iklan iwb

Kenapa IWB buat polling??…soalnya kebijakan ATPM masih menimbulkan pro dan kontra diantara para biker tanah air. Ada yang menentang tapi ada juga yang mendukung. Nah…pada kesempatan kali ini IWB ingin melihat secara nyata dalam sebuah polling, seberapa besar persentase dua pendapat konsumen dalam menyikapi keputusan pabrikan menghilangkan saklar lampu utama….

Bagi mzbro yang belum mengerti AHO…perkenankan IWB terangkan secara singkat. AHO merupakan singkatan dari Automatic Head light On. Artinya motor tidak akan dibekali saklar lampu. Jadi sekalinya kunci diputar pada posisi ON pada saat itu pula lampu utama akan? ikut menyala tanpa bisa dimatikan. Jelas dengan sistem ini konsumen tidak akan diberikan fleksibilitas untuk memilih. Berikut beberapa produk yang sudah mengaplikasi sistem AHO….Suzuki yakni Axelo, Hayate, Titan dan Satria FU 150. Yamaha…..JupiterZ, VegaZR, Vixion dan Xeon. Sedang Honda…skutik Spacy dan CBR150r. Non Jepang hanya TVS…yaitu Tormax150

Dari sisi safety….disinyalir bisa memberitahukan kehadiran kita pada pengendara lain. hal ini sesuai peraturan pemerintah Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Seperti tertera dalam pasal 107 ayat 2 yang mewajibkan para pengendara sepeda motor menyalakan lampu utama pada siang hari. Sanksi bagi pemotor yang melanggar aturan tersebut berupa denda maksimal Rp 100 ribu, atau pidana penjara maksimal 15 hari…

iklan iwb

Masalahnya adalah….ATPM menelan secara mentah-mentah bunyi pasal tersebut dengan langsung menghilangkan saklar lampu. Memang tindakan tidak lepas dari campur tangan pihak kepolisian yang menghimbau ATPM mengaplikasi AHO. Tapi koq sigap bener yak dan seolah-olah menutup mata rasa keberatan konsumen diluar sana??. Mungkin….untuk menekan cost mzbro. Maklum jika panel sirkuit saklar tersebut menghabiskan biaya 20ribu/motor, berapa penghematan yang bisa dilakukan pabrikan??…Nyaris 280juta untuk 14ribu unit kuda besi. Lumayan to??.. itu hanya ilustrasi lho

Yo wis…daripada bertele-tele, IWB ingin partisipasi sampeyan dalam polling non formal ini. Semoga ATPM juga melihat dan membaca keluh kesah sampeyan. Syukur-syukur polling kecil-kecilan ini mampu menjadi pertimbangan mereka semua. Langsung aja klik dibawah ini. Ocreee….(iwb)

[polldaddy poll=5316505]

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

82 COMMENTS

  1. setuju…..
    Negara di asean sudah pd pkai sistem ini sejak 2004…
    Kita mah baru sekarang……..
    Indonesia ketinggalan…….

  2. SETUJU…….aneh tuk orng2 yg g stuju cm gr2 alasan ‘bikin tekor aki lah…’ atau ‘bikin cepet putus bohlam lah…’

    bs beli mtor tuh hrs bs tuk pngeluaran yg lain….

  3. menurut ane ga ada salahnya om AHO kalo tujuannya emang buat keamanan dan kenyamanan,, tapi alangkah baeknya yang otomatis nyala bukan lampu utamanya,, tapi lampu tambahan,, kalo menurut ane lampu led nyang paling tepat, cukup terang en irit konsumsi listrik, en cukup terlihat nyala dan orang ato pengendara lain tetep masih bisa aware,
    bayangin aja 35 watt ato malah 55 watt nyala, belum ditambah lampu2 panel en stoplamp nyang pastinya juga nyala, plus sama dinamo stater nyang cukup gede bebannya buat kelistrikan, kalo pagi2 nyalain dalam kondisi mesin dingin ga perlu tunggu lama modiar lah tuh aki kalo ga ada modifikasi kelistrikan dari ATPM, apalagi kalo tuh motor udah DC, walah2,,,

  4. kalau di jalan raya sih ok aja tapi kalau sudah masuk ke kampung2 xixixixixixixi geli neranginnya

    new post gan terpanas monggo di pertamaxin

    moy17.wordpress.com/2011/07/31/video-rekor-baru-motor-tercepat-di-dunia-502-kpj-seremmmn/

  5. klo lampu untuk siang hari jangan lampu utama tapi ganti lampu khusus siang hari .yang penting tampak terlihat mencolok.bisa juga diaplikasikan lampu yang kelap kelip.kan tampak mencolok tuh ehhehe

  6. AHO=pembodohan otomotif. peraturan yang dibuat oleh orang-orang yang sehari-harinya tidak naik motor. dan yang pastinya gak ngerti dengan apa maunya sebagian besar biker.

