iklan iwb
iklan iwb

Brother….tak kenal maka tak sayang memang ada benarnya. Setelah selama ini hanya membaca dari media online, kemarin IWB merasakan dan mencicipi sendiri kegarangan engine DOHC CBR150r. Dan berikut impresi hasil test ride….

Sebagai informasi walau model rata, tutup tanki bensin CBR150r mengadopsi sistem release. Yakni…putar dan angkat layaknya Honda Tiger. Btw….IWB mendapatkan test ride urutan pertama dengan bro Didi. Setelah memakai protector lengkap yang disediakan AHM, IWB langsung ngacir….naruh bokong dijok memutar kunci kontak. Hhmm SKS nih!! manteppp!! Ergonomi riding sama plek dengan CBR250r. Engine checking, elektrik start ON….suara garing CBR150r membahana. Lumayan minim vibrasi….coba digeber-geber tidak sespontan sang kakak CBR250r. Ada sedikit delay beberapa detik ketika rpm mengikuti puntiran gas. Gigi satu….smooth, kopling dibuka. Respon engine ternyata tidak selemot yang diberitakan media otomotif lain. IWB merasa walau hanya 150cc, kailan tenaga dalam membetot ban ukuran 130/70-17 termasuk mumpuni. Memang accelerasi awal masih dibawah Vixion sedikit….tapi tidak ketika digeber!!

Accelerasi CBR150r ganas tatkala menginjak rpm 7000. Shifting pergear juga halus tanpa ada keluhan. Gigi satu rpm 11500 (limiter bekerja) tembus 45km/jam…gigi dua 76km/jam dan gigi tiga baru masuk 88km/jam..IWB dipaksa  membetot tuas rem sejadi-jadinya. Yah…sayang banget sirkuit pendek amir. Tapi…nih dia yang keren mzbro. Rem dibejek sadis, badan terasa stabil tanpa ada gejala goyang. Dibanting kanan kiri nurut dengan kestabilan nyaris menyamai sang kakak CBR250r. Kalau kita pintar-pintar gantung rpm, tenaga CBR150r terasa berisi terus. ” Walah…untuk ukuran 150cc mah sudah maut nih motor” batin IWB ditengah testing. 4 lap tidak terasa cepat berlalu dan setelah dirasa cukup IWB masuk kepit memberikan kesempatan buat yang lain. Kesimpulan??….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Lari CBR15or punya kans besar untuk kencang. Jika ada yang bilang lemot….mungkin mereka membandingkan dengan CBR250r. Ya…jauh mzbro torsinya. Jadi jangan berharap ada jambakan setan. Namun, bagi IWB untuk diplacement engine 150cc DOHC 4tak, CBR150r sudah termasuk jempolan. Dengan bobot mencapai 136kg reaksi teriakan mesin identik dengan CBR150 lawas. Yang membedakan hanya konsumsi bahan bakar. Motor generasi anyar  menurut testing AHM 1 liter tembus 63km dengan kecepatan rata-rata 50km/jam. Anjrittt…irit banget!!!. Target market AHM untuk CBR150r adalah dewasa umur 18-30tahun. Hhmmm…pas dikantong nih kalau begitu 😆 . Kelemahan bagi IWB hanya satu…yakni ketika dibuat boncengan, suspensi monoshock CBR serasa terlalu soft. Jadi sedikit terasa ambles jika bobot yang dibonceng 80kg lebih (komparison dibanding Yamaha Byson). Namun…diatas semuanya bisa dibilang CBR150r memang mantap. Choice is in your hand. Semoga berguna…...(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!