iklan iwb
iklan iwb

Ketika menghadiri ” Yamaha Coaching Clinic tentang FI” Jum’at kemarin ada satu yang menarik perhatian. Yaitu…dihadirkannya dua part yang sudah tidak asing bagi para biker yakni piston dan silinder. Hanya saja dua komponen terlihat berbeda….satunya dibuat dengan sistem tempa dan satunya masih konvensional. Hhhmm….bikin penasaran nih!!

IWB segera mengamati dengan seksama. Dalam balutan cover kaca serta sinar halogen kecil, sisi sebelah kiri yakni piston dan silinder konvensional mempunyai permukaan kasar dengan kontur yang gradagan. Sedang sebelah kanan yang diklaim pembuatan dengan sistem tempa (forged piston)  dan diasil silinder terlihat halus serta mempunyai permukaan nyaris minim lubang mikro. Memang ada perbedaan mendasar terhadap proses pembuatan sistem tempa dibanding konvensional….

Sebagai gambaran…jika sistem konvensional bahan dipanaskan hingga mencair kemudian dituangkan kedalam cetakan dan pengerasan didiamkan secara alami. Kelemahan pembuatan sistem ini kadangkala masih ada gelembung udara yang terperangkap ketika proses pendinginan. Sedang sistem tempa (forged), bahan dipanaskan hingga kenyal kemudian ditumbuk/ditempa berulang-ulang. Setelah mendapatkan kepadatan yang diinginkan, barulah dipotong dengan alat khusus berdasarkan konstruksi yang diinginkan. Hhmmm…ini toh yang menjadi nilai lebih mesin Yamaha. Makanya pabrikan berani memberikan garansi hingga 5 tahun…(iwb)

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!