iklan iwb
iklan iwb

Walau semua kalangan sudah teriak-teriak kepada para biker untuk menggunakan helm tertutup, tetap saja fakta dilapangan berbicara lain. Tak jarang….supaya tidak ribet, mereka hanya mengenakan pelindung kepala half face. Berbagai alasan diutarakan…yang panas, pengaplah, berat bobotnya…dan yang paling menyedihkan adalah anggapan bahwa logo SNI sudah cukup untuk melindungi kepala tidak peduli jenis helm yang disodorkan. Tapi maaf…kali ini IWB tidak setuju!!

Tahun 1996…..IWB sudah merasakan gimana rasanya muka gasruk aspal. Pipi sebelah kiri hingga kening nyaris tanpa kulit lagi. Kerikil  jalanan masuk kedaging muka menimbulkan sensasi perih dan sakit tidak terkira. Cacat seumur hidup  sempat menghantui IWB.  Alhamdullilah…pasca pemulihan, kulit ternyata mampu melakukan regenerasi sehingga hilang tanpa bekas. Kenapa dlosor?? sebenarnya sepele mzbro. Kala itu mengendarai Honda GL-MAX melaju dengan kecepatan 80km/jam. Kondisi turunan tajam….didepan ada angkot tidak mau memberi jalan. Betot tuas rem dadakan…..ban depan lost grip!!

Perhatikan goresan tajam pada helm.....

Apesnya…..dititik pengereman banyak pasir bertebaran. Alhasil motor terpelanting dibarengi badan terbang layaknya Superman. Entah gimana….kepala sudah pada posisi nempel….dan gasruk aspal. Helm kura-kura (standart hadiah Astrea Grand tahun 1990an) tidak mampu melindungi dengan sempurna. Untung posisi muka miring. Kalau tidak…dipastikan dagu ambrol akibat benturan….

iklan iwb
iklan iwb

Itu cerita 15tahun lalu. Dilalah insiden seperti diatas baru saja terjadi pada teman kantor IWB. Gara-gara menghindari motor lain nyebrang….Tedy (teman IWB) harus rela berjumpalitan diaspal. Namun…kali ini ceritanya lain. Tedy sudah mengenakan safety maksimal buat kepalanya sehingga muka mulus tanpa gangguan. ” Terasa mas….wajah saya membentur dan terseret keaspal. Padahal saya sudah berusaha bangun, tapi tetap tidak bisa. Untung saya pakai helm full face. Kalau tidak…nggak tahu deh kayak apa muka saya”..ujar Tedy menggeleng seperti takut membayangkan kejadian yang baru dialami….

Sudah seperti diparut. Bayangkan jika menimpa muka kita 😯

Kini tangan dan dengkul kudu diperban akibat kulit mengelupas. Jeans….jaket jebol. Motor somplak nggak karu-karuan. Yah…setidaknya bagian yang paling vital yaitu kepala masih aman. Pada saat yang sama, Yayan security dikantor IWB (owner NMP…masih ingat artikel test NMP beberapa hari lalu??) tidak seberuntung Tedy. Sekarang doi sedang berbaring dirumah sakit karena jidat luka parah. Selidik punya selidik doi tabrakan dengan hanya mengenakan helm half face. Hhmmm….seremkan bro. Itu hanya contoh kecil dari banyak kejadian mengenaskan diluar sana.  Helm full face?? pokoke wajib deh, jangan sampai lupa mengenakan dikepala mzbro…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

58 COMMENTS

  1. Klo aturan harus memakai helm ketika saat berkendara. Itu bsa dilogika dan masuk akal dan gak mandang Ente hidup di kota atau di desa terpencil pun 😀

  2. pernah waktu mau ke rumah mertua, pas di gumitir didepan saya ada bapak2 bonceng istrinya..entah ngantuk ato gimana, tiba2 aja motor ke pinggir dan jatoh…muka si bapak keseret di pinggiran jalan yg penuh kerikil…dan saya liat darah dimana2 (si bapak pake helm half face)…bener2 ngeri…

  3. dulu ane pernah nabrak org.. ane pake helm kiwi.. itu tuh helm cetok yg dulu ngetren:D
    alhasil lecet bagian wajah.. untung cuma dikit dan puji Tuhan bekasnya juga ilang..
    skrg ane sering pake fullface.. tp kadang sering half face juga sih.. 😀

  4. infonya manteb masi iwan! sharing pengalaman pahit semakin meyakinkan pembaca, salud deh..
    yg penting kita sudah mengingatkan, lakoni gak lakoni urusan pendengar…

  5. penting nih buat yang ngerasa mukanya ganteng kalo yang ngerasa mukanya jelek ya udah pakai half face saja cukup kan gak ngaruh…he..he…he.

