iklan iwb

Tidak banyak yang tahu betapa mahalnya motor prototype motogp. Maka dari itu jangan heran kalau banyak tim gurem yang babak belur dan ujung-ujungnya gulung tikar mengundurkan diri jika tidak ada sponsor yang kuat. Nah…kebetulan hal ini diungkapkan oleh Shuhei Nakamoto, Vice President Honda racing kala diinterview oleh Gpone. Berikut penuturannya….

The bikes will all be equal to start the year, aside from the transmission.  The satellite teams that want to use the new gearbox must pay for it separately; it’s very expensive, and costs more than the house I live in! The design isn’t relevant for use on production bikes, however, since it’s only designed to work at very high revs.  It wouldn’t be useful on the street.  Honda will not be selling engines alone, only complete bikes.”

– Gpone-

” Basic konsep RCV213v mengambil dari generasi sebelumnya..RCV212v. Tentu ada beberapa penyesuaian sasis untuk menerima mesin 1000cc. Tahun depan semua motor akan sama (antara tim HRC Repsol dan satelit)…yang digunakan tidak ada perbedaan spek kecuai transmisi. Tim satelit harus membeli dari kita jika mereka menginginkannya. Artinya…pembayaran harus terpisah sebab harganya sangat mahal . Bahkan lebih mahal dari rumah yang sekarang aku tinggali!. Desain tidak relevan digunakan untuk motor masal. Transmisi ini didesain hanya bekerja pada rpm sangat tinggi. Jadi tidak cocok untuk motor jalanan. Honda tidak akan menjual mesin terpisah, harus satu kesatuan dengan motornya…” ujar lelaki nomer dua diHRC tersebut…

Tidak bisa dibayangkan berapa harga secara nominal. Apalagi rumah seorang petinggi Honda Jepang. Dan asal mzbro tahu…rumah dinegara sakura jika diconvert kerupiah bisa sangat mahal. 1Milyar rupiah??…bisa jadi lebih mzbro. Untuk sebuah gearbox???? 😯 ….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

69 COMMENTS

  1. Yaelah mau aja di bohongin. Jelas harga sana yg patok. Kalo bikin juga ga abis 100jt cuma mahal di paten doank :capedeh. Kalo di indo penelitinya tuh gearbook bsa tembus cuma 20jt juga uda sukur. Paten kan ga di hargain. Beda ma di japan. Jadi inti mahal di paten doank salut buat orang jepang. Bisa menghargai ilmuanya. Ga kaya di indo busuk. Penemuan paling mahal di hargai 25 jt. Salut buat orang jepang.

  2. rumah sak isine , nitip salam merdeka
    jaranwesi.wordpress.com/2011/08/16/lagu-indonesia-raya-tanpa-suara/

  3. ya maklum mahal cm hoda yg bisa buat ..ducati aj niru ap lagi ymha ga mampu buat..jd jgn sok tau klo yg blang itu hrga operpress

  4. JYah o**knya cetek sih bilang mahal,emang nyatanya mahal kok dan lebih mahal dari nyawanya yg bilang operpres.hahahaha bakar

  5. @atas atas
    ,.. kyknya lbh tau daleman dapur hrc . agan mantap tuh ngelamar jd engineernya tim balap yamaha factory atau ducati corse biar hondut ada saingannya..

  6. @atas atas yg blg mahal.
    ,.. kyknya lbh tau daleman dapur hrc . agan mantap tuh ngelamar jd engineernya tim balap yamaha factory atau ducati corse biar hondut ada saingannya..

  7. waduh ngedol prapatan piro ya?
    hakimrodamas.wordpress.com/2011/08/17/bajaj-antara-kehandalan-teknologi-dan-kurangnya-pelayanan-part-2-habiss/

  8. HONDA RAJA OPER PRESSS…!
    pdhl kalo besi transmisinya diloakkan harganya cuman 4 rbu/kg…
    huahahaha

  9. operpress..? Belum tentu lah… Yg jelas balap motogp emang super mahal… Itulah mengapa hanya ada 4 pabrikan yg ikut… Itupun suzuki empot2an dan yamaha mulai strugle….

    Pabrikan raksasa dunia yg jualan di banyak negara seperti kawasaki,BMW,KTM,aprilia,triump aja gak buat mesin prototipe 1000cc

    masih berharap motogp bukan jadi ajang gede-gedean duit, kontrak pembalap alien… Ada uang kamu menang… SIMPLE…

  10. @ Apri cakep n yang lain
    Kliatannya belum ngerti arti mesin prototype deh, kenapa mahal?
    jangan liat dari material pembuatnya aja, kl pernah kerja di lab, musti tau, berapa harga sample lab?
    berapa harga sample pilot plan?
    berapa harga sample mass production?
    yang perlu dilihat disini adalah scala economi, bikin satu atau 1000 atau 1 juta motor biaya tetapnya sama bayangin mold buat rcv cm untuk 24 (4 rider 6 mesin) motor dan mold buat revo untuk untuk 1 juta motor (belum lagi harga mold revo lebih murah krn lebih sederhana n jauh di bawah mesin moto gp presisinya).

    material : logam campuran biasa vs titanium n alloy. harganya liat aja berapa harga steel / alloy buat motor mass production n berapa harga titanium per gram (yup per gram).

    terakhir adalah yield, kl orang lab musti ngerti barang prototype dengan proses yg rumit biasanya yieldnya juga kecil dari 10 product bisa cm dua yg lolos, n satu yg sempurna, makin rumit pengerjaannya makin kecil yieldnya, (liat di teknologi microprocessor) yied utk prototype bisa cm 1 persen, jd dg yield satu persen prototype honda revo bs seharga 500juta?

