iklan iwb
iklan iwb

Didunia ini selalu ada proses. Begitu juga sebuah pabrikan besar macam Ducati…tentu ada masa permulaan. Dan tahukah bahwa Ducati Cucciolo merupaka cikal bakal siDesmo yang disegani seantero Italia saat ini?? seperti apa Cucciolo?? yuk kita intip….

Kisah ini bermula ditahun 1944……telah lahir Ducati Cucciolo, sebuah sepeda yang dicangkokin mesin oleh Aldo Farinelli seorang pengacara diTurin Italia dibantu engineering pribadi, ALdo. Untuk memuluskan hasrat, mereka bekerja sama dengan firma kecil diTurin bernama Siata. Pertama kali muncul dijalanan Turin Italia pada musim gugur. Kenapa dinamakan Cucciolo (anjing kecil) sebab suara kenalpotnya menyalak layaknya binatang tersebut.  Berat sepeda beserta mesin sekitar 17 pounds atau 7,7kg, dengan konsumsi bensin sangat irit yakni 77km per liter, Cucciola akhirnya dijual secara terbuka untuk khalayak umum bulan Juli 1944. Banyak dari para bisnisman disana tertarik dan membeli mesin secara berantai yang kemudian disematkan kesepeda mereka. Itulah pertama kalinya desain baru dalam bidang otomotif muncul didaratan Eropa pada masa perang dunia kedua…..

Banyaknya permintaan tidak dibarengi kekuatan produksi membuat Siata kudu putar otak. Keterbatasan dana memaksa Siata bertemu sebuah pabrik manufacturing diBorgo, dekat Bologna. Dikenal dengan nama Ducati. Ducati kala itu adalah sebuah pabrik elektronik dan peralatan ketika pecah perang dunia diItalia. Kebetulan mereka sedang mencari fasilitas dan karyawan, sehingga perjanjian akhirnya terjadi diantara mereka (Siata dan Ducati). Produksi hanya 15 unit pada tahun 1946, membengkak hingga 25,000unit ditahun berikutnya ketika Ducati telah mendapatkan perjanjian eksklusif untuk berproduksi. Tercatat ditahun 1952, Cucciolos sudah terjual sekitar 200,000 unit. Waktu terus berjalan. Ducati secara berkesinambungan membenahi sepeda mesin mereka sampai Cucciolo berubah wujud sedikit demi sedikit menjadi sepeda motor sesungguhnya. Dulunya hanya model 48, 55E, 55R…berganti menjadi sasis press baja yang sangat kuat. Mesinpun ditingkatkan dari 48cc  hingga 65cc lewat varian 65sport/T/TL danTS….

iklan iwb
iklan iwb

Generasi mesin Cucciola akhirnya secara bertahap diganti dengan model “98”. Berdasarkan analisa dan survei model “65” sudah kurang memenuhi keinginan mayoritas konsumen ditahun 1956 dimana membutuhkan motor yang lebih bertenaga. Mas produksi dibarengi development dunia racing. Sejarah mencatat pada tahun itu pula Ducati mampu menciptakan motor racing DOHC 125cc power 19hp lewat teknologi Desmodromic silinder head sehingga mesin mampu teriak tembus 15ribu rpm. Sedangkan waktu  itu kompetitor lain dengan diplacement yang sama average output power hanya sekitar 16hp maksimum putaran 12,500rpm. Alhasil pada GP Hedemora Swedia (1956), Ducati menyalip semua lawan dengan mudah. Itulah kemenangan pertama kali Ducati. Sayang Giani Degli Antoni, pembalap andalan tim Bologna tewas ketika melakukan test di GP Monza mengakibatkan proyek pengembangan Ducati racing tersendat hingga MV Agusta mendominasi dunia balap sampai tahun 1958….

Kini Ducati telah menjelma menjadi pabrikan tersukses Italia. Sebagai manufacturing 2wheels dibawah FIAT bersama Ferrari, Ducati memang patut disegani. Walau sekarang hasil masih belum menggembirakan didunia Motogp, namun semua berkeyakinan bahwa masa itu pasti akan datang. Sayang kompetitor pabrikan Jepang khususnya Honda dan Yamaha  adalah lawan tangguh yang butuh kerja keras untuk menaklukkannya……….(iwb)



Sumber : Wiki dan Ducati

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

12 COMMENTS

  1. @ Nunoe
    Walah 😯 …kalau pakai google translate kalimatnya acak kadul kobalik balik mzbro. Malah bikin pusing. Alhamdlilah sih bisa translate sendiri. Dengan mengumpulkan data dari dua sumber yng saya sebutkan diatas

  2. Jaman kuno dah nyiptain
    montor racing kayak gitu.
    19 hp.
    Bener2 kentiir tur
    Uwedaaan tenan.
    Tak bisa diungkapkan dgn kata2.
    Sambil geLeng2 kepala
    diriku membaca artikel ini.
    Ducati meLegenda tenan.
    kata orang jawa bilang:
    Joss Gandoss REwoo – REwoo
    alias mantaabs…..!!!
    Artikel yg bagus…..!!
    Dan tentunya,
    Bakal membelalakan
    mata orang2
    Yg sampai sekarang
    masih percaya ama
    Produk jepang.
    Terbukti sudah,,,
    Buatan Eropa lebih makYuuus…..!!!
    Dan semakYuuus harganya
    Tentunya…..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here