iklan iwb
Stoner diatas Ducati Desmosedici....

Brother sekalian….ketika para rider lain kesulitan dengan handling Desmo, tidak dengan Casey Stoner. Tercatat Marco Melandri, Loris Capirossi, Nicky Hayden bahkan The Doctor kedodoran menghadapi karakter Ducati. Mayoritas penonton dan pemerhati Motogp keheranan dengan fakta yang ada. Berbagai pertanyaan muncul….koq Stoner bisa sedang yang lain tidak??…

Posisi ban belakang Rossi cenderung inline sedang Stoner sliding menekuk keluar...

Biang kerok akhirnya terkuak. Berdasarkan analisa yang disebutkan The Doctor, Desmosedici merupakan kuda besi yang susah dibelokkan alias understeer. Karena itulah kenapa banyak pembalap kawakan yang sudah terbiasa nyemplak motor Jepang bakal kesulitan menjinakkannya. Lha terus kenapa Stoner bisa??…Disinyalir karena sesuai dengan riding style sipembalap Aussie. Dijepret oleh salah satu fotografer Scott Jones, Stoner selalu membelokkan motor dengan cara sliding secara dramatis. Aksi tersebut dilakukan setiap kali masuk dan keluar tikungan. Hal inilah yang membantu motor menikung lebih baik. Dan diprediksi pula, lewat gaya membalapnya, Stoner mampu menutupi kelemahan Ducati. Coba dibandingkan dengan Rossi, The Doctor cenderung sejajar…rapi tanpa menekuk ban belakang. Tapi gayanya menjadi buah simalakama ketika mengendalikan Ducati. Apakah ini hal baru??….

Gaya Rossi sering sliding ketika nyemplak RCV211v (990cc)

Sebenarnya tidak. Rossi sudah melakukannya diera 990cc…ketika doi nyemplak RCV211v serta M1 990cc. Terus kenapa sekarang tidak?? sebab menurut The Doctor, motor 800cc tidak cukup power. Apalagi kini banyak perangkat elektronik yang mengintervensi gerak roda jika terjadi slip atau sliding. Tapi uniknya Stoner bisa melakukannya sebab disinyalir habit tersebut sudah mendarah daging sebagai riding style sikanguru. Dan dilalah…gayanya tersebut juga cocok dengan RCV212v. Gimana dengan dengan era 1000cc nanti?? pasti makin banyak yang bersliding ria mzbro……(iwb)

iklan iwb
Rossi sliding dengan M1 990cc....

45 COMMENTS

  1. masuk 10 besar….

    sliding terus…
    biasain anak kita main gobak sodor. sapa tau gy slidingnya bs dipake di sirkuit… OOT lagi…

  2. berarti power rc212v seimbang sama yg 990 cc dung.. (wong bisa buat ngesot2 gitu..hihihihi)

  3. wah…gaya dan kebiasaan ternyata punya pengaruh besarrrrrrrrr…….

    nitip

    :maskurblog.wordpress.com/2011/06/09/test-ride-yamaha-lexam/

  4. wuaahh….analisa keren. ternyata dunia balap bukan melulu tentang tarik gas dan tekan rem saja (perlu dibaca nih ma pembalap2 liar jalanan). Ada ilmunya ternyata lho…
    karisnsz.wordpress.com/2011/06/09/mio-cw-dominasi-sang-ratu-skutik/

  5. Kalo di Game, namanya “Power Slide” Caranya, Sebelum masuk tikungan rem belakang, trus rebah sedikit, n Hentak Gas dua kali… Hahaha… Kalo di game mah mudah, tapi ngeri kalo pas race, salah dikit langsung crash..

    Bener banget, stoner jago slide, keliatan dari race kemaren, kecepatan motor Lorenzo sebenernya mumpuni, terlihat dari Topspeed M1 nya, sayang sliding Stoner lebih Hebat..

  6. Pertanyaan saya cuma 1..
    Apa kalo terus menerus sliding gitu ban ngga cepet abis ya…??

  7. Wajar, Stoner kan tetangganya gary McCoy si raja sliding waktu era YZR500, pantesan aja dia jago…..

  8. Jago Nge-Drift : C. Stoner
    Jago Nge_Drag : D. Pedrosa
    Jago Ngembangin Motor : V. Rossi
    Jago Nyenggol : M.Simonceli
    Jago Nikung Rebah : T.Elias
    Jago Jatuh : R.DePuniet

  9. 16. Phenom – Juni 9, 2011

    Pertanyaan saya cuma 1..
    Apa kalo terus menerus sliding gitu ban ngga cepet abis ya???
    =============================================
    kalo sampean memperhatikan jenis kompon ban belakang yg dipake Stoner pas race mesti HARD.

  10. 20. numpanglewat – Juni 9, 2011

    Jago Nge-Drift : C. Stoner
    Jago Nge_Drag : D. Pedrosa
    Jago Ngembangin Motor : V. Rossi
    Jago Nyenggol : M.Simonceli
    Jago Nikung Rebah : T.Elias
    Jago Jatuh : R.DePuniet
    ===================================
    tak tambahi….
    Jago Ndolek Bojo : C. Stoner

  11. kliatannya aga beda deh dengan slidingnya Rossi, kl rossi mang power sliding akibat besarnya power gp 1000cc kl itu, paling mantep kl liat power slidingnya melandri. nah di gp 800cc mang yg bisa/biasa rear wheel sliding cm stoner.

  12. Sebenarnya gaya sliding lebih lambat drpd racing line. Jadi kalau motor seimbang, masih ada celah bagi pembalap lain utk mengalahkan Stoner, yaitu dgn racing line yg sangat konsisten, spt pembalap f1.

  13. Bukannya di motor stoner pas awal awal musim dia minta setting pengurangan perangkat kontrol traksi di motornya…makannya dia masih mantef slidingnya…

  14. Wow kereeen langsung nyoba praktikan kejalan bak pembalap MotoGP ah. janganditiru.com hehehe 😆

  15. lagipula ducati pake mesin big bang yang ngga segarang screamer yang dipake diera stoner mungkin itu juga penyebabnya bro coz dilintasan lurus keliatan ducati kalah power dengan honda dan yamaha klo dulu dengan gampang stoner nyalip rossi dilintasan lurus.

  16. MX lawas saya juga sering agak sliding ban belakangnya kalo nikung, ada sensasinya sih tp ngeri bro..

  17. kykny rear wheel steering..
    kl rossi mah di 800cc lebih rapi halus,. sama kek pedrosa.. jd lebih hemat ban.. n sliding gk lebih cepet kok..
    n perlu diinget jg dulu stoner juara dunia krn ban bridgestone lebih kompetitif dibanding michelin,. dan juga power GP7 yg bnr2 gila.. tikungan disalip rossi,. trek lurus rossi dibantai..

Comments are closed.