iklan iwb
iklan iwb

Wis…pokoke ojo bosen-bosen baca kalau IWB brojolin artikel tentang pabrikan sayap mengepak. Soale memang saat ini pabrikan grup Astra sedang menikmati pencapaian fantastis atas penjualan produk-produknya. Hal ini diperkuat oleh press release yang IWB terima via email. Berikut isinya yang IWb salin mentah-mentah dari kiriman jeng Tika (AHM) supaya lebih otentik dan jelasssss. Monggo diintip….

“Mengakhiri  paruh pertama tahun 2011, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meraih pangsa pasar sebesar 51,8% setelah membukukan penjualan sebanyak 2.099.349 unit. Pencapaian ini semakin mengokohkan kepemimpinan Honda di pasar sepeda motor nasional.

 Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang semester I tahun ini, AHM berhasil mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 26% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2010 yang hanya 1.665.509 unit. Pertumbuhan penjualan motor Honda tersebut jauh melampaui pasar motor nasional yang hanya tumbuh 12,7%. Pada semester I tahun ini penjualan motor di pasar domestik tercatat sekitar 4.056.075 unit sedangkan periode yang sama tahun lalu hanya 3.599 juta unit.

iklan iwb
iklan iwb

 Direktur Marketing AHM Auddie A. Wiranata mengatakan pada semester I tahun ini, Honda tidak hanya unggul dari sisi pertumbuhan penjualan saja, dari sisi volume penjualan, Honda juga semakin jauh meninggalkan pesaing terdekatnya dengan selisih penjualan sekitar 453.265 unit.

 “Bahkan khusus pada bulan Juni, pangsa pasar kami melejit ke angka 54,9% dengan penjualan domestik 361.665. Kami bersyukur, setidaknya inilah hasil dari upaya kami untuk selalu memahami dan menemani konsumen meraih mimpi dalam kehidupan sehari-hari. Produk sepeda motor Honda semakin diterima dengan baik oleh konsumen,” ujarnya.

 Auddie menambahkan pencapaian tersebut  juga tidak dapat dipisahkan dari kesiapan sekitar 1.700 jaringan penjualan Honda dan kerja keras dari tim penjualan main dealer Honda di seluruh Tanah Air.

 Selama enam bulan pertama tahun ini, AHM berusaha memenuhi kebutuhan konsumen dengan merilis beberapa produk baru. Ada Honda CBR250R yang merupakan flagship motor sport premium Honda dan Honda CBR150R yang baru dirilis akhir bulan Juni lalu. Di segmen skutik, AHM menambah pilihan warna skutik retro modern Honda Scoopy dan menjadi pioneer dengan memperkenalkan skutik dengan bagasi ekstra luas  yaitu Honda Spacy Helm In.  Di segmen bebek, AHM memperbarui tampilan Honda Supra X125 dan Honda Absolute Revo serta menambah varian baru dengan harga yang lebih terjangkau yaitu Honda Revo Fit.

 Di segmen bebek, dominasi Honda semakin tak tergoyahkan setelah pada semester I tahun ini berhasil membukukan penjualan sebanyak 895.819 unit. Di segmen ini, kepemimpinan Honda juga semakin kokoh setelah mengantongi 56,1% pangsa pasar melalui beberapa model, yaitu Absolute Revo, Revo AT, Supra X125, dan Blade.

 Melengkapi pencapaian di segmen bebek, pada kategori skutik AHM juga berhasil membukukan lonjakan pertumbuhan yang luar biasa yaitu 62,90% setelah pada paruh pertama tahun ini mencatat penjualan sebesar 1.075.336 unit, sementara pada Januari-Juni tahun lalu hanya 660.101 unit. Pencapaian ini mempertegas dominasi Honda sebagai Raja Baru Skutik dengan menguasai pangsa pasar 53,2%.

 “Kami berusaha menjawab animo besar masyarakat terhadap trend mengendarai motor yang praktis seperti jenis skutik ini dengan beberapa produk skutik kami yang modern, trendi, hemat BBM dan penuh dengan fitur safety seperti BeAT, Vario Series, Scoopy, PCX,dan Spacy Helm In. Honda Spacy Helm In yang baru kami rilis sekitar dua bulan sudah terjual 48.053 unit. Di beberapa daerah terpaksa harus inden. Kami mohon maaf atas keterbatasan kemampuan kami dalam memenuhi pesanan konsumen ini,” kata Auddie.

 Di segmen sport, Honda juga membukukan pertumbuhan penjualan yang signifikan yaitu 50,1%. Pada semester I tahun ini, tercatat penjualan tipe motor sport Honda sebanyak 128.194 unit sedangkan tahun lalu hanya 85.401 unit. Di segmen ini, Honda memiliki beberapa model yaitu New MegaPro,  Tiger, CS1, Honda CBR250R dan Honda CBR150R.

“Pada semester I ini kami merilis Honda CBR250R dan Honda CBR150R. Kami yakin keduanya akan menjawab kebutuhan para pecinta motor sport di Tanah Air sekaligus memperkuat imej motor sport Honda di masa mendatang.”

Kalau kita perhatikan informasi diatas…jelas saat ini Honda sedang diatas angin. Apakah Yamaha masih akan berdiam diri???….jangan sampai. Data yang tersaji bisa diibaratkan alert atau warning merah buat Yamaha. Kudu ada gebrakan signifikan!!!. Selain genjot produksi, wajib hukumnya pabrikan garputala menggerojok dengan produk baru. Jika tidak…….yo wis, siap-siap aja gap makin jauh……(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

47 COMMENTS

  1. kalau sudah Se HATI aka One HEART mau motor laen performanya isdebest lah paling kencenglah… HEART gak akan berpaling, tetep One HEART hahaha

  2. ymki terjepit bro. keluarin produk baru modal cekak, tak dikeluarin penjualan sepi. susahhhh….

