iklan iwb
iklan iwb

Menarik ketika  membaca artikel Dapurpacu menginformasikan bahwa next Tiger bakal  mengambil basis dari engine NMP. Artinya apa?? kalau issu dan bocoran ini benar, bisa dikatakan racikan adalah betul-betul murni dan kreasi AHM. Suatu terobosan cerdas untuk menghemat cost tentunya…

DiIndia??…mesin Honda Unicorn Dazzler hanya 150cc. Sedang diIndonesia…bisa jadi ini diplacement 200 gen engine Dazzler yang pertama jika rencana jebol. Menurut kabar, new Tigy saat ini masih dalam tahap pengembangan mesin serta sasis. Kemungkinan besar tahun ini diluncurkan??….(koq IWB nggak yakin yah mengingat bisikan yang IWB terima varian motorsport terakhir tahun 2011 adalah CBR150r…tidak ada yang lain). Dari sisi mesin AHM bakal mengadopsi engine NMP. Hanya tinggal kapasitasnya sedang dipertimbangkan…..tetap 200cc atau diperbesar lagi hingga 225cc layaknya sang kompetitor Yamaha Scorpio. Simpel dan sederhana.  Lho kenapa tidak 250cc??….sebab disana sudah ada Honda CBR250r. Walau jenis kuda besi beda aliran, disinyalir AHM ogah bermain dalam kelas yang sama untuk produk flagship. Kalau terealisasi, berarti strategi AHM persis dengan yang telah dilakukan Yamaha lewat engine Jupiter MX dan Vixion. Yah…itung-itung bisa memangkas biasa riset yang lumayan besar dibandingkan membuat mesin baru. Iyo to…..! Toh dari sisi teknologi gen Dazzler terbilang anyar. Low fricitian part, CDI 12 mapping, serta berbagai keunggulan lain. Lho terus gimana issue siTiger bertranformasi layaknya Honda VTR250??..

Secara fisik….belum ada yang tahu. Namun dari jerohan berarti kita harus mencoret VTR250. Soalnya street fighter yang pertama kali meluncur tahun 1988 ini, dibekali mesin yang menakutkan yakni 249cc, V-Twin DOHC 4klep persilinder dengan muntahan tenaga hingga 32,[email protected],500rpm, torque 23,[email protected],500rpm. Bener-bener monster sesungguhnya. Seandainya AHM mengambil basis engine dari VTR250?? bisa dipastikan banderol bakal tidak akan terjangkau bagi mayoritas biker tanah air. So…..kesimpulannya, berdasarkan rumor tersebut Honda berusaha menempatkan Tiger pada posisi flagship-product namun dengan harga bersahabat. Entahlah…toh semua masih bocoran yang masih dibuktikan. Biarlah waktu yang berbicara….(iwb)

iklan iwb
iklan iwb

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

38 COMMENTS

  1. mangtap neh new tigi, konsumen dah bosen ma yg lama udah puluhan tahun (lebay.com) gak ganti2 tuh mesin cma casing doang, suatu kemajuan bat AHM salut!!! + mono shok n rear disk break tentunya (<25jt)

  2. tidak menurut saya..
    Tiger tetap all new engine. Mengenai pengembangan engine NMP, mungkin inilah yg di sinyalir oleh tmc blog menjadi ‘kill the giant killer’. NMP jilid 2, bisa desaign yg ciamik atau harga yg cantik. TWTL..

  3. waduh AHM bener2ngasih gebrakan yang menakjubkan bagi para kompetitor2 yang lain,jadi makin panas aja ne persaingan moto sport

  4. bagus..kn mega pro lama mesinnya mirip tiger sekarang GL series.

    yg jelas ramgka gak dicoak lgi.
    lampu jangan picek swbelah.

    maskurblog.wordpress.com/2011/05/06/its-aho-era/

  5. mas iwan,berkaca pada nmp,yg harganya lbh murah dri megapro lama,mdh2an harga new tiger nanti lbh murah (23-24Jt).engine kyknya ttp 200 cc deh.

  6. @ rahmat n boss
    Semua memang masih analisa mzbro…
    @ yahya n topa
    Yg penting monoshock dlu mzbro biar tambah ganteng. Iyo ora 😆
    @ maskur n angga
    Hehehe…bisa aja sibro

  7. IMHO, image “memakai mesin NMP yg dinaikkan kapasitasnya” harus dijauhkan mas, bisa jadi bumerang dan menghilangkan ke-eksklusifan Tiger sbg flagship..
    kalo pake body yg diatas, bakalan booming banget mas, first mover gitu loh !
    ane udah bisa bayangin, ganti stang lebar, ban digedein, headlamp variasi, pilih yg bodynya merah polos, wissssshh, serasa naik Ducati deehh :mrgreen: , yg lain cuma bisa passssrrrrraaaahhhhhh

  8. @ Pinokio
    Semua berharap seperti itu
    @ 14 & kangmase
    Setuju!!!
    @ Damhar
    Hhhmm bener juga bro. Konsumen png mesin yang fresh oven dong yak..
    @ Myf
    Nggak suka AHO ya bro
    @ Hourex & hadi
    Isu coakan…sejauh ini juga belum ada pencerahan yng masuk keIWB mzbro

  9. tiger yang sekarang aja udah 25 juta , apa mungkin mengikuti jejak nmp yang refresh tapi dengan turun harga?

    semoga aja begitu ya mas iwan,

    keep brotherhood,

    salam,

  10. hmmm…
    dah gak sabar lihat bang tigor dirombak total.

    tinggal ini satu2nya produk ahm yg jyadul dan overprice, maklum peninggalan manajement ahm lama yg kemaruk.

    klo boleh usul sih body gak usah macem2, tinggal contek aja desain honda CB1000R, spt byson yg nyontek desain FZ1.

  11. Sbg bekas penunggang tigi, moga2 yg baru sdh injeksi juga, rdb, monoshock, n pke oil cooler..harga sama 24,9 jeti… Hehe.. Kubikasi rasanya ga smpe 250 de..

  12. Maaf kalo basic mesin DOHC buat new tiger saya agak pesimis,karna kompetitor terdekat pun belom DOHC,tp mesin ada peningkatan power itu mungkin.imho

  13. ” hmm.. Seandainya AHM mengambil basis engine dari VTR250 ?? bisa dipastikan banderol bakal tidak akan terjangkau bagi mayoritas biker tanah air .”
    yaiyalah soalnya kita dah terbiasa mesin jadul harga selangit aja laku , ni apalagi yang mesin hi- tech … bakalan di kerek harganya .

  14. Ane pengin bgt Tiger ganti odei jadi kaya motor diatas…tapi kayanya ga mungkin ya bro..Tiger udah brapa kagi ganti rupa tetep aja DNA nya dipertahanin…ada kekhas an Tiger yang ga ilang sejak generasi pertama..
    ngobrolmotor.wordpress.com/2011/05/06/inspirasi-dari-kegigihan-pembalap-motogp/

  15. @angga
    saya lbh suka rantainya spt sekarang (agak berisik) soalnya ini ciri khas tiger,tigy95blue punya saya dulu juga agak berisik,tp dari situlah org tahu itu tiger,baru dari dengar suarax saja 😀

  16. ngga sabar nunggu NEw Tiger klu memang bnr2 ada.
    kykx memang benar harus ngeluarin NEw Tiger, biar di segment sport Honda bisa menang 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here