iklan iwb
iklan iwb
Kalau kayak gini mah ngaruh kali yak...

Kenapa IWB buat artikel ini?? sebab banyak pertanyaan yang mampir kewarung menanyakan halal tidaknya jika itu dilakukan. Tujuan jelas untuk saving cost biar tidak terlalu banyak biaya ketika memodif tunggangan….

Era sekarang lekat dengan ban gambot. Sadar atau tidak pabrikan sudah menempatkan ban bukan hanya sekedar fungsi belaka namun juga kearah estetika. Coba mzbro lirik motorsport- motorsport keluaran anyar….hampir semua sudah meninggalkan ban berukuran kurus. Tercatat Honda CBR250r, Yamaha Byson, Ninja 250r dan Bajaj Pulsar series adalah kuda besi yang identik dengan ban besar. Tapi uniknya apa yang diberikan pabrikan tidak serta merta membikin puas para biker yang doyan modif. Ban belakang 120/70-17…..diperbesar hingga 160/60-17. Kemudian 100/80-17..diganti dengan ban 120/70-17 serta masih banyak ulah lain dengan tujuan membikin gagah tunggangan. Nah…pertanyaannya, boleh nggak sih jika ban belakang dipindah kedepan biar tidak usah beli baru?? Kan lumayan bisa ngirit pengeluaran…..

Nih yang membedakan ban depan dengan belakang....

Jawabannya sangat tidak disarankan!!. Lho kenapa??….sebab desain tread front dan rear tire  berbeda. Coba sampeyan intip kembang ban depan. Disitu akan terlihat alur lurus pada bagian tengah melingkar memutari ban. Fungsinya apa…?? sebagai hydroplaning ketika kondisi trek basah. Maksude..?? yup…alur tersebut berfungsi menyibak air ketika kita melaju dijalanan hujan atau basah. Tanpa hydroplaning cengkraman ban bakal berkurang drastis sebab unsur air tidak mampu dilibas sempurna oleh tapak ban. Lha terus kenapa ban belakang tidak dikasih alur tengah?. Lewat berbagai penelitian ternyata kinerja rear tire tidak terganggu karena tugas menyingkirkan genangan air sudah dilakukan oleh ban depan. Bisa diilustrasikan perahu yang membelah air laut…..moncong depanlah yang menyibak gelombang sedang bokong nyaris aman tanpa tersentuh ombak….

iklan iwb
iklan iwb
Ban belakang......

Apakah ini artinya jika kondisi kering tidak masalah?? yup…begitulah kira-kira. Namun tidak menentunya cuaca tentu akan membuat kita was-was. Kecuali satu…kalau sedang hujan monggo nyetir motor alon-alon dibawah 40km/jam. Bisa jadi semua teori diatas tidak berlaku. Namun siapa sih yang sudi nunggang motor tersiksa. Lek aku sih emoh…mboh lek sampeyan 😆 . Btw…semoga berguna (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

44 COMMENTS

  1. Nice info bro….

    Suwe ra koment2… hehe

    Mau tanya kira2 untuk mengubah gambot ban belkang vixy tanpa ngerubah Pelek racingnya sarannya cari ukuran yg berapa ya bro??? 🙂

  2. @Shu_enk : kl gak mau ganti Vlegnya, tinggal ganti ban FDR sport XR aja dpn ukuran 90 dan belakang ganti ukuran 100 aja. pasti melekat selalu dg jalan d. g jg pake vixi, slm kenal.

  3. @ Mber
    Semoga bisa membantu mzbro
    @ Rahmat
    Weh..anyar maneh iki 😆 . Dari segi alur sih nggak masalah mzbro. Tapi dari ukuran yg nggak klop. Otomatis ban belakang standart pabrikan jadi lebih kecil. Handling lak yo makin tidak stabil. Lawong menciut dari rekomendasi pabrikan. Kembali lagi jawabannya tidak disarankan hehehe :mrgreen:
    @ Shu_enk
    Halo mzbro. Piye kabare??…Iya nih sampeyan seperti ilang dari peredaran 😆 .
    * Pertanyaan dah dibantu bro kid
    @ Kid
    Sip…tq share infonya mzbro

  4. @ Arsixty
    Manuver enak mzbro. Lincah banget jadinya. Tapi kestabilan diatas 90km/jam jadi ngedrop. Stang gerak dikit ikut goyang….
    @ Hourex150l
    Betul-betul-betul 😆 (upin ipin Mode:on). Ninja150 depan ring 17″ belakang 18″ . Lek dipekso ban ucul soko pelek yak wkwkwkwk….

