iklan iwb
iklan iwb

Prihatin ketika IWB baca keluh kesah dari seorang konsumen pembeli Bajaj Pulsar220 sekaligus teman blogger kita bro Triyanto. IWB bisa memahami perasaan mzbro mantan penyemplak Tiger ini. Padahal…sebagai konsumen pastinya punya alasan kuat kenapa doi menjatuhkan pilihan terhadap Pulsar. Tapi sayang….akibat pelayanan yang kurang terkoordinasi dan dikelola dengan baik, maka kecewalah yang didapatkan….

Motor??…jempolan!! IWB tidak ragu memberikan bintang empat buat P220. Kencang, stabil, value tinggi plus mesin awet. Tapi maaf…itu saja tidak cukup mzbro. BAI harus sadar bahwa pondasi utama keberhasilan pemasaran sebuah produk adalah servis. Mau sampeyan mempunyai dagangan mewah tanpa dibarengi kepedulian terhadap konsumen semua bakal sia-sia. Jangan dipandang sepele jika sudah bermain dengan hati. Lho masalah STNKkan bukan salah Bajaj??…

Pelayanan yang bagus akan meningkatkan daya saing bisnis..itu otomatis!

Benar sekali!!. Tapi tidak dengan berdiam diri seperti itu. Resep sebenarnya sederhana…yakni ciptakan relasi dan rasa care. Artinya?? IWB pikir…bro Triyanto akan mengerti dan sedikit terhibur jika ada kepedulian dari Bajaj dealer yang bersangkutan. Sebagai contoh suruh sales (mending cewek) courtessy-call ke bro Tri sebagai konsumen. Ungkapkan permintaan maaf atas delay yang terjadi dengan sopan. Terangkan kondisinya secara gamblang tanpa bertele-tele atau ditutup-tutupi. Laporkan proses perkembangan STNK setiap saat. Tapi jangan menjanjikan angin surga yang membikin konsumen tambah kecewa nantinya. Lebih bagus lagi berikan solusi….meminjamkan plat nomer yang ada STNK misalnya?? hal ini pernah dilakukan oleh Jar Bajaj Tangerang terhadap teman IWB ketika beli P200…

iklan iwb
Kalau mau sukses...mutu produk dan pelayanan harus berjalan seimbang

Kelemahan BAI adalah tidak bisa mengontrol dealer cabang yang mbalelo. Inilah perbedaan besar dibanding pabrikan Jepang. Ingat…3S adalah nomer satu. Ibarat hotel berbintang…menciptakan positif first impression, maintain service dan relation pada customer adalah mutlak. Mau hotel sampeyan berlantai emas, berdinding marmer Italia dengan fasilitas komplit tapi karyawannya melayani dengan manyun, pelit senyuman, ogah-ogahan dan memperlakukan tamu seenak udele dewe…IWB jamin mereka akan menginap hanya sekali dan tidak akan pernah balik lagi. Nah…kesimpulannya?? produk akan hambar tanpa pelayanan mumpuni. Mau bersaing dengan produk Jepang??….wake up Bajaj Indonesia!! perbaiki pelayananmu dengan serius. Kontrol lini bawah dengan ketat dan yang penting selalu dengarkan keluhan konsumen. No compromise!!..(iwb)

iklan iwb
Previous articleDimanakah tempat tinggal Jin sesungguhnya??…..
Next articleSatu lagi racun buat penyemplak Kawasaki Athlete…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!