iklan iwb

Dunia ini ada masanya. Ketika dulu menjadi idola seiring berjalannya waktu karena usia sekarang ditinggalkan. Wajah makin keriput, tanpa tenaga, tulang pegal linu, reflek turun drastis, begitu pula ingatan. Itu kalau kita bicara tentang manusia. Gimana kalau nasib sang kuda besi??….

Era 1980, Honda ternyata sudah mempelopori motor warna putih..

Lebih kurang sami mawon mzbro. Sebagai contoh Honda GL 100 kesayangan bokap. IWB masih ingat ketika masih kecil dulu diajak ngalor ngidul melintasi lengangnya jalanan beraspal nyemplak motor engine 100cc ini serasa gagah. Tapi itu dulu…. 25 tahun yang lalu. Kini sang jagoan sudah renta tanpa tenaga. Mesin bocor, karat mendera seluruh tubuh, serta bensinpun seperti enggan ditampung dalam tangkinya yang keropos. Salutnya hingga detik ini motor keluaran pabrikan sayap mengepak tahun 1980 tersebut sekali starter langsung menyala. Dan ada satu lagi yang bikin bengong, yakni kekuatan part dalam jeroan mesin…

Tercatat dari tahun 1980 penggantian seher dan rantai keteng hanya 2 kali. Edannya…ketika IWB ngetik artikel, berdasarkan penuturan bokap GL1oo warna putih kesayangan belum pernah sekalipun ganti kampas kopling. 30 tahun tanpa ganti kampas kopling….edan nggak tuh 😯 . Kendati mesin sudah tidak fit akibat olinya yang? bocor….mesin masih prima dengan indikasi lari ngacir hingga sekitar 80 km/jam (estimasi). Padahal gas belum mentok, tapi rasa takut sudah mendera akibat remnya yang kurang pakem. Yah….nggak kaget sih sebab racikan mesin era 80an masih bisa dibilang kwalitas paten dari Jepang dan terbukti memang lebih awet….

iklan iwb

Terakhir menurut bokap IWB apapun yang terjadi motor legendaris ini tidak akan pernah dijual. Biarlah tubuhnya teronggok digudang akibat posisi sudah dilengserkan oleh motor Honda generasi anyar lainnya namun? nilai klasik serta kenangan yang? terukir tidak akan pernah tergantikan….(iwb)

Lengan ayun model pipa bulat....lumayan stabil lho
Rem cakram masih sistem kabel...
Kaliper merk Honda...
Engine crank case masih tertulis Made in Japan...
Seal mesin sudah aus....

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!