iklan iwb

Tanpa sengaja IWB mendapatkan keluhan tentang Yamaha Vixion kesayangannya suka panas pelk belakang ataupun depan setelah dipakai perjalanan jarak jauh. Yang depan sih menurut doi lumayan masih bisa ditoleransi. Tapi pelk belakang yang bikin penasaran dan bingung, koq lebih dari sekedar hangat…..terus dari mana sumber panas serta bikin pelk rusak nggak yak??. Fenomena diatas pasti juga menimpa mzbro sekalian. Ada beberapa yang cuek tapi banyak juga yang kepikiran..jangan-jangan ada yang tidak beres dengan tunggangan kesayangan. Dalam artikel ini IWB ingin tegaskan bahwa apa yang menimpa rekan diatas adalah normal adanya. Tidak usah kuatir atau berburuk sangka. Yuk kita analisa sama-sama berdasarkan berbagai sumber serta pengalaman….

Pelk panas karena ada gesekan yang terjadi diarea tersebut. Kenapa pelk belakang suhu lebih gila dari pada depan??..untuk kasus motor Vixion hal ini lazim dan cukup dimaklumi mengingat kuda besi masih bersistem teromol. Lho terus apa hubungannya??….nih dia alasannya. Sistem pengereman teromol kampas menggesek langsung bidang tengah pelk. Terjadi kontak? secara terus menerus yang mengakibatkan suhu menjadi panas. Ketika rem diinjak..kampas mekar menekan dinding dalam teromol sehingga suhu? poros tengah akan meningkat. Titik “heat” bakal disalurkan hingga kepalang luar. Makanya jangan heran kalau kita raba pelk tunggangan naik diluar normal.? Kondisi ini bukannya tidak disadari oleh pabrikan. Karena itu kalau mzbro intip desain pelk racing mayoritas diberi coakan atau lubang-lubang pada dinding poros tengah guna membantu melepas panas. Cooling system ini ternyata juga bisa melindungi pelk dari umur pendek karena pemuaian serta mengurangi bobot dari pelk itu sendiri. Kita nggak pernah ngehkan??..cara simpel dan cerdas. Lha terus kenapa pelk depan tidak suhu tidak seeksktrim belakang??..

Sudah pasti mzbro. Sebab pelk depan mengadopsi sistem pengereman menggunakan disk brake. Maksudnya??…yup, dengan sistem ini otomatis kampas hanya menekan piringan. Tidak terjadi kontak secara langsung dengan pelk…beda sistem teromol seperti yang IWB telah jelaskan diatas. Otomatis “heat” mendera piringan cakram, sedang pelk ibarat hanya menerima cipratannya saja. Ora percoyo??…monggo pegang aja disk plate setelah bepergian jauh, kalau nggak jari-jari jumpalitan kepanasan. Itu hanya salah satu contoh. Kesimpulan akhir apa yang terjadi pada Vixion kemungkinan berbeda dengan motor bersistem double disk brake seperti Ninja. Pasti pelk belakang Ninja lebih dingin dibanding Vixion. Dan patut diingat semakin besar pelk maka suhu cenderung lebih adem dibanding pelk kecil. Dengan kata lain suhu pelk belakang Vixi bisa jadi lebih panas dibanding Byson ketika menerima gesekan sebab semakin luas penampang suatu bidang maka proses pelepasan panas makin bagus. Pelk panas setelah bepergian jauh..?? tenang wae mzbro, normal koq 😆 ……..(iwb)

iklan iwb

55 COMMENTS

  1. Motor ane cuma jarak dekat aja ko velg nya panas tinggi yak.. Tolong dong ada yg tau penyebab nya gak.. Trimakasih sebelum nya 🙂

  2. Kalau menurut ane,mungkin kapas rem terlalu tebal sisi nya, coba solusi nya di papas dikit pake gerinda,mungkin membantu ya

  3. Mau nambahin gan.
    Kalo menurut saya, PANAS ditromol bisa juga disebabkan karena laker pada tromol yang sudah aus/rusak.

Comments are closed.