iklan iwb
iklan iwb

Tahun 90an…penjualan Honda tidak pernah terjamah oleh ATPM lain. Walau masa itu mesin 4tak sempet didera issu tidak sedap, tapi ternyata tidak memadamkan hasrat konsumen buat memlikinya. Irit, ekonomis dan harga jual tinggi…..alasan itu masih menjadi pegangan mayoritas biker. Dan ternyata setelah puluhan tahun berlalu…..opini tersebut tidak pernah berubah

Disalah satu sudut ibukota IWB sedang leyeh-leyeh melepas penat sehabis berkendara dikemacetan lalu lintas ibukota. Dilalah terlihat kerumunan tukang ojek asyik bercanda dengan teman seprofesinya. Tidak butuh lama akhirnya kita berkenalan dan ngobrol ngalor-ngidul. Hingga topik mengarah ketunggangan yang mereka pakai. Sederhana yang IWB tanyakan..koq semua milih Honda kenapa pak?? dari ujung keujung merupakan merk sayap mengepak. Ada Kharisma, Supra hingga Kirana. Belum termasuk yang lagi muter mengantarkan konsumen ketempat tujuan. Jawabannya simpel ” Irit mas..sparepart gampang dan murah. Terus kalau kita mau jual lagi mudah. Cepet lakunya..”ujar seorang bapak 40tahunan yang mengenakan celana kolor bak pemain sepak bola. Hhhmm alasan klasik yang tidak pernah berubah. Sedemikian melekatnya merk Honda bagi wong cilik. Pantesan aja penjualan bebek sayap mengepak sulit disalip pabrikan garputala…

Honda Astrea Star 86 CUB (image Kaskus)

Uniknya…fenomena ini tidak IWB temui diDepok Jawa Barat. Para tukang ojek didaerah itu persentase antar merk termasuk imbang. Ada Yamaha, Suzuki dan Honda. Yamaha sendiri yang banyak adalah Vega-ZR sedang Honda masih Supra series dan terakhir Revo. Sedang Suzuki….Smash dan Shogun lawas.  Yang nihil adalah merk Kawasaki…nyaris mereka ogah ngendus bebek genk ijo. Bisa jadi karena harga suku cadang yang terkenal tinggi. Entahlah…tapi memang kita tidak bisa ingkari bahwa bukan perkara mudah mencongkel kekuasaan AHM yang sudah menancapkan kuku kekuasaan sejak 30tahun lamanya ditipe CUB khusus 4tak. Bandingkan dengan Yamaha atau Suzuki yang baru seumur jagung. Last apakah prestasi ini akan terus bisa dipertahankan oleh Honda??….biarlah waktu yang berbicara. (iwb)

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

40 COMMENTS

  1. IIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRRRRRIIIIIIIIIIIITTTTTTTTTTTTT !!!!!?????????????????????????? (klau skrg cma sugesti aja kayaknya)

  2. tukang ojek kalau pilih motor tetangga sebelah yg boros tapi lemot ya rugi donk…

    makanya pada pilih Honda yg terkenal irit, bandel tapi ngacir.

  3. @ mas rury
    Fakta membuktikan mzbro
    @ yahya
    Bisa jd mzbro. Tp herannya irit sdh kadung melekat dibenak konsumen. Keberhasilan Hondakah?

  4. @ hourex
    Bnr mzbro. Saya aja yg domisili Jkt ngrasain. Apalagi sampeyan yg dipelosok. Nasib mtr nggak pasaran hiks hiks. Tp untung terbyrkan dng kepuasan pakai..

  5. Kawasaki memang ekslusif..
    Hidup Kawasaki..!
    Yg mau ngojek,yg mau jualan sayur,yg mau permak levis..monggo pake Honda ….hi hi hi ……

  6. hebat tukang ojek pilih motor yg saparepartny gampang, honda, yamaha, suzuki…
    kawasaki bebek jadul mana mau di beli, mahal lg sparepartny, bisa habis duit ojekkan, hhahahha
    di motogp dah mampus…
    superbike mau pasrah, katanya motor kencang di kelasnya….preetttt…
    di indoprix kalah ma merek lain, ngandelin hadi wijaya aja…
    di penjualan di bawah 3 merek honda, yamaha, dan suzuki…
    hahahha…

  7. di sekitar rumah, liatnya bebek honda, kalo yamaha ya jupiter z, suzuki ya shogun dan smash lawas, trus kawasaki athlete….herannya kawak ZX130 kok gak pernah nemu sekitar rumah ya?

    kangmase.wordpress.com/2011/05/12/honda-dan-yamaha-masihkah-ada-beda/

  8. ada yg kebakaran jenggot….. hahahah…
    di keluarga ane komplit, ada honda, yamaha, kawasaki…
    tp yg jelas emang bener kawsaki motor exlusiiiiiiiiiiiif…..

