iklan iwb

Tidak banyak yang tahu betapa mahalnya motor prototype motogp. Maka dari itu jangan heran kalau banyak tim gurem yang babak belur dan ujung-ujungnya gulung tikar mengundurkan diri jika tidak ada sponsor yang kuat. Nah…kebetulan hal ini diungkapkan oleh Shuhei Nakamoto, Vice President Honda racing kala diinterview oleh Gpone. Berikut penuturannya….

The bikes will all be equal to start the year, aside from the transmission.? The satellite teams that want to use the new gearbox must pay for it separately; it’s very expensive, and costs more than the house I live in! The design isn’t relevant for use on production bikes, however, since it’s only designed to work at very high revs.? It wouldn’t be useful on the street.? Honda will not be selling engines alone, only complete bikes.”

– Gpone-

” Basic konsep RCV213v mengambil dari generasi sebelumnya..RCV212v. Tentu ada beberapa penyesuaian sasis untuk menerima mesin 1000cc. Tahun depan semua motor akan sama (antara tim HRC Repsol dan satelit)…yang digunakan tidak ada perbedaan spek kecuai transmisi. Tim satelit harus membeli dari kita jika mereka menginginkannya. Artinya…pembayaran harus terpisah sebab harganya sangat mahal . Bahkan lebih mahal dari rumah yang sekarang aku tinggali!. Desain tidak relevan digunakan untuk motor masal. Transmisi ini didesain hanya bekerja pada rpm sangat tinggi. Jadi tidak cocok untuk motor jalanan. Honda tidak akan menjual mesin terpisah, harus satu kesatuan dengan motornya…” ujar lelaki nomer dua diHRC tersebut…

Tidak bisa dibayangkan berapa harga secara nominal. Apalagi rumah seorang petinggi Honda Jepang. Dan asal mzbro tahu…rumah dinegara sakura jika diconvert kerupiah bisa sangat mahal. 1Milyar rupiah??…bisa jadi lebih mzbro. Untuk sebuah gearbox???? 😯 ….(iwb)

iklan iwb

69 COMMENTS

  1. Yaelah mau aja di bohongin. Jelas harga sana yg patok. Kalo bikin juga ga abis 100jt cuma mahal di paten doank :capedeh. Kalo di indo penelitinya tuh gearbook bsa tembus cuma 20jt juga uda sukur. Paten kan ga di hargain. Beda ma di japan. Jadi inti mahal di paten doank salut buat orang jepang. Bisa menghargai ilmuanya. Ga kaya di indo busuk. Penemuan paling mahal di hargai 25 jt. Salut buat orang jepang.

  2. buset mahal bgt,bener2 oonda udah terlahir oper pres dr sononya,pantes CiBuRuk 150 oper pressssss….

  3. rumah sak isine , nitip salam merdeka
    jaranwesi.wordpress.com/2011/08/16/lagu-indonesia-raya-tanpa-suara/

  4. ya maklum mahal cm hoda yg bisa buat ..ducati aj niru ap lagi ymha ga mampu buat..jd jgn sok tau klo yg blang itu hrga operpress

  5. JYah o**knya cetek sih bilang mahal,emang nyatanya mahal kok dan lebih mahal dari nyawanya yg bilang operpres.hahahaha bakar

  6. @atas atas
    ,.. kyknya lbh tau daleman dapur hrc . agan mantap tuh ngelamar jd engineernya tim balap yamaha factory atau ducati corse biar hondut ada saingannya..

  7. @atas atas yg blg mahal.
    ,.. kyknya lbh tau daleman dapur hrc . agan mantap tuh ngelamar jd engineernya tim balap yamaha factory atau ducati corse biar hondut ada saingannya..

