iklan iwb
Ducati 848 pun mengaplikasi sistem AHO...

Unsur safety???…ora usah dibahas maneh. So pasti!!. Lewat pancaran cahaya yang dihasilkan oleh lampu utama akan membuat ngeh pengendara lain. Ujung-ujungnya…kehadiran kitapun gampang termonitor. Tapi kenapa harus AHO??…kan bisa dikasih opsi saklar supaya kapan saja bisa dimatikan. Yup…memang ada benarnya. Tapi…jangan salah, tanpa AHO ternyata bisa menjadi biang penyakit. Maksudnya???…

Hanya berselang satu bulan,? sudah ada beberapa teman IWB kena tilang polisi ketika melewati Casablanca kuningan Jakarta Pusat. Masalah sepele…yakni lupa menyalakan lampu utama. Ya gitu deh….kalau sudah sampai gang kecil sama mereka switch dimatikan dan baru masuk kejalan besar, saklar dinyalakan. Hasilnya..??? kebobolan juga mzbro!!. ” lali aku kang…inyong padahal wis tak eling-eling. Tapi berangkat kerja saklar belum tak nyalain..” ujar Uzan yang asli Tegal. Karena nggak mau nyuap…doi memutuskan ikut sidang. Jebule antrinya amit-amit dan….uang 50ribu melayang. ” Sama aja kang…sidangpun ribet, yang antri buaanyyyaaakk. Terpaksa inyong nyewa makelar. Habisnya jadi 80ribu..”serunya. Kapok dah, kapan-kapan saklar inyong nyalain terus ketimbang repot kayak gini..” celoteh doi kesal

Sistem AHO mencegah kita dari kelupaan menyalakan lampu...

Itu hanya satu contoh. Teman lain…Jusuf juga pernah mengalami kasus serupa. 3 Minggu kemarin dia kudu rela merogoh duit hingga 100ribu. Doi kena cegat polisi disekitar Tanah Abang Jakpus akibat lampu depan tidak dinyalakan. ” Lupa bro…habisnya kemarin habis dicuci. Eee…saklarnya sama tukang steam dimatiin. Apes dah..!!. Mana polisinya rakus, minta cepek (100rb) nggak mau kurang..” ungkap Jusuf. Alasan malas sidang juga membuat aparat makin rajin mencari mangsa. Dua kejadian diatas sudah cukup membuat IWB melek…sepertinya memang kita tidak boleh egois. Jujur…secara pribadi, IWB lebih demen kuda besi dibekali saklar. Tapi kalau sudah seperti ini…siapa yang rugi??.

iklan iwb

Polisi sekarang sudah semakin tegas. Tidak pandang bulu….walau tanpa ada operasi resmi, nggak segan-segan mereka memberhentikan motor yang tidak menyalakan lampu utama. Kesimpulannya…AHO berguna untuk menolong kita dari rasa lupa. Automatic headlight ON….dan dijamin sampeyan tidak bakal direcokin oleh pak polisi lagi seperti dua teman IWB diatas. Pernah mengalami hal serupa??…(iwb)

CBR150r menjadi gerbang pembuka sistem AHO untuk motorspot AHM

67 COMMENTS

  1. Klo MAHO sama IMHO artinya apaan sih mzbro? Serius sy kgk tau… 😆 klo AHO sy dukung mas soalnya motor tuh biasa seenaknya aja byk yg nyari jalan pintas ampe berlawanan arah…termasuk sy 😆 😆 😆

  2. mas iwan, denda klo ditilang itu kok bisa beda2 gtu? atw emang disesuaikan
    semingu yg lalu ane juga kena karena gk nyalain lampu, truz dendanya sebesar 25rb (di powiltabes bandung)
    truz yg dinyalain tuh lampu utama atw cukup lampu senja?
    coz ane liat dijalan banyak yg cmn nyalain lampu senja doang

  3. emg paling jengkel klo saklar lampu di matikan oleh tukang cuci motor… setelah servis, ama montir jg saklar lampu di matikan..
    tindakan terselubung nih… huuu

    tapi sampe skr ane belum kena batunya 😀

  4. yg rugi tanpa AHO ya cuma orang2 pelupa, yg biasanya lupa matiin sein, lupa ngangkat jemuran…. eh.. standar samping, lupa ganti oli, lupa bayar pajak, dll.

    kalo gw nyalain lampu cuma di jalan arteri ataw deket pos pulis. Pas macet pasti gw matiin, sekalipun ada pulis di kanan kiri, emang bisa nilang di tengah kemacetan ? kecuali dateng ke rumah, itupun kalo bisa ngeliat & inget nomer gw. hihihihi

  5. ane pernah juga diberhentikan ma polisi karena ga nyalain lampu tapi untungnya ane bonceng cewe cakep tetangga ane, polisinya kena dirayu ma tuh boncenger ane, batal deh ditilang hehe…