  9. pastinya krn irit.. coz ojek tu identik ma ekonomi.. makin irit, makin besar setoran 😀

    irit honda cm sugesti? bukti pabrikan lain lebih hemat apa?

  10. asli honda raja irit ….
    ane juga udah membuktikan dan membandingkan, coz dikeluarga ane ada 3 merk motor coba ketiganya dengan jarak yang sama, hondalah yg paling irit… tapi lemot… hehehe…

  11. Kawasaki motor impian ane tapi sekarang lagi nunggu tvs yg sejuta pitur absoluterevo emang terbukti ampuh garut subang pp cuman habis 4liter jarak tempuh 248km bayangin jalan banyak tanjakan sama absoluterevo di limbas abis motor murah sejuta pitur :mrgreen:

  12. Motor irit ya honda motos exlusif ya kawasaki hati masih ngiler sama zx130 sama athlete cinta pertamaku tapi sayang di daerahku tidak ada delernya jadinya ambil revo

  13. Dulu honda terkenal iritnya, tapi lemot & yamah terkenal boros tapi ngacir, itu dulu.
    Nah kl sekarang honda masih irit sih, tp larinya ngacir(tuh liat babon bersayap, terbukti ngacir tapi irit), sedangkan yamaha sekarang jadi agak irit nih, tapi koq gak sengacir dulu pas boros..?!(tuh lihat ..;:,.::)

  14. Setahu gw sih honda tu emang irit dan bandel,,gak ribet,,wajar jd andalan hemat dan kejar setoran
    Ehm klo bebek kawasaki jujur aja,,nasi kalah jauh ama honda n yamaha :
    Body geter,,
    Sparepart mahal n susah
    Body gampang kusaam
    Rewel mesinny
    Ama bentuk aneh2 bukannya jd ekslusif malah keliatan kayak bebek cina

    Mengenai yamaha emang brand boros n kenceng tp skrg sih emg udah gak knceng,,gw demen ama jupi burhan n mx namun setelah munculnya new jupi z n vega zr malah jd mual2,,trus setelah new mx diadu ama cs1 yg 125cc trrnyata angkat tangan si mx yah brand kenceng mx dimata gw jd ilang,,

  15. seiring brjalan.a waktu, generasi pasti brganti dan persepsi pasti brubah. Tk slamax AHM d atas. Tak ada pesta yg tk pernah usai

  16. bangga pake kawasaki….. ngga ada yg make buat ngojek :-D. Ngga malu-maluin pakenya biar sekelas bebeknya sekalipun dan terbukti bukan mongtor sejuta umat.
    Pengen beda…. pake KAWASAKI

  17. biar mo dibilang motor tukang ojex keq, yg penting enak, nyaman dipake, ga rakus (makan sparepartnya & minum bbm nya) en yg paling penting ini motor warisan ortu beli dari baru kagak pake ngutang 😆

    ngapain beli barang keren, (mending baru kalo seken ) tapi ngutang?? rugii dech bayarin bunganya 😆

  18. untungnya masih jarang ojexers yg make supra x 125, maklum ini khan bebex kasta tertingginya ONTA..

    tapi resenya dari waktu ke waktu tukang ojek makin gaya.. bebec2 keren mulai dipake mulai dari supra 125 sampe jupi mx 😯

  19. kawasaki bebek terkenal dgn spare part yg mahal?? itu opini yg terbentuk aja bro…pd kenyataannya hampir sama dgn merk lain, bahkan ada beberapa yg murah. contoh ya, Koil ori ZX 130 cuma 61 ribu, swing arm cm 140ribu….cb bandingin dgn yg lain. itu jg orisinal loh barangnya. gak pake kawe-kawe-an kyk merk lain….

  20. ditempat ane komplit ojek bnyk yg pake matic, malah ada yg pake satria fu dan athlete, katanya biar tambah gaya meskipun ojek.

  21. Ane tukang ojek. Dulu pke smash, skrg pke skydrive. Klo dtmpt ane, ojek rata2 pke bebek n matik. Bahkan persentasenya imbang, soal merk banyakan yamaha lalu honda n t’akhir suzuki….

  22. nyesel gwe beli honda revo ternyata boros tenaga lemot,sering jajan sparepart,,,beda dibandingkan sama motor gwe yg pertama ternyata smash lebih irit,sudah 9 tahun mesin masih bandel kuat gapernah ada masalah,akhirnya gwe jual tuh motor revo yg baru 3bulan..gwe beli lagi suzuki titan. mantap deh ga nyesel, irit bensin tenaga ngacir..mesin percaya dehh gabakalan sering jajan spare part,terbukti gabohongsuzuki saat ini dapat penghargaan rekor muri motor paling irit bbm dan ketahanan mesin..noh baca http://www.indowebster.web.id/archive/index.php/t-94960.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here