iklan iwb

Tanpa sengaja IWB mendapatkan keluhan tentang Yamaha Vixion kesayangannya suka panas pelk belakang ataupun depan setelah dipakai perjalanan jarak jauh. Yang depan sih menurut doi lumayan masih bisa ditoleransi. Tapi pelk belakang yang bikin penasaran dan bingung, koq lebih dari sekedar hangat…..terus dari mana sumber panas serta bikin pelk rusak nggak yak??. Fenomena diatas pasti juga menimpa mzbro sekalian. Ada beberapa yang cuek tapi banyak juga yang kepikiran..jangan-jangan ada yang tidak beres dengan tunggangan kesayangan. Dalam artikel ini IWB ingin tegaskan bahwa apa yang menimpa rekan diatas adalah normal adanya. Tidak usah kuatir atau berburuk sangka. Yuk kita analisa sama-sama berdasarkan berbagai sumber serta pengalaman….

Pelk panas karena ada gesekan yang terjadi diarea tersebut. Kenapa pelk belakang suhu lebih gila dari pada depan??..untuk kasus motor Vixion hal ini lazim dan cukup dimaklumi mengingat kuda besi masih bersistem teromol. Lho terus apa hubungannya??….nih dia alasannya. Sistem pengereman teromol kampas menggesek langsung bidang tengah pelk. Terjadi kontak? secara terus menerus yang mengakibatkan suhu menjadi panas. Ketika rem diinjak..kampas mekar menekan dinding dalam teromol sehingga suhu? poros tengah akan meningkat. Titik “heat” bakal disalurkan hingga kepalang luar. Makanya jangan heran kalau kita raba pelk tunggangan naik diluar normal.? Kondisi ini bukannya tidak disadari oleh pabrikan. Karena itu kalau mzbro intip desain pelk racing mayoritas diberi coakan atau lubang-lubang pada dinding poros tengah guna membantu melepas panas. Cooling system ini ternyata juga bisa melindungi pelk dari umur pendek karena pemuaian serta mengurangi bobot dari pelk itu sendiri. Kita nggak pernah ngehkan??..cara simpel dan cerdas. Lha terus kenapa pelk depan tidak suhu tidak seeksktrim belakang??..

Sudah pasti mzbro. Sebab pelk depan mengadopsi sistem pengereman menggunakan disk brake. Maksudnya??…yup, dengan sistem ini otomatis kampas hanya menekan piringan. Tidak terjadi kontak secara langsung dengan pelk…beda sistem teromol seperti yang IWB telah jelaskan diatas. Otomatis “heat” mendera piringan cakram, sedang pelk ibarat hanya menerima cipratannya saja. Ora percoyo??…monggo pegang aja disk plate setelah bepergian jauh, kalau nggak jari-jari jumpalitan kepanasan. Itu hanya salah satu contoh. Kesimpulan akhir apa yang terjadi pada Vixion kemungkinan berbeda dengan motor bersistem double disk brake seperti Ninja. Pasti pelk belakang Ninja lebih dingin dibanding Vixion. Dan patut diingat semakin besar pelk maka suhu cenderung lebih adem dibanding pelk kecil. Dengan kata lain suhu pelk belakang Vixi bisa jadi lebih panas dibanding Byson ketika menerima gesekan sebab semakin luas penampang suatu bidang maka proses pelepasan panas makin bagus. Pelk panas setelah bepergian jauh..?? tenang wae mzbro, normal koq 😆 ……..(iwb)

iklan iwb

55 COMMENTS

  1. ya kalo sering ngerem belakang emang panas.
    Nitip:
    maskurblog.wordpress.com/2011/05/09/biker-perempuan-dan-helm-full-face/

  2. panasnya juga bisa dari gesekan ban dengan aspal, yg merambat lewat udara dalam ban ke pelk, yg kalo dibiarin terus bisa2 udaranya memuai & ban meletus.
    gw pernah liat ada mobil travel yg berhenti di pinggir jalan, ternyata lagi mandiin ban, begitu disiram langsung ngebul tuh ban.

  3. pelek belakang vixionku udah ada lobang 8 biji..
    – yang 4 lobang bawaan pemilik lama waktu masang adaptor cakram (waktu ane beli udah balik lagi ke tromol).
    – yang 4 lobang lagi waktu ane mau pasang RDB, adaptornya gak pas di lobang yang udah ada..
    bahaya gak ya..??

  4. lho baru ngeh gw klo pelek bisa panas hihihi abis klo nyampe kantor lgsg dtingal parkir j!

    nais inpoh mzbro

  5. ya setuju sama om maskur…
    klo gx bnyak kepake’ ya gx bkal panas om…
    vixion q kmren j wt jalan2 pekalongan-undip pas ngcek2 smua adem malah om…

  6. gampang solusinya, ganti aja rem tromolnya pake cakram…
    kalo ax ane biarpun motor bebek udh double disk kg bakal kepanasan pelk nya….