  8. waduh ngedol prapatan piro ya?
    hakimrodamas.wordpress.com/2011/08/17/bajaj-antara-kehandalan-teknologi-dan-kurangnya-pelayanan-part-2-habiss/

  9. HONDA RAJA OPER PRESSS…!
    pdhl kalo besi transmisinya diloakkan harganya cuman 4 rbu/kg…
    huahahaha

  10. Rumah sekelas Direktur paling ngak 15M mas bro sekalian, apa lagi Yen yang nilainya makin menggila.

  11. operpress..? Belum tentu lah… Yg jelas balap motogp emang super mahal… Itulah mengapa hanya ada 4 pabrikan yg ikut… Itupun suzuki empot2an dan yamaha mulai strugle….

    Pabrikan raksasa dunia yg jualan di banyak negara seperti kawasaki,BMW,KTM,aprilia,triump aja gak buat mesin prototipe 1000cc

    masih berharap motogp bukan jadi ajang gede-gedean duit, kontrak pembalap alien… Ada uang kamu menang… SIMPLE…

  12. @ Apri cakep n yang lain
    Kliatannya belum ngerti arti mesin prototype deh, kenapa mahal?
    jangan liat dari material pembuatnya aja, kl pernah kerja di lab, musti tau, berapa harga sample lab?
    berapa harga sample pilot plan?
    berapa harga sample mass production?
    yang perlu dilihat disini adalah scala economi, bikin satu atau 1000 atau 1 juta motor biaya tetapnya sama bayangin mold buat rcv cm untuk 24 (4 rider 6 mesin) motor dan mold buat revo untuk untuk 1 juta motor (belum lagi harga mold revo lebih murah krn lebih sederhana n jauh di bawah mesin moto gp presisinya).

    material : logam campuran biasa vs titanium n alloy. harganya liat aja berapa harga steel / alloy buat motor mass production n berapa harga titanium per gram (yup per gram).

    terakhir adalah yield, kl orang lab musti ngerti barang prototype dengan proses yg rumit biasanya yieldnya juga kecil dari 10 product bisa cm dua yg lolos, n satu yg sempurna, makin rumit pengerjaannya makin kecil yieldnya, (liat di teknologi microprocessor) yied utk prototype bisa cm 1 persen, jd dg yield satu persen prototype honda revo bs seharga 500juta?

  13. kl perkiraan ane dari gaya hidup nakamoto paling mahal kisaran 200-300rb pound (rata2 harga rumah disana) sekitar 3-5 M, bahkan mungkin lebih murah. satu paket honda rcv setau ane sekitar 11M, masa lebih mahal transmisinya dari pada motornya?

    oya Rossi jg pake DST (ducati seamless transmission), yg kata orang yg denger lebih mantep dari dctnya Honda.

  14. @32. Safety Rider
    bro harga titanium kisaran 15.000
    emangnya berapa bnyak titanium yg di butuhkan untuk mmbuat 1 gearbox

    @all
    tapi kayaknya gak beda jauh lo hebatnya sama yg punya yamaha,suzuki n ducati
    lahat aja d race
    emang s berapa jauh sih yamaha tertinggal
    bahkan masih mnyisahkan persaingan sengit d setiap lap
    jadi jangan terlalu mmbnggakn honda n mermehkan pabrikan lain

    (pendukung smua pamblap d GP)

  15. nakamoto nyebut lebih mahal dari rumah saya itu kan cuma untuk menggambarkan mahalnya harga gearbox itu bukan perbandingan yang sebenernya bro, cuma metaphora doang.

  16. ahh cuma 1M doank minta nazarudin bayarin aza hehehehe 😀
    Indonesia pasti punya motor balap bagus buat kompetisi motoGP

  17. @safty rider, cerdas,
    org manufactur jg nih kayanya,
    simple nya gini,
    biaya protototype itu mahal cz bkinnya cm dikit,
    kalo masspro murah cz bkinnya bnyak,
    jd biaya bwt riset sm mold dll bs tercover dr keuntungan masspro trus bhannya jg g seperti bhn bwt motor kompetisi,yg bner2 iyes

Comments are closed.