  6. 8. Hazzen – Juli 31, 2011

    Klo MAHO sama IMHO artinya apaan sih mzbro? Serius sy kgk tau? 😆
    ===================================================
    Ni becanda apa serius nih…ntar dikasih tau tarnyata cuma becanda lagi…mendingan main main ke kaskus mas…trus search aja kali disana…itu juga kalo serius lho ya nanya nya…

  7. Lupa…ada yang mengartikan kata manusia/manusya berarti lupa…karna manusia memang ditakdirkan untuk lupa, karna bayangin kalau kita selalu inget dan gak bisa lupa bisa penuh kali otak mazbro…oh ya manyalakan lampu adalah sebuah kewajiban karna undang-undangnya mengatur demikian sedangkan mematikan lampu adalah sebuah hak…saya mendukung AHO karna itu adalah kebutuhan, tapi saya juga sudah cukup kehilangan hak di negeri ini…jadi walaupun saya membeli motor otomatis AHO nantinya…saya akan tetep pasangin saklar(www.ngeyel.com)

  8. Karna gak asik masuk ke tempat yang butuh kegelapan tapi lampu motor kita tetep melotot…

  9. Inddonesia kan BUKAN Hanya JAKARTA Thok Mas Bro,, sedang Kan AHO berlaku di seluruh PELOSOK Indonesia..

    *hayo Piye jal,, kaya Manasi mesin kok musti hidup lampu..

  10. @ otnu
    Menurut pengakuan hbsnya segitu mzbro. Apa dikibulin makelar yah tuh teman. Btw utk nyala kudu lampu utama bukan lampu senja mzbro…
    @ joker
    Sama bro dng sya bro ilmunya xixixi…
    @ hourex
    Bener jg. Hal seperti ini yg kudu dikaji ulang

  11. mendingan pakai sistem alarm, yg setelah 2 menit jalan kalau lampu ga hidup ada alarmnya, sama kyk di mobil, kalau beberapa menit jalan ga pakai safety belt alarm dlm cabin bunyi.. berapa siih harga speaker + timer..
    #gacumangikutAHO 😉

  12. harusnya ga cuma meniadakan saklar, tp kasih penggantinya, tambah saklar lampu beam, krn penting juga utk safety.. saklar lampu jauh bisa dipindah ke saklar lampu yg skrg hilang, gantinya disana jd saklar beam.. secara posisi masih enak, atas beam, bawah klakson.. itu kalo pabrikan kreatif..
    #gacumangikutAHO 😉

  13. lampu senja skrg udah nggak ada gunanya, ke depan mungkin desain headlamp bisa tanpa lampu senja, tp dibuat model ganda, 1 otomatis hidup dan cukup terang sebagai DRL, 1 lagi bisa dimatikan kyk lampu konvensional..
    #gacumangikutAHO 😉

  14. ane juga pernah ngalami kejadian serupa.
    kl ada aho oknum polisi gak bisa nilang masalah lampu
    Nitip om cafebiker.wordpress.com/2011/07/30/xeon-sekarang-uda-gak-bisa-berkedip/

  15. Lampu nyala siang hari? Sarana cepat pulisi dapet duit,,,lha sekarang gak usah pake ac?ra operasi2an nanya SIM,STNK DAN TETEKBENGEK lainya,,lha wong dari jauh udah keliatan duit 50-100rb,,gara2 lmpu mati,,suatu saat rakyat akan menggugat,,ditilang?mending sidang,,suruh bayar di pengadilan?gak bayar,mending dipenjara,,makan minum gratis 2bln,,biar bingung mau taruh mane rakyat,,

  16. ane pertegas AHO ga ada untungnya sumpah. . .
    Ente pilih bayar 80 rebu ato ente babak belur di hajar warga gara2 ga sopan. . .

  17. Nah, ini masalahnya, seharusnya edukasi AHO itu digencarkan. Lalu perihal warga gebukin cuman gara-gara lampu nyala juga ga masuk akal kalo menurut ane.

    Nah, nanti kalao sosialisasi AHO sudah beres, toh warga juga mengerti, klo masih marah ya tinggal ente tunjukkin motor ente emang ga bisa dimatiin lampunya, toh memang ada aturan resminya. Klo warga masih marah juga, sampeyan bisa balik tuntut si warga tadi.

    Masalah safety ga bisa ditawar-tawar, mas. Luar negri aja bisa kok, emang disana ga ada gang juga? Musti grow up donk, masyarakat kita. Klo bisa ente jelasin kenapa lampu ga bisa dimatiin, biar semua pada ngeh safety juga.

    Saya setuju dengan mas Iwan Banaran, semua yang demi alasan safety, apalagi sudah terbukti, kenapa ditentang? Open minded please, jangan cuman ngikut. Be an agent of change.