  6. betul mas.. hati2 mengerem di pinggiran jalan karena banyak pasir bisa ndlosor.. saya juga pernah dulu mau nyalip truk tapi didepan ada kijang saya perlambat tapi stang kiri kena body truk dan motor pun terpelanting ke kanan, untung ga ke kiri (masuk kolong truk), saya pun jatuh tepat didepan kijang yg mendadak berhenti (untung) wajah saya tepat menerpa jalan dengan kerasnya, terbayang kalau saya tidak pake helm fulface pasti wajah saya sudah hancur, hidung patah dll, tapi untungnya pake helm full face merk K*T jd wajah saya selamat dan kaca helm pun tidak pecah

  7. @ Maskur
    Bener…klik jangan lupa. Nais inpoh mzbro
    @ Joker
    Betot sebenarnya rem dua-duanya mzbro. Tapi karena ada pasir berceceran diaspal…motor malah lost grip…
    @ Hourex
    Wow…kesadaran berhelm full face sampeyan sudah sejak dulu kala. Mantep mzmul…lek aku biyen gaya peng nampang wae sih wkwkwk…
    @ 7. robywibisono
    Saya juga heran bro….minta diruwat nih kantor :mrgreen:
    @ 9. ricthofen
    Ini yang belum pernah membuktikan….
    @ 11. nunoe
    Tuh kan…serem bro 😯
    @ 14. trisbyonic
    Sip…tq mzbro
    @ 15. dearGOD
    Iya bro..soale saya juga ngerasa ngeri. Syukur deh kalau diikuti..
    @ 16. Goyip
    Bisa aja sibro wkwkwk…
    @ 20. Rei
    Monggo bro…tq sharing info tentang giginya 😆
    @ 22. masbule
    Nais sharing mzbro. Ngerasa jadinya betapa penting helm full face…

  8. Betul mas iwb.., ane makanya make helm full face merk kyt… Dulu sempat hilang juga digondol maling yang kyt rc 7… Di gantidengan kyt full face juga tpi tipenya ane lupa… Ane kemarin baru jenguk salah satu bos ane…. Yng habis jatuh dari motor tapi ngak pake helm…. Ya allah… Kepalanya dioperasi untuk mengeluarkan darah bekunya… Setelah dioperasi dianya harus sering diajak ngomong biar kesadarannya tinggi…. Semoga kita semua bisa semakin safety dan mawas diri di jlanan… Gunakan helm brooo, bukan sembarang helm… Kalo bisa full face….

  9. wah ane dari smp dah dibiasain sama ortu pake helm fullface…ga pernah ane naek motor ga pake helm full face…
    sadar n sayang diri aja laghhhh….
    lagian lebih keren pke fullface lhooo

    tapi klo kewarung dket2 rumah sih ga pake helm
    *jgn ditiru

  10. kalo saia sih..
    mang dah lebih suka sma helm full face..
    keliatan keren pa lg klo lagi bwa si joSE(N250)…
    yah walaupun agak gerah sih…
    hehe…
    tpi overall…
    mantapp..
    bner kata bro (16.goyip) sayang m muka yang dah ganteng ni…
    hahaha..

