iklan iwb
iklan iwb
Era 2 tak...era mesin liar

Brother sekalian…tidak bisa diingkari masa 2tak adalah masa paling liar yang pernah ada. Kalau sampeyan sempat menikmati balap Motogp era 1990an, dipastikan sering tahan nafas akibat manuver-manuver berani dari pembalap. Sliding, nempel ketat, geal-geol akibat besarnya tenaga plus adegan salip menyalip hingga bersenggolan sudah bukan hal luar biasa. Tapi masa itu sudah sirna……

Pembalap jaman sekarang bisa dibilang paling nyaman. Mulai dari traksi kontrol, penyaluran tenaga bahkan elektronik mengatur sedemikian rupa membuat kuda besi prototype begitu lebih mudah dikendarai. Ketika semua setingan elektronik sempurna, jangan harap motor bisa disalip. Bahkan ban habispun traksi kontrol bakal terus meminize adanya sliding supaya rider tetap mampu mengoptimalkan kemampuan motor hingga 100%.  Gimana dengan Motogp 2tak 500cc???….

Berbeda jauh mzbro!. Pembalap dituntut untuk pintar mengatur ritme agar ban tidak cepat habis. Sebab sekalinya teledor perkara satu ini, dipastikan handling kuda besi akan susah dikendalikan. Accelerasi raksasa tidak akan mampu diredam karet bundar yang sudah habis. Sisi ini diungkapkan secara khusus oleh Rossi ditahun 2006 lalu…

iklan iwb

” Butuh waktu untuk mengerti motor 500cc. Kamu harus sangat sensitif. Aku juga butuh waktu untuk memahami semua itu. Sekali kamu menguasainya, kamu harus berhati-hati dan jangan terlalu percaya diri. Kalau kamu sombong, motormu akan menyiksamu. Dengan kata lain kamu harus rendah diri. Aku jatuh bangun dan menghabiskan nyaris sepanjang musim pertamaku memahami motor 500cc dan mengubah caraku mengemudi…

Honda RCV211v menggantikan NSR500..segalanya menjadi jauh lebih mudah

“Segalanya cepat berubah saat kami pindah keMotogp 4tak 990cc. Motogp dapat dikendarai dengan banyak cara, masing-masing pembalap dapat mengemudi dengan caranya sendiri. Itu karena mesin 4tak memberi kamu banyak ruang gerak, sehingga jauh lebih mudah untuk mengendalikan penyaluran tenaga dan pergantian gigi. Rahasianya terletak dimesin 4 tak, elemen-elemen elektroniknya juga sangat bermanfaat. Motogp jauh lebih mudah dari motor 500cc. Jarang jatuh karena pengendalian distribusi tenaganya lebih mudah. Motor itu juga mudah direm. Kalau kamu jatuh diMotogp, sebabnya selalu akibat selip-hal yang jarang terjadi pada kelas 500cc. Bukannya bilang kalau Motogp lebih cocok untuk semua orang, atau aku lebih senang motor-motor itu dijumpai dijalan-jalan. Walau begitu, motor itu memang jauh lebih mudah untuk dikendalikan, dibanding motor 500cc (2tak). Dan itulah sebabnya Motogp kurang selektif.

Menurutku ada banyak pembalap yang bisa memaksimalkan potensi motornya hingga 95% diseri Motogp. Sementara di kelas 500cc, mayoritas pembalap hanya mampu memaksimalkan potensi motornya hingga 75% saking susahnya. Itulah sebabnya balapan menjadi lebih ketat hingga akhir….”

Penuturan Rossi diatas jelas menggambarkan betapa susahnya motor 2stroke era 500cc. Doi padahal mengungkapkan pendapatnya ketika balapan masih diera 990cc 4tak dimana notabene power lebih besar dibanding 800cc sekarang. Nggak heran sih mzbro kalau melihat engine 2 tak Ninja yang hanya 150cc aja jambakannya nampol bener. Lha ini 500cc…NSR lagi. Ora iso bayangne….(iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

61 COMMENTS

  1. andai saza ada era 2 tak 1000cc tanpa pengendali traksi dan sistem elektroniknya jg minim wah yg juara berarti emang skillnya ruaarrr biasa 😀

  2. yg gua tau balapan 500cc 2tak banyak bikin pembalap cacat ..nga mandang pembalap jago, begitu bikin kesalahan ngak ada ampun

  3. korbannya 500cc udah banyak… mike doohan salah satunya…
    tuh tulang2nya banyak tembelan n las2an… 😀

    tapi karena dia juga, perkembangan balap 500cc sampe titik puncak…

    ngerem pake jempol… 😀

  4. Padahal pengembangan mesin 2tak belum maksimal sudah tembus 200 dk.. Coba kalo pengembangannya sampe 2005 aja, yakin dah tembus 250 dk.. Motor ngawur tenan.. Tapi seru..

  5. Menang tenaganya aj memang mesin 2Tak, bagi Ane N150 udah cukup buat memacu adrenalin apalagi NSR500 ngerrii Gan (Nyawa cma satu) 😆

  6. jadi ingat musim pertama cuma menang beberapa kali, dan sering ndlosor.. musim selanjutnya pake seragam nastro azzuro plus repsol..

    berarti musim 2001 honda pake 3 mesin pabrikan..