    BTW, nitip warung baru sekalian, masbro 😀

    kilatperak.blogspot.com/2011/07/bikin-booster-kelistrikan-dengan-modal.html

  18. @Bluez
    Betul bro, intinya konsumen bukan hny di JAKARTA & Sekitarnya saja tp seluruh pelosok negeri dr sabang sp merauke dr yg tinggal di desa terpencil sp di tengah kota, apakah ATPM gak mikir sampai sejauh itu tp yg dipikir cma untungnya aj, dan klo kta yg kena tilang apakah ATPM ikut rugi?. Tp skr konsumen sdh melek dan bsa memilih sendiri kendaraan yg sesuai kebutuhan gak tergantung merk Y,H,S,K skr udah jelas gak suka AHO bsa pilih yg lain, kan msh bnyk merk dan produk lain yg msh pke saklar & merupakan kesempatan jga bagi ATPM lain utk merebut pasar kompetitornya. Diam2 fitur AHO lumayan sensitif lho 😀

  19. @27.bluez
    warga yang maen hajar gitu mah warga yang gak punya motor, jadi gak tau aturan dan teknologi. kasihan deh….

  20. Lampu menyala disianghari malah bikin umur pakai bohlam makin pendek, panas dari bohlam malah bikin suhu bumi makin meningkat, dan lebih banyak mubazirnya ketibang safetynya, apa-apa yang diterapkan diluar negri belum tentu kompatible dengan kondisi disini. Sesuatu itu harus dikaji mendalam bukan cuma ikut-ikutan. Sorry mas bro cuma sedikit buka wacana saja.

  21. mungkin kedepan eknologi perlampuan mtor bisa disesuaikan, 1 bohlam utk siang hari sbg upaya taat peraturan yg otomatis nyala dg energi hemat, dan satu lampu penerangan utamanya.. sbnrny nyalain lampu tergantung lingkungannya, klo lg panas terik y kurang efektif.. pas sore, mendung atau cuaca agak berkabut wajib pake lampu..

  22. Bener banget…sebenarnya AHO sangatlah membantu. Tidak hanya membantu kita terhindar dr tilangan polisi,tapi jg terhindar dari kecelakaan.

  23. DRL saya SETUJU Banget..!! Tapi AHO jelas PemBODOHAN & PemBOROSAN..

    * lha kalo bolam lampunya mati kan bakalan Kena Tilang juga Mas Walaupun sudah Ber- AHO motornya.. 😀 😀 ..ha kalo bolam lampunya mati kan bakalan Kena Tilang juga Mas Walaupun sudah Ber- AHO motornya.. 😀 😀 ..

  24. Mau AHO mau DRL..gw tetep ga setuju,,.bikin tambah panas suhu bumi,..gw jamin mau pake DRL jumlah kecelakaan podo wae,,selama infrastruktur jalan tidak dibenahi…seperti jalan rusak,lampu merah padam,kapasitas jalan yang sudah tidak seimbang dgn jmlh kendaraan!

  25. -Motor AHO=MAHO
    -DRL=Di Rewangi Lali
    -nyala lampu siang hari bikin suhu bumi meningkat?kalo gitu skalian aja jgn menyalakan kompor.
    haha manusia semakin lama semakin aneh

  26. pernah baca katanya kalo diluar negeri itu karena kondisi cuacanya yg mengharuskan AHO.. cuaca berkabut dan sebagainya.. CMIIW..

    btw.. di kota2 besar pada ribut masalah AHO..
    ane di daerah (Ambon)
    ga ada tuh yg nyalain lampu siang hari..
    hehe..

  27. motor saya tipe lama yg belum AHO, gara2 AHO reflektor lampu meleleh.. padahal bohlam standar…. 🙁

    agoey.wordpress.com/2011/07/30/suzuki-tetap-pakai-800cc-dengan-2-pembalap-tahun-2012/

  28. @alexandho
    statement ente cocoknya diterapkan di kota-kota gede bro, ga cocok diterapkan di daerah kecil kayak ane yg disulawesi ini 😀

    @Skips
    sip bro

    @anton nugroho
    haha 😀

  29. keuntungan AHO :

    *untuk produsen : bisa memangkas ongkos produksi

    *bagi konsumen : menambah safety, dan mempermudah, tidak perlu takut kelupaan atau tdk sengaja dimatikan

  30. tapi saya malah lebih enak kalo ngeliat motor lampunya dimatiin kalo siang.. apa mata saya yang sensitif ya?

  31. Masih untung Automatic Headlamp On.. Gimana nanti kalo Automatic KLAKSON On..!!!

  32. YMKI baru2 ini membekali Yamaha XEON125 dgn fitur A H O mz Bro konsumen mau gak mau harus mau keknya, klo kurang sreg di hati bsa ambil yg lain beres kan msh bnyk yg lebih keren & irit .Berarti perkiraan Ane yg dulu gak meleset.

  33. AHO lupa biar nyaho, kata pak polisi, iya neh denda or tilangnya kok beda2, yang mana yang benar, tapi salut buat AHM yang sudah menjadikan CBR 150 sebagai gerbang pembuka buat tipe motorsport tanah air. Honda Jauh lebih berkelas uey …

Comments are closed.