  11. Makin semerawut lalulintas, kemungkinan kecelakaan makin tinggi, walopun jarak dekat..
    Nitip om
    boerhunt.wordpress.com/2011/07/31/harga-seken-honda-beat-di-jatim-nggilani/

  12. waah mas iwb berarti saya beruntung donk?? 2tahun lalu waktu saya umur 15 tahun saya nabrak bagian truk dengan kcepatan 60kpj pakek helm half face takachi eh saya selamat dan akibat benturan gigi saya lepas satu hehe 😀
    Motor vega hancur gag karuan tapi bsa dbnerin ulang di bengkel

    Sekedar cerita mas bro

  13. @ 24. meitanteiamiterasu
    Duh kalau sudha denger darah beku…ngeri euy. Nais sharing bro. Moga-moga makin banyak yang sadar akan pentingnya memakai helm full face…
    @ 26. indrajuliansyah
    Disinyalir mzbro ini muda pada era 2000an. Kalau masa 1990an helm full face kurang ngetrend bro. Wis..kayak film Ali Topan tuh wkwkwk….
    @ Rendy
    Walah…gigi copot satu masih beruntung mzbro. Ada anak teman saya gigi depan habis total sampai rahang dioperasi karena geser dari posisinya. Operasi habis 35juta..belum perawatan dll….

  14. walllah kasian skali bro iwan?

    Safety riding ajah deh helm ink full face juga udah umur 2 tahun harus ganti

    All:mari taraweh

  15. saya pernah ditabrak dari samping, kebetulan dulu pake helm half face.. muka membentur aspal, untungnya cuma berakibat mimisan saja..

  16. uhm. . . . kmrn cb helm full face . . . Nyaman jg, . . . Tp bwt ane yg pke kacamata susah biar kacamata bs ane pake. . .pas d paksa make malah tangkai kacamata jd penyok . . . . Ada nggak helm full face yg cocok bagi pengendara bermata minus pake kcmata Om, cz ane blm bgt tahu ttg helm full face?

  17. Sama jgn lupa berdoa sbelum berkendara.. Agar kalo terjadi sesuatu dan kita dipanggil yg kuasa, tetap dalam keadaan baik..

  18. Betul banget tuh, safety riding buat yang mau touring atau berangkat kerja bagusnya pake helm full face karena saya juag mengalami hal yang sama kalau ga memakai helm full face pasti wajah udah banyak kecapnya (berdarah) ejadiannya baru satu stengah bulan yang lewat pas mo berangkat kerja, walaupun celana sobek dan dengkul banyak kecapnya tapi muka tetap aman ( thank’s my Helm and thank God)

  19. yup betul masbro, helm fullface memang yang paling safety diantara yang lain…

    mantapppp…

    saya sendiri juga pernah mengalami, ketika itu juga motor dpn saya ngerem ndadak, ndilalah saya dan blueMaX lagi akselerasi 80-90kpj, ya beigtulah pada akhirnya saya ndlosor, waktu saya rasakan bagian kiri kepala saya nggasruk aspal ( untungnya pake helm fullface), dan alhasil ketika bangun, jaket bagian kiri udah bolong, celana bolong” kegasruk aspal, dan helm bagian kiri seperti hasil parutan aspal…..

    itu ceritaku , apa ceritamu ?

  20. muka adalah bagian yg paling kompleks dari penampakan luar tubuh manusia… ada macem2 panca indera nempel disitu yg harus dilindungi….Hidup bukan cuman sesaat saja.. gak kebayang kalo cacat di bagian wajah yg sebenarnya bisa di-antisipasi hrs dibawa seumur hidup…

    helm full-face is a must… seriusss…

  21. helm full face ane (tepatnya flip up :p) ancur kemaren gara2,, ane timpukin ke kepala orang nyang nabrak ane,, hahaa,, aneh,, pas jatoh gasruk aspal helmnya cuman lecet, pas ane timpukin ke kepala orangnya malah lepas flipnya, :P, ternyata kepala manusia lebih keras dari aspalhot mix, hahaha
    sekarang pake Half Face, alhamdulilah ga kenapa2, jangan sampe deh, meskipun sering kalo pas kenceng selalu kepikiran kalo jatuh gasruk aspal, bisa rompal ga cuma gigi, tapi mukanya juga,,, insyaallah si pengen ganti sama Fullface kalo ga KYT runner ya GM airborne,, (kalo ada duit :p, menurut ente recomended nyang mana om?), setelah pengalaman sama helm flip up/modular ane jadi pesimis sama ni helm, mending full face sekalian,,,