  5. dulu waktu masih mega pro lom ngerti dan sempet pengen ngelakuin mindah ban belakang ke depan, alasannya? saving cost.. tapi begitu dikasih tau jadi ogah..

    mas, minta komentarnya ya tentang balapan liar, di sini: vanz21fashion.wordpress.com/2011/05/13/balap-liar-lu-pikir-lu-gaya/

  6. ban dpn mtr owe juga pake ban blkg tp ada alur tengahnya lho 😆 no problem kok, cuma bannya kotak jadi kurang enak klo nikung 😳

  7. @ Hourex
    Monggo mzbro…
    @ Willy
    Memang kalau ban belakang ada alur nggak masalah mzbro….
    @ Takumi
    Wis pokoke emang enak nurut pabrikan aja….

  8. Wah klw ane mah kbalikannya mas bro,ban muka ane taruh blkng ban blkng ane lengserkn,yah ngikutin selera anak muda jaman skrng lah,jdnya ban ane rada cungkring…. 😀

  9. berarti kuncinya di ada tidaknya alur air ini ya masbro….soalnya ban belakang udah pindah ke depan, ya karena ta’lihat ada alur airnya. Sip tambah yakin deh kalo gini

    nice info lah

  10. kalo saya sih bukan mindah ban bekas belakang ke depan tapi pake ban yang tipenya sama depan belakang yaitu fdr sport xr… depan pake 90/80, belakang 100/80, depan belakang gak ada alur tengahnya. tapi buat jalan pas hujan gak ada masalah, bahkan lebih pede ketimbang pake ban standar.. ngebut pas hujan juga gak masalah..

  11. Ane pernah nunggangin Megapro 2004, dari Lampung-Bekasi. Ban ditukar.
    kepepet masBro, bkn saving cost. tp stang lg masalah, kalo dipasang ban standar, stang lari.
    supaya stang anteb, ban di tuker.

    cuma kalo nikung krasa berat. jln lurus sih Anteng.

    manteb ulasannya.

  12. kalo setau ane motor supra125 dan ax125 motif ban depan & belakang sama… cuma ukuranya yg beda. kayanya ga masalah kalo ban belakang dipindah ke depan.

  13. @ kid781
    thanks infonya harganya berapaan tuh, sapa tau ada kesempatan untuk meminang juga, hehe…

    @ Mazbro IWB
    alhamdulillah baik, moga panjenengan juga sama, lg agak sok sibuk dgn dunia nyata nih, jd jrng mantengin blog…

  14. sedikit sharing pengalaman
    saya pernah memasang roda depan dengan ban belakang bekas berumur 1 tahun dengan alur tengah

    hasilnya ban depan terlampau licin, pada saat kondisi hujan kecepatan dibawah 40kpj saya pernah terjatuh, bahkan pada kondisi kering dengan aspal sedikit pasir saya pun terpeleset.
    dan setelah dianalisis saya mendapatkan point kekurangan ban setelah dipakai di roda belakang

    ban belakang yang telah dipakai memiliki tapak tengah cenderung lebih keras dan mengotak dibanding ban depan. itu mungkin dikarenakan ban belakang menopang lebih berat dari ban depan dan menempel lebih sempurna pada aspal. hasilnya alur tengah cenderung lebih cepat mengeras dan licin apalagi setelah diaplikasikan diroda depan.

  15. Kalo ban depan nmax kan ga ada alur airnya di tengah. Dan motifnya juga sama dengan ban belakang. Apa boleh ban belakang nmax ditaruh di depan?

  16. Vang, saya pake ban depan ukuran 80/80 – 17 dgn rotasi reverse dn ban belakang ukuran 80/90 – 17 dgn rotasi simetris. Nh klo kasusny gt, gimn vang? Apa gpp atau harus saya ganti lg ban depanny jd simetris rotasiny vang? Terima kasih

  17. Untung saya baca artikel ini dulu. Kalau gak baca udah saya pindahin kemaren😂😂😂. Sangat membantu. Cuman kalau mengubah ban depan dari 70/90 ke 90/90 apakah bisa memperlambat jarum spedometer menyentuh nilai top speed gan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here