, Kepahiang dan Lebong sudah setahun ada fisik dealer namun sampai sekarang gak buka2 bahkan di Kepahiang terpasang tulisan “DIJUAL”. Niatan hati sudah senang ada dealer baru disini, secara apache ku gak jadi aku bawa ke lebong karena gak ada dealer or beres. Kayaknya tetep gak jadi aku bawa deh…

  14. mhon pencerahannya maz bro iwb… Sy trtarik beli TVS TORMAX apa lg stelah baca tilisan IWB tentang test riding tormax. tapi ada issu dr orang lain bahwa bnyak yg komplain kerusakan mesin…. Gimana neh. Thanx pencerahannya

  15. Sebenarnya, masalah yang dihadapi oleh TVS adalah peminat pasar Indonesia yang masih sangat rendah pada produknya.
    Mengingat konsumen pasar Indonesia pengennya yang instan, sementara mayoritas motor yang diproduksi TVS merupakan motor inden yang mesti nunggu beberapa bulan.
    Potensi pasar di TVS besar, cuman perilaku kita yang terlalu memaksakan kehendak.
    Saya yakin, pasti ada pembeli motor ini, namun hanya konsumen cerdas yang dapat mempertimbangkan produk ini.

  16. Tvs memang ajib apalagi yg apache 160cc …bnar2 tngguh dlm zgla medan …zering qw coba dg dya tempuh 1800 km nonztop…mezin…tap ztbil…tnpa kendala zdikitpun….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here