  7. aku mau tanya niii…
    kalo motor yang ber-AHO itu aman ga siiii????
    terusss kalo boleh taw motor yang ber AHO itu motor apa jha ato yang memproduksi siapa????

  8. AHO cukup baik untuk keamanan berkendara. Terutama bagi motor ataupun mobil ke depan kita yang ingin kita overtake. So, yang didepan bisa lebih waspada.

  9. ATPM kan ga peduli sama kebutuhan konsumen
    emang harga aki murah?
    emang bohlam tahan berapa lama kalo setiap hari nyala berjam2?
    gimana kalo dipake touring?
    apakah hal itu sudah dipikir masak2 sampe mutung
    pemerintah juga jangan bikin aturan yang aneh2
    pake nyalain lampu disiang hari
    terus kenapa mobil ga dibuatin aturan yang sama. ini diskriminatif namanya.
    negara kita kan negara demokrasi.
    kalo pengen nyalain lampu disiang hari , ya udah semua kendaraan
    nyalain lampu disiang hari
    biar makin banyak tuh kecelakaan gara2 mata silau liatin tuh lampu

  10. Setuju,,! Yg gak setuju tmennya pulisi,,biar nyari duit cpet,,soalnya sekarang di jln kampung2 jg ada rasia lho?

  11. Biar kelihatan pengendara lain ya?

    Hemm, apa nggak sekalian lampu kapal aja ya?

    Hehehe.

    Nasib lah yg udah beli motor aho.

    Mau gimana lagi, mau dibikin saklar?
    Yah..sudahlah…..

  12. setuju 100%
    keselamatan sangat amat tidak dapat dibandingkan dengan harga accu dan lampu.
    mungkin bagi orang yg belum pernah mengalami kecelakaan yg ada hubungannya dengan sistem AHO, belum dapat merasakan manfaat nyata dari kebijakan ini.
    tp percayalah jika kebijakan tersebut tidaklah asal dibuat, tp sudah melalui berbagai pertimbangan oleh orang yang benar-benar pro rakyat, bukan orang yg suka pro duit.

  13. Harusnya sih ATPM pun juga mempertimbangkan masak-masak, jangan karena peraturan Lalin yang memberlakukan lampu di siang hari nyala, tapi kudu juga dipikrkan masyaratkat pengguna sepeda motor. Sekarang tanpa pemakai ATPM pun juga ga ada apa2nya, memang kita musti ngikutin aturan pemerintah tp kudu dengan pertimbangan yang bijak.

  14. Bermanfaat kalo hujan atau berkabut. Perlu ada survey yang objectif, apakah benar AHO mengurangi tingkat kecelakaan di siang hari tanpa ujan atau kabut?

  15. kurang stuju coz aho cuma efektif di kota-kota, selain itu mubazir malah buat aki dan bohlam cepet rusak, belum lagi klo lewat di gang sempit tuh lampu bakal nyorot orang-orang yang nongkrong dipinggir jalan.

  16. ayo2 qi’ta terima peraturan ini.. sapa tau selanjutnya ada peraturan baru yg lebih ‘ asik ‘ lagi..

    misal : motor berasep bakal didenda 500rb otomatis pengguna 2 tax akan kelimpungan 😆

  17. penghematan plus ngambil untung, lha satria FU yang AHO ebih mahal 100 ribu dari FU yg blum AHO… 👿

    agoey.wordpress.com/2011/08/01/di-thailand-porsche-jadi-taxi/

  18. setuju atau tidak setuju, toh semua motor akan AHO untuk kedepannya

    *untuk produsen : AHO mengurangi biaya produksi

    *untuk pengguna: meningkatkan safety, simpel tidak perlu takut kelupaan

    *kalau masalah di desa atau gang sempit sepertinya mereka ga bodo2 amat lah, toh tipi sudah dimana2 pasti tahu kalau menyalakan lampu wajib hukumnya la wong berita razia-nya tiap hari muncul di tipi 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here