iklan iwb
iklan iwb
Filter oli pada Pulsar series..(courtessy Pulsarpower)

Tidak banyak para penyemplak motor anyar peduli dengan part satu ini. Posisinya yang tersembunyi membuat mayoritas biker melupakannya. Begitu pula para mekanik yang seharusnya bisa menjadi penasehat konsumen. Babar blas…alias cuek bebek tidak pernah menyarankan guna dilakukan penggantian secara berkala. Padahal….gara-gara masalah sepele, bisa besar efeknya…..

Dewasa ini mayoritas pabrikan membekali produk mereka dengan filter oli yang ditempatkan sedemikian rupa supaya gram atau bekas butiran logam mikro bisa terjaring tanpa sempat menuju kesilinder serta semua komponen penopang utama gerak mesin. Contohnya Pulsar, Byson, Ninja250, Shogun dll. Pada umumnya bahan berasal dari kertas khusus sehingga mudah diganti dengan harga yang sangat murah (berkisar 7ribu hingga 30ribu). Sayangnya…bahan tersebut bisa berdampak negatif jika kita tidak pernah memperdulikannya. Sebab  seiring usia pakai, kertas sebagai bahan utama bisa hancur dan terbawa jalur sirkulasi. Wis…bisa  sampeyan bayangkan kalau itu terjadi. Oli dipastikan akan mampat tidak mengalir sempurna….

Filter oli dijual antara 7ribu-35ribu

Sebagai contoh sederhana bisa diilustrasikan layaknya parit. Jalur oli sangat kecil. Dengan adanya sampah dari kertas filter….oli sampeyan akan tersumbat dan ujung-ujungnya cairan pelicin tersebut tidak akan mampu mengguyur dikomponen yang diinginkan. Macet serta baret bakal mengintai blok silinder tunggangan. Kalau sudah begitu….siap-siap merogoh doku lebih akibat turun mesin. Belah mesin wajib dilakukan untuk membuang sampah dijalur sirkulasi oli. Terus kapan idealnya kita mengganti filter oli??….

iklan iwb

Setelah dua kali ganti oli mesin atau sekitar 5000km. Itu adalah titik teraman yang bisa dijadikan panduan. Tapi jika merasa terlalu cepat…monggo ganti maksimal 10ribu km. Itu maksimal lho ya…jangan sampai tidak. Jika diatas itu belum ganti juga,…yo wis siap-siap wiritan agar tidak terjadi apa-apa :mrgreen: . Last…lebih baik mencegah  dari pada menyesal dikemudian hari. Ya nggak bro. Semoga berguna….(iwb)

iklan iwb
Previous articleHonda CBR250r salah desain???…
Next articleKawasaki Athlete ternyata alergi CDI after market!!….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!