iklan iwb
iklan iwb

Kalau mobil…sampeyan semua pasti sudah tahu dengan 4×4 wheels drive. Artinya semua ban depan dan belakang digerakkan oleh engine lewat gardan pada masing-masing roda. Kendaraan jenis ini bisa kita temui pada mobil Rally atau Jeep dimana membutuhkan power maksimal guna melibas rute ekstrim. Sedang mobil niaga regular…biasanya penggerak tenaga hanya pada roda belakang atau belakang. Nah…begitu pula dengan motor. Sudah lazim jika penggerak tenaga berada diroda belakang. Sedang depan….hanya sebagai penyeimbang alias tidak ada power tersalur disana. Namun….apa yang dipertontonkan  Ducati membikin mayoritas pemerhati Motogp terhenyak kaget….

Seperti dilansir Gpone, diam-diam tim Bologna sedang mengembangkan motor prototipe berpenggerak dua roda. Artinya ada power independent yang menggerakkan roda belakang dan depan secara terpisah. Versi Desmosedici two-wheel drive sudah diuji coba disirkuit Brno Republic Ceko kemarin.  Menurut kabar, versi ini masih belum sempurna sebab kedua ban harus distarter secara terpisah (bisa dilihat dari foto GPone terlampir).

Ban depan distarter terpisah dengan roda belakang...(only joke :mrgreen: )

Seperti kita ketahui tidak ada satupun dalam sejarah pabrikan besar mengadopsi sistem ini dalam dunia balap. Karena itu Ducati bisa dikatakan pabrikan pertama yang berani melakukan revolusi tersebut. Dan…dilalah komentar Nicky Hayden sebagai satu pembalap yang sudah mencicipi Desmosedici versi 2×2  cukup positif….

iklan iwb

“the system solves our front end problems, offering amazing amounts of grip with the front tire, but we still need to work on the electronics.”

-Hayden/GPone-

“Sistem tersebut memecahkan masalah sisi depan, menawarkan cengkraman yang mengagumkan pada ban depan, tapi masih banyak yang harus kita kerjakan pada sistem elektronik…” ujar Hayden.

Sayang…semua itu semua hanya guyonan belaka alias tidak betulan. Sebenarnya niat ini dulu ada ketika membangun Desmo pertama kali, tapi ditolak oleh regulasi Motogp. Joke kemungkinan dilontarkan Nicky Hayden atas susahnya tim merah untuk memperbaiki handling underster Desmosedici. Btw ada kabar terbaru…….yakni penggantian sasis fiber karbon dengan aluminium. Sisi terakhir ini, nampaknya Preziosi  (boz engineering Ducati) sudah memberikan lampu hijau untuk mencoba apapun demi memberikan sang juara motor yang mampu bersaing dengan pabrikan Jepang. Yah..semoga ikhtiar mendapatkan hasil sehingga bisa melihat The Doctor tampil didepan kembali….ya nggak. Ada komentar mzbro..?? (iwb)


iklan iwb
Previous articleYamaha Vixion akan dibekali speedometer digital??…
Next articleKode 54P adalah Mio injeksi??…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!