  7. kata rossi : ‘ mesin 4 tak dan 2 tak sungguh berbeda, mesin 2 tak sungguh cepat kau harus pandai menguasainya. Sedang mesin 4 tak layaknya mesin motor harian. Tetapi terlalu cepat jika di buat harian, segalanya menjadi mudah”

    Rc 212v = motor harian ???
    Menggambarkan betapa kencangnya NSR 500

  8. dulu alex crivel, doohan, dan tadayuki mendominasi balapan…..negliat doohan mpe njengking2..keren bgt dah….ohya mas iwan, coba tampilin video atau photonya era wayne rayne…tuch lebih gila lagi……ohya ada tuch NSR250cc dijual dikaskus, yg livery rothmans…tau masih ada tau enggak…..

  9. kl crash dkcepatan tinggi d era 4tak msh ada harapan bs ikut race,,,tp kl era 2tak,lgsg pensiun..

    2tak “rasakan tabokannya”

  10. tapi kenapa yah pas jaman peralihan motogp 2 tak ke 4 tak…. waktu itu di campur.. bole pake 2 tak ato 4 tak…. kok yang 2 tak g pernah menang bro??? ada yang bisa jelasin ga?? bingung aaku

  11. ^waktu 2002 blum ada kontrol traksi..
    jadi emang waktu motogp dimulai pada 2002..
    motor2 4 tak, bisa menandingi yg 2 tak.. tapi dengan kapasitas mesin hampir 2xnya.

  12. nambahin aja, emang sederhana aja seperti kata kang metallica 4t mesti 2x kapasitas mesin 2t buat ngalahin. en 4t sudah dibekali seabrek piranti canggih, meskipun dengan konsekwensinya budget yang keluar jadi tambah besar. perlu dicatat riset atau biaya korek 4t itu lebih mahal dari 2t. so dari kapasitas saja jadi engak fair kan untuk diadu?

  13. Itu la bro bagusnya motor 2tak lebih ber tenaga dan kuat. Banyak pembalap lebih menyukai mtor 4tak dan banding dgn mtor 2tak.Karna dia takut memakai mtor 2tak karna terlalu berbahaya wkwkwkw

    • #jadi inget sama WRC grup B yang ditiadakan krn mesin nya terlalu sangar…. 0.0

  14. Btul bro rizal pembalap skrg takut memakai 2tak dgn alasan bukan jamanya.Bilang aja klw tkut.Sendakan mtor 2tak vs 4tak satria 150cc kalah juga sama fizr 110cc jelas2 satria f itu 4tak 150cc sendakan fizr 2tak 110cc motor satria f kalah,yg aq liat di om google ada pembalap asal sulawesi yg doyang bgt dgn mtr 2tak aq salut sm dia klw g slh nama liyas andika atau siapala oia.Di motogp Motor 4Tak di rancang memakai teknologi liat aja di motogp caranya naik kuda busi di atur oleh sistem pengatur.Jadi g seruuu. Bagusnya 10002tak dsitu la kita liat pembalap yg sebenarnya tampa memakai alat teknologi.

  15. BBtul bro rizal pembalap skrg takut memakai 2tak dgn alasan bukan jamanya.Bilang aja klw tkut.Sendakan mtor 2tak vs 4tak satria 150cc kalah juga sama fizr 110cc jelas2 satria f itu 4tak 150cc sendakan fizr 2tak 110cc motor satria f kalah,yg aq liat di om google ada pembalap asal sulawesi yg doyang bgt dgn mtr 2tak aq salut sm dia klw g slh nama liyas andika atau siapala oia.Di motogp Motor 4Tak di rancang memakai teknologi liat aja di motogp caranya naik kuda busi di atur oleh sistem pengatur.Jadi g seruuu. Bagusnya 10002tak dsitu la kita liat pembalap yg sebenarnya tampa memakai alat teknologi.

  16. kalau menurutq, yg pantes disebut pembalap motor yg benar2 punya skill yg mumpuni di moto gp sekarangg cuma Rossi, Lorenzo n pedrosa. lainnya ga ada apa2anya walau stoner skalipun. kta bsa tengok dari prestasinya di kelas 125 n 250 masing2 pembalapnya,,,

  17. Yg ane tw bro d internet mbak google yg pling d knl pembalap 2 tak indonesia dlu ank ingusaan,klw g slh liyas andika

  18. Itu ma pmbalap umun atu pak yg terknl krna sring oL smpai skrg dia mzi ikuut d kejuaraan brgensi. Web dgn fb ada itu klw mw knl

  19. Ane ud bertmn gan sm itu anak cuma ane binggun akun asli yg mn krna ada 5 ats nm itu anak.Ane dpt info ckup memuaskan cra setting 2tak trbukti rhasia trik

  20. Pemblap 2stroke yg trknal ea om yong ,ym lk44 kenari 12,dy bawa nsr disirkuit n sllu d podium dpan,trus dy jga ikut drag bike,skrang ank.a yg brnama gerry.s yg jdi penerus sang ayah,d google jga ada,fb.a jg ada

  21. alah, ndak heran pembalap sekarang cemen2 macam pedrosa cs itu ndak ada apa2nya kalok dsuruh makek NSR500…!!!!!
    pembalap GP sekarang orentasinya main di elektronik (n) dasar cemen…..
    #rindu masa-masa kejayaan 2 tak……

  22. Wahahaha bener Om, 150CC aja bikin merinding, aku pernah coba naik smpai top speed dijalan lurus, seremnya minta ampun, nah ini apalagi 500CC 2 Tak, gak kebayang kayak dicabut nyawa aja :v

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here