iklan iwb
iklan iwb
Filter oli pada Pulsar series..(courtessy Pulsarpower)

Tidak banyak para penyemplak motor anyar peduli dengan part satu ini. Posisinya yang tersembunyi membuat mayoritas biker melupakannya. Begitu pula para mekanik yang seharusnya bisa menjadi penasehat konsumen. Babar blas…alias cuek bebek tidak pernah menyarankan guna dilakukan penggantian secara berkala. Padahal….gara-gara masalah sepele, bisa besar efeknya…..

Dewasa ini mayoritas pabrikan membekali produk mereka dengan filter oli yang ditempatkan sedemikian rupa supaya gram atau bekas butiran logam mikro bisa terjaring tanpa sempat menuju kesilinder serta semua komponen penopang utama gerak mesin. Contohnya Pulsar, Byson, Ninja250, Shogun dll. Pada umumnya bahan berasal dari kertas khusus sehingga mudah diganti dengan harga yang sangat murah (berkisar 7ribu hingga 30ribu). Sayangnya…bahan tersebut bisa berdampak negatif jika kita tidak pernah memperdulikannya. Sebab  seiring usia pakai, kertas sebagai bahan utama bisa hancur dan terbawa jalur sirkulasi. Wis…bisa  sampeyan bayangkan kalau itu terjadi. Oli dipastikan akan mampat tidak mengalir sempurna….

Filter oli dijual antara 7ribu-35ribu

Sebagai contoh sederhana bisa diilustrasikan layaknya parit. Jalur oli sangat kecil. Dengan adanya sampah dari kertas filter….oli sampeyan akan tersumbat dan ujung-ujungnya cairan pelicin tersebut tidak akan mampu mengguyur dikomponen yang diinginkan. Macet serta baret bakal mengintai blok silinder tunggangan. Kalau sudah begitu….siap-siap merogoh doku lebih akibat turun mesin. Belah mesin wajib dilakukan untuk membuang sampah dijalur sirkulasi oli. Terus kapan idealnya kita mengganti filter oli??….

iklan iwb
iklan iwb

Setelah dua kali ganti oli mesin atau sekitar 5000km. Itu adalah titik teraman yang bisa dijadikan panduan. Tapi jika merasa terlalu cepat…monggo ganti maksimal 10ribu km. Itu maksimal lho ya…jangan sampai tidak. Jika diatas itu belum ganti juga,…yo wis siap-siap wiritan agar tidak terjadi apa-apa :mrgreen: . Last…lebih baik mencegah  dari pada menyesal dikemudian hari. Ya nggak bro. Semoga berguna….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

39 COMMENTS

  1. juk dadi kelingan vixi q baru ganti satu kali padahal dah nyampai 52000an km , hihihiiiiii thanks broo diingetin 🙂

  2. @mas mul? kpan sampaian tumbas pertamaxna?……………………….
    sampai silite mbahmu gosong ra bakal ke tuku…..xixixixixixixi pisss mas ;-p

  3. @ Gydor
    Disinyalir ada mzbro. Coba tanya mekanik posisi tepatnya
    @ Absolutely
    Setahu saya semua motor anyar ada. Coba sampeyan tanya mekanik aja
    @ Dicky
    Ada bro. Disisi sebelah kanan…
    @ Kurnia
    Kalau megy lawas sepertinya memang tidak ada. Filternya dari kasa

  4. yang pertma ada di kawak KAZE, sejak 1996 udah ada, kalo produk AHM baru akhir2 ini ada, tp gak pd semua produk….

  5. mx ku juga pake filter scorpio z mas walaupun lbh mahal dr filter standart mx … lebih awet karena dari nylon & sirkulasi olinya lebih lancar drpd yg bahannya kertas jd mesin terlumasi lbh sempurna & tetep adem 😀

    motorplus.otomotifnet.com/read/2010/01/10/8365/207/27/Filter-Oli-Scorpio-Z-Bisa-Tukar-Pakai-Ke-Jupiter-MX

  6. saya pernah nanya ke mekanik AHASS, HSX 125 Saya perlu ganti filter oli atau tidak soalnya sudah lewat 5000 km. kata sang mekanik, ga perlu ganti filter oli.. waduh!! kok beda dengan di manual?? saya sendiri juga binun, HSX 125 ada filter oli atau tidak.. kalo ada, letaknya di mana..? saya cari2, gak ada tongolan di crankcase seperti motor lawas saya, kawak kaze..

  7. kalo jupiz tipe lama kyknya ga ada filter olinya deh, adanya saringan oli, adanya didlm bak kopling cmiiw 😀

  8. waaaah…untung baca blog mas iwan,laah pzoo ku 3 tahun 3bln gak pernah ganti,…mekanik gebleeeek gak ngingetin sama skali,baru cek manual book ternyata disarankan bersihkan?? filter oli setiap 10rb km, ada juga saringan bensin??wah next servis ah…bawa manual book 🙁
    btw itu bneran gambar filter oli pulsar mas bro?

  9. wah…gawat ya kalau sampai ga diganti…New Scorpio Z ada kan ya mas IWB?
    karisnsz.wordpress.com/2011/07/10/karakter-karbu-vakum-di-scorpio/

  10. iyo bener banget,aku pke motor klx bru sembilan bulan cma GARA-GARA itu tadi yang harganya gk nyampe lima puluh ribu diremehkn akibatnya bongkar mesin dan ganti alat-alat lebih dari SATU JUTA……wwwaaaaaaaawwwwwwww kapok deh….

  11. Suzuki smash saya udah 8 tahun ngga ganti filter oli.. kagak apa2 tuch! Pas kemaren ganti filter juga.. diliat kondisi filter oli lama masih utuh tuh.. ngga ada yang robek atau bolong.. 🙂

  12. Beat fi sy sdh 3 thn lbh blm ganti filter oli krn trlupakn,,hehe..n segera sy akn gnti filter oli….
    trims info‘nya

  13. Selamat pagi mas iwan banaran

    , mo nanya klo ganti oli yamaha vega zr sekaligus filter olinya , apakah nanti diisi laginya masih 800cc atau 1 liter ?

    Trim’s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here