  11. kl perkiraan ane dari gaya hidup nakamoto paling mahal kisaran 200-300rb pound (rata2 harga rumah disana) sekitar 3-5 M, bahkan mungkin lebih murah. satu paket honda rcv setau ane sekitar 11M, masa lebih mahal transmisinya dari pada motornya?

    oya Rossi jg pake DST (ducati seamless transmission), yg kata orang yg denger lebih mantep dari dctnya Honda.

  12. @32. Safety Rider
    bro harga titanium kisaran 15.000
    emangnya berapa bnyak titanium yg di butuhkan untuk mmbuat 1 gearbox

    @all
    tapi kayaknya gak beda jauh lo hebatnya sama yg punya yamaha,suzuki n ducati
    lahat aja d race
    emang s berapa jauh sih yamaha tertinggal
    bahkan masih mnyisahkan persaingan sengit d setiap lap
    jadi jangan terlalu mmbnggakn honda n mermehkan pabrikan lain

    (pendukung smua pamblap d GP)

  13. nakamoto nyebut lebih mahal dari rumah saya itu kan cuma untuk menggambarkan mahalnya harga gearbox itu bukan perbandingan yang sebenernya bro, cuma metaphora doang.

  14. ahh cuma 1M doank minta nazarudin bayarin aza hehehehe 😀
    Indonesia pasti punya motor balap bagus buat kompetisi motoGP

  15. @safty rider, cerdas,
    org manufactur jg nih kayanya,
    simple nya gini,
    biaya protototype itu mahal cz bkinnya cm dikit,
    kalo masspro murah cz bkinnya bnyak,
    jd biaya bwt riset sm mold dll bs tercover dr keuntungan masspro trus bhannya jg g seperti bhn bwt motor kompetisi,yg bner2 iyes

  16. wuii, pemborosan… Jgn2 yg modalin buat bikin gear box masyrakat indo.. Tuh penjualan motor ampe jutaan unit/th.

  17. ya iyalah mahal.. lha wong ducati gp9 yg dijual massal aja harganya 2 miliar, apalagi prototype murni, perbandinganya aja dana yg dibutuhkan 1 team pabrikan motogp bisa buat membiayayai 1 musim WSBK plus dana semua teamnya…

  18. tetep aja mahal karena penelitian kan,, berarti operpresss….. kalo ga percaya,,, ya penelitian mahal tapi ternyata kalo di produksi murah..??? bener kan…??? kenapa mahal…??? bukan harga sampel DLL,, cuma orang bego yang bilang gitu,, tentu bayar penelitinya,,, itu alesanya di indo ga ada prototype yang memumpuni, kenapa habibie ke jerman,,,, bukan karena mahal penelitian,, tapi mahal otak yang neliti, jadi intinya.,… kalo gearbook orang indonesia yang bikin ga nyampe 20 jt

  19. jelas mahal tho.

    lha wong untuk bikin satu produk alatnya lbh mahal dr alat yg dipakai u/ mass produk.
    katakanlah satu pisau untuk bikin 1 barang khusus balap.
    dilain sisi, ada satu pisau u/ bikin produk masal.

    jgn cuma diliat barang jadinya aja. yg didesain kan bukan barangnya aja. tp alat u/ bikinnya juga hrs didesain secara teliti.

  20. 40. Safety Rider – Agustus 17, 2011
    gue pernah baca di tabloid,satu paket motor prototype seperti M1 pabrikan atau rcv pabrikan lebih dari 15 M.kalo satelit,tergantung satelitnya kalo tim gurem ga’ nyampe 10 M.makanya jarang tim gurem yang kompetitif.

  21. YG BILANG KEMAHALAN ITU DIKASIH UANG 2 MILYAR PUN BLUM TENTU BISA BUAT YG SAMA CANGGIHNYA.

    ITULAH HAK PATEN ILMU PENGETAHUAN DARI INSINYUR2 YG BUATnya !! emang MAHAL BUNG.. BUKAN BARANG MURAHAN YG GAMPANG DITIRU atau rusak.
    APALAGI TRANSMISI INI HANYA DIPAKE DI MOTOGP, BALAPAN MOTOR TERCEPAT… TERCANGGIH DAN BERGENGSI DI DUNIA.
    bahkan masa2 sekarang pun
    pabrikan kaya BMW, KTM, Harley, Buell,Triumph, MV Augusta, kawasaki sulit mau bikin motor prototype yg kemampuannya Menyaingi motor2 Honda,Suzuki, Yamaha,dan Ducati di moto gp.

  22. mas iwan biar gak ada orang2 yg komen gak pada juntrungnya kasi data aja harga-harga motor di MotoGP harganya berapaan….jadi biar tahu en gak asal ngomong overpriced ato over apalah….motor prototype kok disamain motor produksi massal…..kalo mo jujur liat aja harga bebek road race siap kompetisi…paling cuma bisa melotot liatnya….

  23. mau mahal juga ga pa2,toh dari pihak honda,yamaha,ducati,or suzuki belum ada yang bangkrut..& pemasukannya juga ada (ini juga perlu dihitung)..dengan kata lain masih rasional lah..serasional seperti pegawai kelas biasa di Indonesia pada belinya motor,kalo belinya mobil seharga 1 milyar itu baru ga rasional..

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama