iklan iwb

Walau era 2tak 500cc sudah almarhum, tapi masih banyak yang menarik untuk dibahas. Maklum mzbro…engine 2 stroke memang tidak bisa disamakan dengan engine 4tak.? Khususnya karakter sikuda besi yang liar dan susah dikendalikan. Sisi ini diceritakan oleh Rossi secara khusus pada buku biografinya berjudul ” What if I had never tried it”….

IWB nyomot dari satu halaman yang bagi IWB cukup menarik untuk disimak. Berikut penuturan The Doctor…..

” Ketika aku mengenang beberapa lap pertamaku diatas NSR500, yang paling kuingat adalah perasaan berani dan suara menyentak setiap kali aku pindah gigi, terutama gigi rendah. Aku pikir aku sudah baik menyiapkan diriku dengan menonton pembalap lain baik lewat TV maupun langsung. Tetapi kenyataannya, kamu tidak akan pernah siap untuk kelas 500cc. Motor ini dua kali lebih cepat dan jauh lebih kuat dari motor 250cc. Contohnya saja, diTV aku melihat kalau para pembalap 500cc jarang dapat langsung lurus mengendalikan motornya setelah melewati tikungan, mereka biasanya bergetar kekiri atau kekanan. AKu tidak tahu mengapa. Tetapi akhirnya aku tahu jawabannya….

iklan iwb

” Dengan motor 500cc, kamu tidak bisa begitu saja keluar dari tikungan dan langsung tancap gas seperti kalau kamu mengendarai motor biasa. Ban depan motor 500cc tidak pernah menyentuh tanah dan roda belakangnya kemana-mana. AKu mengerti kalau satu-satunya cara untuk menguasainya adalah menjaga motor tetap miring disatu sisi agar tidak terlalu tinggi melayang.? Motor 500cc begitu kuat, sehingga kalau kamu tancap gas terlalu cepat, kamu akan terjatuh meski kamu tidak melakukan kesalahan. Karena itu menikung secepat mungkin dan kembali keposisi semula sangat diperlukan, sehingga ban bisa kembali ketrek sesegera mungkin. Dengan demikian meskipun selip, kamu setidaknya bisa mengendalikan motor tsb. Ada lagi masalah pada motor 500cc, kalau kamu menikung sambil menekan gas terlalu kencang, motor akan melawan dan bisa ditebak…kamu akan mental. Jatuhnya akan sangat menyakitkan, disebabkan oleh accelerasi. Ini bisa terjadi karena awalnya roda belakang selip…kemudian tiba-tiba mencengkeram kuat, sehingga motornya terbang keudara seperti terlontar dari ketapel. Istilah tekniknya “high side” dan itu semua tidak menyenangkan….

Meskipun demikian, Honda NSR500 adalah motor paling menarik yang pernah aku kendarai. Motor yang sangat selektif dan sangat menantang. Kalau kamu membuat kesalahan kecil, kamu akan tertinggal. Itulah kenapa aku bilang hanya beberapa pembalap yang cocok dengan NSR500. Motor ini benar-benar paling sulit dikuasai. Pilih saja : kamu mengendalikannya, atau ia yang akan menyiksamu. Tidak ada kompromi..! “

Yup…itulah sekilas penggalan cerita Rossi tentang Honda NSR500. Ditahun pertamanya naik kelas, Rossi tidak bisa langsung menjadi juara dunia. Doi butuh adaptasi menaklukkan kuda besi bertenaga lebih dari 200hp dengan berat kosong hanya 130kg tsb. Dan ditahun kedua…barulah The Doctor mampu menjadi juara dunia. Dari penuturan diatas…jelas pengalaman pembalap Italia dalam menjinakkan engine liar sudah tidak diragukan. Artinya???…memblenya prestasi The Doctor diDucati akibat penyakit understeer/susah belok pada sidesmosedici bukan isapan jempol. Ada komentar mzbro??...(iwb)

71 COMMENTS

  1. Wuih potonya Rossi… tuh orang seneng banget nyemprot-nyemprot cewek. 😆

    Baca dulu sambil buka puasa…

  2. biasa mas bro.. namanya penesuaian pasti begitu……… lorenzo aja pake mtr stabil masih jatoh2 terus di tahun pertamanya… makany lorenzo ga pernah ngaca………

  3. motor balap 2 tak emang keren… Yg 125cc aja bisa 60hp…. Beratnya cuma 80an kg

  4. Gua tambahin ya..

    Rossi juga bilang bahwa ia hanya dapat mengotimalkan nsr 500 skitar 75 persen…

    Haaaaaaa???

