iklan iwb
Pasca insiden Suzuka 2001....Biaggi berdamai dengan Rossi

Siapa yang tidak tahu perseteruan antara Biaggi dan Rossi. Pembalap kawakan berjuluk Roman Emperor ini pada masanya selalu saja berantem…entah diluar paddock ataupun dilintasan balap. Bagi Max Biaggi, Rossi adalah anak ingusan yang bermimpi ingin menjadi pembalap besar. Sebaliknya…bagi Rossi Biaggi adalah pembalap yang suka-suka mencari alasan ketika kalah….

Tapi itu dulu….kini setelah usia makin uzur, baru pembalap Italia tersebut mengungkapkan pengakuan bahwa Rossi memang hebat. Suatu pujian yang tidak mungkin dilontarkannya 7 tahun? lalu. “…Aku menghargai dan menghormati Rossi, dan dia juga tidak pernah menyembunyikan rasa yang sama kepadaku. Aku tidak bisa ingkari bahwa dia memang seorang legenda. Sekarang kami berdua sudah makin tua dan membalap didua seri berbeda….kita bukan anak muda lagi jadi kita saling menghargai hasil kerja masing-masing.” ujarnya. Disinggung tentang adanya dua kubu pendukung diantara mereka berdua dulu hingga media Italia begitu ramai memberitakannya, Biaggi menjawab..” setidaknya, perseteruan kita memberi banyak keuntungan untuk dunia olah raga. Banyak orang akhirnya tertarik perseteruan kami, padahal mereka dulunya tidak pernah suka dalam dunia balap. Persaingan kami mulai menjadi topik utama Italia, dan fenomena dunia. Tapi Valentino adalah lawan sejati buatku dalam beberapa tahun..” ujarnya

Biaggi menyikut Rossi keluar lintasan..(Suzuka 2001)

Tidak akurnya Biaggi sudah terlihat ketika Rossi masih dikelas 250cc. Hubungan makin meruncing tatkala The Doctor naik kelas mengikuti jejak Biaggi di500cc. Hingga puncaknya pada pembukaan race tahun 2001 sirkuit Suzuka, Biaggi sengaja nyodok The Doctor menggunakan siku kirinya bertujuan mendorongnya keluar trek. Selepas belokan kekanan, straight dan berhasil….Rossi sempat melindas rumput hijau sebelum doi dengan sempoyongan masuk keaspal kembali.? Ajaibnya? The Doctor mampu menjaga posisi mengikuti barisan depan, bahkan menyalip Biaggi sambil mengacungkan jari tengahnya sampai tanda kemenangan. Moment itulah yang sering diputar balikkan oleh media Italia dan dunia bahwa Rossi tidak sopan. Padahal mayoritas yang mengatakan adalah para pendukung Biaggi yang tidak suka dengan Rossi……

iklan iwb
Duel Gibernau vs. Rossi...rakyat Spanyol tidak pernah melupakannya

Satu lagi pembalap rival bebuyutan Rossi adalah Sate Gibernau. Insiden tak terlupakan yakni diQatar pada era 990cc ketika Rossi diganjar hukuman akibat menyapu? aspal beberapa menit sebelum start akibat protes dari Sete. Sejak itu Rossi mengultimatum bahwa dia tidak akan pernah membiarkan Sete menang pada masa karirnya diMotogp. Dan ucapannya terbukti….Sete tidak pernah bisa mencicipi podium satu hingga doi mengundurkan diri dari dunia balap. Moment tak terlupakan adalah pertarungan sengit tahun 2005 diJerez membuat dunia Spanyol begitu benci terhadap Rossi. Kini setelah 6 tahun berlalu, Sete Gibernau baru memberikan pengakuan bahwa Rossi memang hebat…

Seperti dilansir GPone,”….dia adalah pembalap hebat, mungkin yang terhebat? dan aku yakin tidak akan ada satu orangpun bisa menyamai apa yang telah dicapainya. Meskipun semua yang terjadi, aku masih mempunyai rasa hormat yang luar biasa kepadanya. Maaf jika kami dulu ada sedikit konfrontasi, tapi aku tidak menyimpan dendam. Sebaliknya, jika dulu aku menjadi rider top, itu berkat dia..” ujarnya. Ditanya tentang kepindahan Rossi, Sete menjawab dengan diplomatis..” Jika dia telah memutuskan pindah keDucati, itu karena mencari motivasi baru. Aku berdoa untuk Italia semoga semua berjalan sesuai yang diinginkan,” tutupnya………..(iwb)

Cuplikan video Biaggi vs. Rossi Suzuka 2001


30 COMMENTS

  1. Rossi pindah ke Ducati malah kurang Bersinar…….
    Apa karena faktor usia yg dah mkin tua kali……

  2. memreFresh kembali kenangan di motogp..
    Saat duel gibernau dan rosi seru-serunya Saya juga lagi seru-serunya (pengantin baru)

    dan Saya juga yang memperkenalkan MotoGP di keluarga Istri Saya..
    Eeh OOT ya..

  3. @ topa
    Blm mzbro. Klo menurut saya rossi blm hbs. Kita liat tahun depan…
    @ Absolute
    Walau msh memble tetap mantap
    @ hourex
    Eee sampeyan nikah 2005 to mz. Wah 6thn dong yak

  4. Wah…emang keren rossi…masi ingat waktu Gibernau slalu saling kejar mengejar dilintas balap..tapi tetap rossi yang maju..

  5. Numpang Jemurann
    Edyan, Suzuki Hayabusa Tembus 213 mph/ 370 kph
    vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/edyan-suzuki-hayabusa-tembus-213-mph.html
    Kymco Myroad 700i Super Scooter
    vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/kymco-myroad-700i-super-scooter.html
    Ninja 250 R VS CBR 250 R Termignoni Exhaust
    vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/ninja-250-r-vs-cbr-250-r-termignoni.html

  6. Tapi dendam gibernau terbalaskan oleh lorenzo yg telah berhasil mencundangi rossi dan mendepaknya dari yamaha.mngkin dulu rossi lawannya orang orang tua tapi skarang malah kebalikannya yg muda yg berkuasa udah waktunya era rossi di lupakan.

  7. eh keliru linknya

    smartf41z.wordpress.com/2011/05/04/komparasi-honda-tiger-dan-kawasaki-ninja-250-untuk-pemakaian-sehari-hari/

  8. yaaghhh tanpa aksi psywar GP gak seru. Skg saja Hohe juga dilawan sama Simoncelli, juga Stoner VS V46.

  9. waktu itu belum ngeh dg olahraga ini…taunya ronaldo,vieri,rivaldo,beckham…//

  10. hohoho…kehebatan rossi telah diakui mantan seterunya…gimana dengan anak2 muda yang sekarang yang masih jadi saingannya ya, apakah akan berseteru atau selalu berkawan?

Comments are closed.