iklan iwb

Mugello adalah pembuktian nyata bagaimana susahnya motor Desmo bagi The Doctor. Walau sudah memakai sasis baru, performa Rossi masih jauh dibandingkan ketika doi nyemplak motor Jepang. Apa saja sih kendalanya??…

Setting Ducati lebih jlimet dibanding kuda besi Jepang. Untuk satu tujuan, bisa diibaratkan sang Desmo butuh 3 items yang diadjust sedang motor racikan Jepang cukup 1 item. Ini yang masih dipelajari oleh para kru dibelakangnya yang memang background rata-rata tidak pernah punya pengalaman utak-atik motor Italia. Menurut penuturan doi ketika diinterview GPone, balap Mugello sudah cukup menggambarkan betapa beratnya kondisi tim Desmo untuk merangsek maju menghadapi Honda dan Yamaha…

Apakah tidak memungkinkan finish lebih baik hari ini (diMugello)?

iklan iwb

Aku mendapatkan masalah pada kopling menjadikan start kurang sempurna plus beberapa kendala ketika race, yakni gear sering nyantol dan netral. Dengan start lebih baik mungkin aku bisa bersama Spies dan Simoncelli untuk beberapa lap, tapi tidak keseluruhan race. Sekarang…saat inilah posisi terbaik kami.”

Apakah kau menyangka bakal sangat kesulitan ditrek ini seperti yang terjadi sekarang??

“Jujur, tidak! Kita mengira akan membuat langkah besar dengan GP11.1, tapi kita sangat optimis. Dibanding Assen, bagaimanapun jarak dengan pembalap depan sedikit terkurangi. Fastest lap yang aku torehkan hanya 0,8detik dari pembalap terbaik dirace.”

Perubahan macam apa yang kau lakukan pada motor?

” Masalah utama adalah grip depan, yang mana part yang digunakan pada GP11.1 masih share dengan GP11. Aku kurang percaya diri ketika mengerem dan masuk tikungan, serta kita sangat lambat lewat trek yang sempit/ketat. Tapi kita telah mengerti bahwa motor anyar bisa menerima seting ekstrim tanpa mengganggu grip ban belakang.”

Apakah dengan nyemplak motor bersasis 2012 akan memberimu informasi penting yang bisa digunakan untuk tahun depan??

” Kita tahu motor ini tidak akan cukup untuk berkompetisi tahun depan. Dalam test yang aku lakukan, dengan 1000cc GP12…torehan waktuku sedikit lebih lambat dengan pembalap depan hari ini (800cc). Para engineering Ducati sudah mengumpulkan data dan mereka akan bekerja untuk berusaha memecahkan masalah kedua motor kami….entah 800c ataupun yang 1000cc..” tutup Rossi.

Jelas pengakuan The Doctor menghenyakkan kita para pemerhati Motogp bahwa level Desmo ternyata begitu jauh dibanding motor Jepang. Gimana nggak….walau dengan Ducati 1000cc? torehan waktu masih dikadalin Yamaha M1 800cc? serta Honda RCV212v 800cc. Byuh-byuh…(sambil mlongo kamitenggengen 😥 ). Yo wis…moga-moga kombinasi keduanya akan membaik kedepan. Kita tunggu saja…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!