    Itu rossi..lha kalo sy? Bisa-bisa cuma 1 persen

  5. memblenya rossi bisa jadi karena tahun ini adalah tahun terakhir 800cc, buat apa buang2 resource di tahun terakhir, lebih baik fokus ke tahun depan dimana semya kembali ke 1000cc.

    jadi menurut ane sih kita liat tahun depan, kalo di 1000cc rossi masih memble itu artinya duc yg nga bisa di obati oleh dokter rossi. nah pertanyaannya kenapa duc nga bisa di obati? itu yg harus dijawab….

  6. ojo maneh sik 500, yg 150r aja bikin ngeri pas prtama nymplak padahal tdinya dah biasa betot tiger.. (pngalaman pribadi). kangen rgr ndak ms iwan?

  7. Kalo punya 2 tak yg 250cc aja rasanya asyik buat koleksi, udah jd barang langka :))

    Nitip om
    boerhunt.wordpress.com/2011/08/08/jika-lampu-lalin-di-jalur-kita-mati-apa-yang-anda-lakukan/

  8. bener bgt bro,. byk yg blng rossi gk bs menjinakkan ducati.. billshit! omongan orng yg gk tw motogp,. rossi veteran dr jaman gp500 2tak sm 990cc. dan jangan lupa jaman dulu belum musim alat bantu elektronik kek traction control, anti wheelie anti spin etc. liat aj, motogp jaman skrng rider gampang bgt jaga racingline, rapih, smooth bgt larinya.. bandingin jaman dulu mah jauh bgt.. yg pasti lebih rame jaman dulu
    n btw, ducati yg skrng dr segi mesin bandingin sm honda aj jauh.. mesin loyo gt.. lagian ducati parah,. developmentny tambal sulam gt,. sasis 2012, mesin GP11.

  9. siapapun pembalap, di kelas manapun, ane selalu salut sama mereka, susah lho gan, bahkan hal yang umum macem menentukan racing line, ato sudut belok yang tepat, susaah banget, ga segampang yang dikira, apalagi kalo motor yang super macem kelas MOTOGP, haduuuh, ga bisa bayangin, belok dengan tetep di racing line dengan kecepatan diatas 100KPJ itu gila!!!
    kalo Rossi, menurut ane dia spesial, ga semua orang dan pembalap di anugrahi kemampuan macem dia,

  10. kesimpulannya diatas terbukti NSR itu memang yahud dan motornya para juara, bukan juara balapan liar…wkwkwkwkwkkkkwwkkkk

  11. Rossi emang yahud, tapi knp dengan Ducati dia memble? lalu kenapa pula si Stoner bisa sukses naklukinnya?
    karisnsz.wordpress.com/2011/08/09/new-scorpio-z-mulai-dipilih-konsumen/

  12. aku bangga dan salut dengan honda NSR500 dan para ridernya!..
    walaupun ak hnya bisa memiliki NSR150SP..memang NSR itu motor kencang..baik di jalan raya ataupun di sirkuit..
    NSR it’s THE LEGEND OF SPEED..

  13. turut berdoa aza, biar vr 46 segera mengatasi masalahnya dengan ducati, and bisa jadi “ALIEN ” lagi. Go go go go Rossssiiiiii….

  14. 4 tak juga sadis lho, top speed moto gp mulai 500cc 2 tak atau 990 4tak msh dipegang dani pedrosa dg 800 cc 4 tak mencapai 349 km/jam

  15. @atas gw, kl cmn top speed mah tergantung final gear ratio jg bro, tergantung trek jg. sm kebutuhan. liat aja musim ini,. top speed tertinggi sapa? hector barbera, aspar ducati. apa jaminan menang? gk lah,. race gk nyari topspeed tertinggi,

  16. NSR 500cc mah dah the legend sampai skg..liar dan bertenaga,, the best performance in the word…

  17. hahahah…rosssi…mas iwan juga nge fans yah…..

    nsr500…si mick doohan aja ampe njengking2 naklukin ganasnya nsr500….mang mantep liat balapan jaman baheula…..

    ducati gp11.1……ntahlah nich polemik yang susah dijawab, kalo menurut offecial duc sih di motor…..toh nsr ama gp 11 beda di frame kan…..

  18. terbukti memang honda kualitas nya sangat bagus …
    dan juga sangat dipercaya oleh dunia 🙂
    rossi saja sampai” ppinda ke honda …
    karna memang benar honda no .1

  19. ane dah baca 😀
    katanya, dulu target Rossi – Burgess adalah cuma sekedar bisa nguasain NSR500..padahal bisa aja dia jadi jurdu diatas NSR500…lha wong dia runner up kok di musim pertamanya..

  20. hmm…kok sekarang ngk bisa ngendaliin Desmo yah??..berarti sasis desmo lebih parah dari NSR
    asmarantaka.wordpress.com/2011/08/09/new-yamaha-r-15-2011-cbr-series-killer/

Comments are closed.