iklan iwb
iklan iwb

Brother sekalian…setelah lama tidak bersua, adik ipar kemarin datang kerumah. Doi yang biasanya nyemplak Pulsar 200, nongol kerumah nunggang Hayate. Yup simatic baru dari Suzuki. Aji mumpung untuk test ride, barang baru tidak boleh dilewatkan. Iyo ora 😆 . Berikut hasil test yang IWB rasakan….

Pertama soal bobot. Bagi brother yang biasa nyemplak matic lain khususnya produk Yamaha dijamin bakal merasakan matic besutan Suzuki ini memang berat. Maklum dry weight mencapai 113kg.Untuk menggeser ataupun memundurkan butuh tenaga ekstra. Jadi kalau menurut IWB, matic ini lebih condong cocok buat kaum adam. Kasihan bro kalau buat cewek, tangannya bisa keras ntar (lebay :mrgreen:). Setelah memakai helm, bokong ditaruh dijok dan elektrik starter dipencet. Hhhmm…lumayan alus. Generator starter menggunakan merk Mitsuba seperti mayoritas motorsport Honda. Oh ya…btw joknya lebar banget. Jadi buat pemilik pantat bohai dipastikan bisa diembat dengan mudah alias nyaman-nyaman aja. Gimana dengan getaran engine??…nyaris tidak terlalu terasa. Seperti lazimnya matic lain, Hayate kudu dibejek tuas rem supaya mesin menyala. Gas dipuntir perlahan dan….weh, bawahnya berat euy. Kurang nendang nih tarikan. Tapi karena masih dijalanan tanah berbatu, melaju pelan, rpm digantung hanya untuk merasakan respon suspensi. Dan ini dia kelebihan lain matic bongsor dari Suzuki. Redaman dalam menahan benturan jalan bergelombang smooth, halus dan tidak membikin perut kram…..

Setelah melibas jalanan berbatu akhirnya ganti rute ke jalan beton perkampungan. Yah lumayan untuk ekplorasi mesin walau tidak maksimal.  Disini nih yang membuat IWB terkesima. Kesan lemot dirpm bawah langsung hilang ketika engine 125cc ini menyalak. Wihh asli…tarikannya maknyozzz, Lari 70km/jam aja cepet banget. Gini toh rasanya matic kubikasi besar. Klaim Suzuki torsi 9,[email protected] bukan omong kosong. Secara standart, IWB yakin Hayate rajanya. Mungkin hanya skydrive yang bisa mengungguli tarikannya. Menurut Rayi (owner), Hayate sangat nyaman dipakai melaju konstan dikecepatan 80km/jam. Halus dan minim vibrasi.  Apalagi handling sigambot cukup mendukung melayani keampuhan mesin. Sayang top speed belum pernah dicoba soale rute tidak memungkinkan. Untuk pengereman kendati dibekali disk brake Nissin satu piston (front) dan tromol dibelakang, tapi respon lumayan pakem. Badan gambot dengan gampang dikendalikan olehnya. Terus gimana dengan fitur lain??…

iklan iwb

Bagasi 17,7liter plus tanki bensin 5liter…terbesar dikelasnya. Hanya Honda Spacy yang bisa mengungguli dengan bagasi 18liter dan tanki identik…5liter. ketika IWB coba masukin helm half face….masuk dengan gampang. Begitu pula testing masukin helm full face merk Index,  nyaris ditelan dengan sempurna. Sayang ketika mencoba lain merk yang agak melebar yakni INK CBR600 tidak bisa masuk. Ini berarti tidak semua tipe full face bisa disimpan dibagasi. Oh iya…khusus Hayate penempatan helm kudu miring, bukan berdiri. Hal ini sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Suzuki. Kemudian…Hayate sudah dibekali SKS plus kemampuan membuka jok tanpa mencabut kunci. Last…dengan harga 14,3juta OTR Jakarta, Hayate memang worth to buy. Mesin kencang lewat ccnya yang besar, stabil dan kaya fitur. Ada pertanyaan mzbro?? monggo tinggalkan jejak dikolom komentar dan akan IWB jawab sebisanya. Maturnuwun…..(iwb)


Karbu vacum Mikuni BS 26
iklan iwb
Previous articleKomentar Rossi akan motor Honda RCV212 pasca Le Mans…
Next articleKenapa sih selalu Honda dan Yamaha…??
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!