iklan iwb
iklan iwb

Mayoritas biker cuek bebek nggak peduli dengan yang namanya aki. Padahal komponen satu ini bisa dibilang nyawa pendukung atas kelangsungan hidup kuda besi. Malah tidak jarang aki dibebani lampu-lampu tidak perlu yang ujung-ujungnya bakal menghambat kinerja. Nah….Kawasaki Eropa ternyata cukup jeli kondisi ini dengan mengeluarkan video panduan dalam merawat aki buat  para biker. Yuk langsung intip aja. Check it out….

Kawasaki menyoroti tentang motor yang lama nganggur tidak dipakai hingga berbulan-bulan. Untuk kasus seperti ini sangat dianjurkan buat biker supaya memasang alat semacam battery charging sistem. Dengan alat ini pengisian aki dilakukan secara otomatis tanpa perlu menghidupkan motor..(wah…ditanah air koq nggak pernah ngeliat yak??)

Yang kedua….jangan pernah memasang alat elektronik berlebihan seperti pemasangan lampu halogen tambahan atau strobo (kalau ini mah biker lokal sudah pada pinter melakukan modifikasi kelistrikan 😆 )

iklan iwb
iklan iwb

Yang ketiga…hindari berkendara sambil kaki nekan tuas rem. Kadangkala memang banyak biker yang tidak sadar dengan kondisi tersebut. Selain itu dianjurkan untuk mengecek setingan switch stop lamp rem. Maklum mzbro…..kalau setelan nggak pas, lampu rem nyala terus, ujung-ujungnya aki menjadi soak…

Yang keempat…menekan elektrik starter tidak boleh lebih dari 5 detik. Ketika 5 detik sudah tercapai…monggo tunggu 10 detik untuk mengulang kembali jika mesin belum hidup. Jenjang waktu ini sangat diperlukan untuk memberikan kesempatan aki melakukan recharge ulang….

Yang kelima…kondisi dingin, khususnya bersalju ternyata mengurangi daya kemampuan dari aki – skip (…IWB nggak bahas lebih jauh soale tidak ada musim salju disini kecuali sampeyan tinggal digunung Jaya Wijaya Irian Barat :mrgreen: )

Yang keenam…..Jangan pernah melakukan jump start atau menggunakan alat bantu charging untuk menghidupkan mesin. Sebab dikuatirkan malah bisa merusak komponen eletrolit dalam baterei…

Yang ketujuh…ini nih yang penting. Yakni selalu jaga kondisi motor dalam posisi puncak. Servis berkala secara rutin, pengecekan kabel dan seluruh body kuda besi kesayangan. Dengan perhatian maksimum, diyakini akan memperpanjang umur aki …

Itulah beberapa tips tentang pemeliharaan aki. Kalau ada yang kurang jelas, monggo sharing pada kolom komentar dibawah. Semoga berguna….(iwb)

Noted : Tips nomer 6 IWB buang sebab untuk motor Super Racing

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

21 COMMENTS

  1. pengalaman pake accu mf vs accu isi ulang, usai pake ternyata awet aki isi ulang, hahaaaa

    yg pasti saat pagi, gunakan kick stater, demi keawetan accu, (cara kuno tp manjur, haha)

  2. kalo aku sih sejak blitz pake aki kering hampir setahun, gak pusing ngecek air aki,,, ngidupin pagi ya pencet starter, langsung idup, kick starter hampir gak pernah dipake… bahkan gak pernah lagi… 😀

    aki rusak:? ya ganti aja,,, jangan kayak gak punya duit… nih motor buat cari duit, jadi kondisi harus tetap mantap… 😀

  3. apa alasannya ga boleh nge-jumper aki?
    tegangan sama2 12v.

    saya biasa nge-jumper baik mobil maupun motor (yg ga ada engkol) pas akine soak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here