  3. lha kalau keluar produk baru dari ymki apa ngak dibalaz sama ahm dgn produk barunya lagi.

    bingung.com

  4. @ Louis
    Saya kan cuma memberikan data to mzbro….
    @ Hazzen
    Ninja 150rr masih jalan koq mzbro. Tidak ada kabar bakal distop penjualan…
    @ Ash
    Wah…uayyuuuu mz. Maniezzzz tenan!!. Sik perawan ting-ting lho hehehe :mrgreen:

  5. masalahnya YMKI memiliki sumberdaya yang terbatas dibanding AHM, jadi dia hanya sebatas mengoptimalkan yang ada, dan itu sudah mentok kayaknya…
    karisnsz.wordpress.com/2011/07/12/berapa-rasio-kompresi-motor-kamu-nih-minumnya/

  6. SEMUA PADA BANGGA DENGAN BERITA INI,, YANG PUNYA BLOG BANGGA DENGAN PROXIMITI DARI BERBAGAI ATPM MOTOR….APLAGI ATPM YANG SUKSES CERITANYA JADI JAWARA..SATU KATA DARI SAYA..SELAMAT DATANG KAPITALIS ..SELAMAT DATANG KEHANCURAN INDONESIA… APAKAH TIDAK TERSIRAT..BAGAIMANA INDONESIA 7 TH KE DEPAN JIKA SETIAP ATPM MENGGELONTORKAN PRODUK2 BARU TIAP TAHUN…..????SEPERTI APA JADINYA JALANAN DI INDONESIA..SEHARUSNYA SAYA SARANKAN PEMBERITAAN YANG MENGEDUKASI MASYARAKAT SUPAYA TIDAK BERBUDAYA KONSMTIF……!!!

  7. 22. LERING – Juli 12, 2011

    Ya semakin rameee…Trus masalah kalo semua rame-rame naik motor…yang punya masalah ya orang orang sugih yang gak mau berbagi…yang alergi naik motor,maunya ngadem di ac dan cuma bikin macet jalan, gw juga bawa mobil tapi gw lebih demen naik motor…its fun to ride a bike.

  8. @LERING
    Justru naik motor itu lebih irit biayanya dr pd naik angkot atau naik mobil pribadi dan bs lebih cpt sampai tujuan, mari kita kampenyekan naik motor…

  9. Dengan fakta penjualan tertinggi itu tentunya Honda jadi sepeda motor penyumbang terbesar kemacetan di Indonesia, khususnya ibukota. Sebagai motor yang paling banyak terjual, suka tidak suka Hondapun menjadi sepeda motor penyumbang polusi terbesar juga.
    Lalu apa kita masih bisa tertawa-tawa dan berbangga-bangga melihat angka-angka penjualan yang selalu meningkat dari tahun ke tahun?
    Mohon maaf bila tak berkenan ini hanya sekedar renungan saja.

  10. Iya jelas honda naik pangkat wong honda gak bantu jepang dalam rehabilitasi pembangunan….liat dong yamaha menyumbang 25 % hasil penjualan utk jepang…lho apa hubungannya #*,!,.?

  11. silit ngarit banting tulang….do lapo toh yo..yo….senengane padu ning omahe wong ! kasian tuan rmh mas bro ruang tamunya dinodai dgn perselisihan yg tiada ujung, buang2 emosi wae….hidup bikers !
    (merk apa aja yg ptg bkn hasil ngepet & korupsi) hidup mas bakwan, eh salah, hidup mas iwan !!!!! e padu ning omahe wong ! kasian tuan rmh mas bro ruang tamunya dinodai dgn perselisihan yg tiada ujung, buang2 emosi wae….hidup bikers !
    (merk apa aja yg ptg bkn hasil ngepet & korupsi) hidup mas bakwan, eh salah, hidup mas iwan !!!!!

  12. yg jelas konsumen kita udah mulai cerdas.
    tidak mudah dipengaruhi dgn iming2 haddiah 2 miliar, umroh, emas, avanza kalau dari sisi produknya sendiri udah gak kompetitif lagi.

  13. @lering: bener sih masBro.. sy sependapat. tp kok kesannya ngomongnya sambil marah2 ya??.. :mrgreen:
    ngeri!!… ngebayangin Indonesia makin banjir kendaraan.

  14. Apalagi klo siang2 jalanan padat udara panas didepan ada bnyk grombolan motor yg rame-rame nyalakan lampu seperti tdk sabar pengen nyerobot jalanan dr arah berlawanan, stres rasanya bro dijalanan zaman sekarang.

  15. dengan kondisi seperti ini, saya harap honda jgn jumawa dulu, krn kompetitor tdk akan tinggal diam. dan saya harap honda akan ttp membuat motor2 yg berkualitas, dan memanjakan konsumennya dengan layanan yg baik mulai dari penjualan servis dan spare partnya.

  16. ga selalu menjual produk baru selalu buat kemacetan & polusi..
    justru produk baru bisa membuat motor2 lawas yg konvensional (boros bensin & belum lulus uji emisi segera di buang ke laut).
    dan d ganti motor dengan standard baru yg pasti lebih ramah lingkungan brow..
    seharusnya yg bikin polusi itu yg dulu bikin bnyak produksi motor2 2tak yang kebul (kecuali macam Kawak Ninja).
    siapa yang sebelum tahun 2000 bermain di segmen 2 tak….:-)

  17. dengan dibrojolin produk Honda trus…
    yaa pasti dunk market share nya meningkat pesat..
    Honda the best dha…
    yang laen makin pasrah…ixixixixix

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here