  7. @ Joker
    Bisa banget. Tapi berdasarkan dari berbagai referensi ban tidak menyumbang signifikan terhadap suhu pelk mzbro. Btw untuk ban bisa diakali dengan isi nitrogen biar adem…
    @ Geo
    Wah banyak juga yah lubangnya. Agak riskan juga yah…takutnya mempengaruhi kekuatan pelk. Ada suhu lain yg bisa ngasih pencerahan??
    @ Maskur & Reza
    Yup…baner banget. Ini berarti meminize gesekan yang terjadi..
    @ Shinichi
    Ban bukan penyumbang terbesar panasnya pelk mzbro melainkan gesekan rem…

  8. klo sy pernah ngalamin waktu pnya tiger tuh laher pecah berantakan krn sdh oblak jd panas bngt tuh tromol sm velk

  9. ane pernah tuh om pake velg aftermarket, tahun lalu saat menempuh perjalanan jauh laju motor makin lama makin berat n akhirnya ban belakang terkunci, ternyata tromol belakang keluar asap n velg merah membara. Akhirnya dibongkar di tukang tambal ban ternyata kampas rem kebakar n leleh saking panasnya. kalo ta’ perhatiin di velg aftermarket tsb gak ada lubang pembuang panas kyk di atas.

  10. Trus kenapa di new MX yg udah rear discbrake, velg nya masih di kasih lobang2 tengah gitu ya? Jadi cukup ringkih liat na..

  11. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> joinkerjaonline.blogspot.com/

  12. ane pake mio di pantura sekitar 100km lebih trus stop peleknya panas puoool, padahal ane jarang ngerem larinya jg diatas 80km/jam, kalo kesimpulan ane panas bukan cuma gara2 rem tapi karena diputar dengan kecepatan yang tinggi jadi timbul panas yang lebih dari ban itu sendiri..

  13. nyi iteung ane velg belakangnya sering panas pas abis dipake jalan..satu lagi sih, jangan sering2 pake rem belakang..

  14. @ adiet
    Utk matic beda mzbro, soalnya konstruksi Pelk matic menyatu dng belt-crankcase. Walaupun tdk ngerem pasti pelk matic tetap panas sebab distribusi panas dari engine mengalir kearm (belt crankcase) hingga ke pelk tentunya..

  15. namanya juga tromol… ya panas lah.. klo di depan kan pake disc, coba pegang discnya.. pasti panas jg 😀

    nitip wp.me/p1lWxj-3C ttg spacy

  16. lah… ini kok mirip-2 kejadian ku yah… @_@

    sebulan belakangan ini ban belakang parah banged geal-geol nya… :((

    motor arah kekanan, tapi ban belakang ngedrift kekiri :((

    setelah datang beberapa beres, jawabannya banyak yang gak memuaskan, di bilang ban nya gak beres lah, shockbreaker nya gak beres lah, bearing nya gak beres lah, padahal semua udah di ganti baru :((

    sampai akhirnya ketemu satu beres, chief mechanic nya bilang, ada kemungkinan velg belakang “memuai” di tromol nya, sesaat setelah motor berjalan, sehingga bearing ban jadi oblak, ada kemungkinan rem belakang gak sengaja terinjak atau setelan terlalu kenceng… @_@

    di kasi solusi, ganti velg lebar + rdb sekalian katanya…. wasyem…. :((

  17. mungkin juga karena karena gesekan putaran as dengan velg sendiri, tapi bebekku ndak ada lobang2 begituannya 😀

  18. panas itu semangkin panas kalo si rider suka gas rem – gas rem… gesekan kampas dengan tromol ataupun disk saat ngerem itulah yang bikin panas…

    pengen coba? lari 80kph, lalu rem – berhenti – turun – pegang tuh disk brake atau tromol nya…

  19. kalo lubang itu sebenernya selain pelepas panas padahal intinya pembuatan lubang2 itu untuk mengurangi bobot pelk nah kalo pelk yang lubang nya banya itu tandanya pelk itu dari material yang bagus kenapa? karena tuh pelk berani bikin banyak lubang beda dengan pelk variasi yang biasanya di cor penuh karena dia ga pede dengan pelk nya oh ia pelk dengan kualitas material yang baik biasanya suka dengan palang yang kecil2

  20. ga harus perjalanan jauh bro, turun dari puncak gunung sampai kaki gunung sudah bisa buat goreng telor di disc brake,,
    Xixixixixi

  21. @ jakatimur:
    soalnya power motor disalurkan ke ban belakang, jadi gaya gesek ban belakang dengan jalan lebih besar dari ban depan.

  22. motorku mio tak pasang tromol ninja di pelk depan nah yang bikin aku kurang nyaman tuh piringannya jadi panas kalau buat jalan agak lama padahal pelk udah centre masalahnya dimana ya bang IWB?

  23. punten mas mau nanya nich motor vega ane trombol belakagnya panas ..banget paddahal jarak tempuh kuningan -cirebon sampe2 karet trobolnya meleleh dan keluar lewat sisi trombol nya…sisa2 lelehannya…pas ane bawa bengkel dieler bilang nya cuman ganti karet trombolnya aje,,,,eh dah di ganti tetep aje panas…..knp ya bisa g2…..mohon ta solusinya hatur nuhun..

  24. emang bisa to tromol belakang honda supra X 125 berubah warna jadi kuning semua gara-gara terbakar katanya???

  25. kemaren saya ganti disk di v-ixion saya tapi knapa masih panas ya velg saya malah lebih panas dari pake tromol

  26. Q kwatir qlo panas bigit nanti kampasnya akan hancur,soale q prnah tour semarang mangelan karna panas pelk tyus nyingset gak bisa dibuat jalan sama sx.utungnya brheti pas bundaran alun” magelan.pas dibongkar trnya kampas ancur & pear pantah.jupiter Z 2011,trima kasih

Comments are closed.