iklan iwb
iklan iwb
Yamaha U-13 team....

Brother sekalian…diam-diam tim Yamaha U-13 sudah menorehkan prestasi brilian. Walau tidak menjadi juara utama, kita tetap harus acungin jempol buat mereka. Pada usia yang masih belia….ketrampilan tidak kalah dengan pemain dewasa. Berikut laporan resminya langsung dari YMKI tanpa IWB edit supaya lebih otentik…..

BANGKOK-Tim Yamaha U-13 Indonesia menjadi runner up Yamaha U-13 Asean Cup 2011. Meskipun tidak berhasil menjuarai turnamen tersebut, kualitas para pemain tim Yamaha U-13 Indonesia terbukti siap memasuki jenjang sepak bola profesional. Di tahun ke-5 penyelenggaraan Yamaha U-13 Asean Cup, langkah tim Yamaha U-13 Indonesia untuk mempertahankan gelar dikandaskan tim Thailand I. Pada final yang digelar di Yamaha Stadium, Muang Thong Thani, Bangkok, Minggu (17/7), tim Yamaha U-13 Indonesia kalah tipis 1-2.

PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia, Indra Dwi Sunda, mengatakan meskipun kalah namun permainan tim Yamaha U-13 Indonesia sangat luar biasa. ”Permainan anak-anak luar biasa bagus dengan teknik yang bagus pula. Fairplay dan menjunjung tinggi sportivitas. Runner up cukup sebagai hasil yang maksimal dan ini dipersembahkan untuk Indonesia Raya,” ucap Indra yang mendampingi tim Yamaha U-13 Indonesia di Thailand.

iklan iwb
iklan iwb

Dengan mengikuti ajang Yamaha U-13 baik di tingkat nasional maupun Asean, pengalaman berharga ini merupakan modal besar bagi para pemain muda untuk meniti karir professional. Terbukti, kualitas para pemain lulusan Yamaha U-13 selalu diburu pencari bakat. ”Sebagian besar lulusan kompetisi ini langsung diambil oleh tim-tim daerah mereka untuk menjadi calon pesepakbola profesional. Banyak pula yang sudah masuk ke jenjang profesional melalui berbagai aktivitas.

Tercatat sekitar 100 lebih lulusan Yamaha U-13 bergabung dengan tim yunior yang ambil bagian pada kejuaraan di Swedia (Gothic Cup), Milan Junior Camp (program AC Milan) dan satu pemain yang berlatih di Uruguay (bersama tim nasional Indonesia U-14),” papar Indra. Tahun lalu tim Yamaha U-13 Indonesia juga tampil membanggakan sebagai runner up Piala Menpora yang diikuti tim-tim U-13 Indonesia yang menjuarai ajang internasional.

Prestasi para pemain jebolan Yamaha U-13 itu menjadi bukti keberhasilan didikan Yamaha Indonesia. Juga menjadi bukti kepedulian Yamaha Indonesia terhadap sepak bola nasional untuk menjaring para pemain berbakat Tanah Air. Hal ini pun merupakan komitmen Yamaha untuk ikut membangun persepakbolaan Indonesia.

Perjalanan Tim Yamaha U-13 Indonesia di Yamaha U-13 Asean Cup 2011 Tim Yamaha U-13 Indonesia tergabung dalam grup berat dengan Thailand II dan Malaysia. Pada pertandingan perdana di penyisihan grup, Indonesia ditahan imbang Thailand B 0-0 lalu memukul Malaysia 4-0. Keluar sebagai juara grup, Indonesia bertemu Vietnam di semifinal dengan hasil kemenangan besar 4-0.

Pada partai puncak, Indonesia gagal mempertahankan gelar setelah kalah tipis 1-2 dari Thailand I. Indonesia unggul duluan 1-0 melalui gol yang dicetak Aldo Prasetyo di menit ke-15. Aldo mencetak gol indah melalui tendangan bebas dari jarak jauh. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua tuan rumah Thailand terus menggempur pertahanan Indonesia dan diuntungkan kartu merah yang dilayangkan untuk bek Indonesia, Muhammad Alfian. Alfian dikartumerah wasit akibat mendorong pemain lawan dalam keributan kecil di lapangan. Dengan 10 pemain, pertahanan Indonesia tak cukup menahan tekanan Thailand. Alhasil, Thailand mampu menyamakan skor di menit ke-56 lewat titik putih. Penalti disarangkan Tanaphat Kathippathee.

Thailand akhirnya memastikan gol kemenangannya tiga menit berselang melalui Kathippathee lagi. Indonesia pun gagal mempertahankan gelar setelah tahun lalu mengalahkan Thailand di final. Pelatih tim Yamaha U-13 Indonesia, Rohmat Namung, mengatakan para pemainnya sudah bermain baik namun kurang beruntung. ”Anak-anak sudah bermain sesuai instruksi dalam bertahan maupun menyerang. Sayangnya kalah, tapi mereka sudah berjuang maksimal,” ucap Rohmat.

Meskipun menjadi runner up, tim Yamaha U-13 Indonesia menyamai tim Yamaha U-13 Thailand I untuk urusan produktivitas gol. Kedua tim sama-sama menjaringkan 9 gol namun Indonesia kalah selisih gol. Sumbang Dua Pemain di Best XI Players Yamaha U-13 Asean Cup 2011 Prestasi lainnya bagi tim Yamaha U-13 Indonesia yaitu menyumbang 2 pemain masuk tim Best XI Players. Dua pemain itu adalah bek tengah Indonesia dan juga kapten tim, Mulyadi Mustari Sumule dan Andi Abdul Azis Zulfikar yang berperan sebagai gelandang tengah. Mulyadi Mustari Sumule dan Andi Abdul Azis Zulfikar adalah dua dari enam pemain asal Sulawesi Selatan yang dibawa ke Thailand membela tim Yamaha U-13 Indonesia.

Sulawesi Selatan menyumbang pemain terbanyak untuk berlaga di Thailand. Tercatat ada 18 pemain di tim Yamaha U-13 Indonesia yang dibawa ke Thailand. Sulawesi Selatan merupakan tim jawara Yamaha U-13 tingkat nasional yang diadakan di Lapangan GOR Ragunan, 4-5 Juni lalu. Di final Yamaha U-13 tingkat nasional, Sulawesi Selatan mengalahkan DKI Jakarta.

Menuju final di Jakarta, sebelumnya digelar penyisihan yang diadakan di 11 provinsi yaitu Sumatera Barat, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Timur, Banten, Jambi, Bali, Lampung, Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan. Dari 11 provinsi tersebut diambil satu tim pemenang kecuali Jawa Barat yang diwakili dua tim menuju babak 12 besar sekaligus disaring hingga final di Lapangan GOR Ragunan….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

12 COMMENTS

  1. Mantabs… pembinaan usia mudanya… mudah2an bisa menjadi pemain top nantinya…

    lutfi117.wordpress.com/2011/07/20/silaturahim-ke-markas-besar-ducati-indonesia/

  2. Kenapa pas fase dewasa sepakbola kita makin mundur? Manajemen PSSI kah atau kelakuan mereka sendiri?
    karisnsz.wordpress.com/2011/07/20/rem-cakram-belakang-penting-enggak-sih/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here