  22. Saya juga pernah ngalamin kayak gitu mas, jatuh tersungkur dari motor dan badan meluncur di aspal berpasir yang dikeruk (biasanya karena mau dilapis ulang) dengan posisi wajah menghadap aspal, untung pake helm full face shingga yang baret adalah kaca helm persis kayak gambar di atas. Kejadiannya cuma 2 minggu menjelang saya merid, gak kebayang deh kalo pake half face kayak gimana jadinya

  23. wah… jejak lecet yang sama dengan helm yang sama dengan waktu saya keseret diaspal mas. Bedanya punya saya baretnya lebih dalem, sampe warna putih bahan dasar helmnya keliatan.

  24. @strngman: cara make helmnya kali yang salah mas, lepas dulu kacamatanya trus pake helm full face, udah kepake tuh helm, buka visornya trus pasang lagi deh tuh kacamata, begitu caranya ga bakalan rusak deh kacamatanya, trus klo mau buka tuh helm caranya sama aja buma buka dulu kacamatanya baru buka helmnya. semoga membantu.

  25. wah,bener2 bahay tuh half face

    tmenku aja yg jatuh dg kecepatan 40 km/h aja mukanya udah kena,pdhal pke helm I*K half face

    untung sekarang q pke K*T Fullface,pkoknya lumayan amanlah kalo harus jatuh d bawah kecepatan 100 km/h,kalo d atas itu…pkir2 deh

  26. Kecelakan bisa berakibat mengerikan, salah satu saudara pernah masuk rumah sakit setelah kecelakaan dan harus menjalani operasi otak karena ada darah beku di otak kanan. Dan harus menjalani 3 bulan dengan kepala berlubang karena tengkorak kepala sebelah kanan diangkat untuk nunggu operasi ke2 jadi kepala harus ditutupi perban cukup tebal. Cerita naas berawal ketika dia naik sepeda motor megapro dengan kecepatan 70kpj dan adu kambing dengan motor lain yang nyalip angkot, sialnya di lupa tali pengikat gak diklik. Jadi dia jatuh dengan kepala menghantam aspal, sementara helmnya sendiri terlempar masuk selokan….so, jangan pernah sepelekan tali pengikat helm bro!

  27. Beberapa wktu lalu insiden seperti ini juga menimpa saya.
    Safety sudah saya gunakan : helm fullface, sarung tangan probike.

    Insiden hampir mirip bro Iwan, terlalu keras tekan handle rem depan. Ban jadi mbleset, saat itu juga ditempat saya mengerem banyak pasir diaspal.

    Saya terpelanting, bagian kepala alhamdulilah aman. tangan juga aman, kondisi sarung tangan probike hancur keseret aspal. gak terbayang klo g pake sarung tangan. gimana kondisinya.

    Yang miris, kaki kurang terlindung. gak pake pelindung lutut jadinya bagian lutut cukup parah.

    Hmmmm, pentingnya safety. dan hukumnya wajib mzBro Iwan.

  28. Apa susahnya beli helm fullface padahal sekarang harganya sudah murah, bahkan ada yg dibawah 200ribu dan berlogo sni, meskipun tak menjamin. Tapi setidaknya lebih baik daripada helm half face. Saya juga punya pengalaman kecelakaan dan saat itu saya sedang menggunakan helm half face. Setelah kecelakaan tersebut saya langsung beralih ke helm full face.

  29. Jangan lupa pake sarung tangan, pelindung sikut dan lutut, sepatu, dan rompi tambahan, Pengalaman saya waktu kecelakaan:
    Muka terbentur, sikut dan lutut tergerus aspal, bahu dan punggung tergerus aspal, baju robek, pokoknya yg namanya kecelakaan dampaknya parah. Luka di sekujur tubuh. Padahal waktu itu saya tabrakan (diserempet) di kecepatan sekitar 30-40 kpj

  30. full face memang berarti bro, melindungi kepala dan wajah apalagi bila sikut tangan dan dengkul yang pastinya terkena akibat cium aspal

    memang sebaiknya menggunakan helm full face dan peralatan safety lainnya dan ingat tetap pada peraturan yang ada

    safety lebih utama, keluarga menunggu dirumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here