iklan iwb
iklan iwb

Menarik ketika IWB berbincang-bincang dengan salah satu pentolan pabrikan besar tentang rencana kedepan….akan dibawa kemana arah roda dua tanah air. Tuntutan  gas buang ramah lingkungan serta irit bahan bakar, disinyalir memaksa seluruh pabrikan banting stir secara bertahap. Maksudnya???….

Yup….kedepan semua motor akan meninggalkan sistem karburator. Tidak bebek, matic, sport……pabrikan berencana mengaplikasikan fuel injeksi. Kabar sebenarnya sudah lama kita dengar tapi akibat belum siapnya segala tetek bengek menyangkut alat, demand konsumen,  serta sumber daya didalamnya mengakibatkan  pabrikan masih maju mundur dan pilih-pilih produk. Inilah yang menjadi tantangan ATPM. Artinya apa….pelan tapi pasti era itu pasti akan datang. Masa dimana seluruh kuda besi sudah tidak mengenal lagi seting udara dan bensin dikarburator.  Emangnya kapan sih???….

Proses dilakukan bertahap dengan kata lain ATPM tidak berani secara gegabah soalnya menyangkut angka penjualan. Coba sampeyan lirik SupraX125 PGM-FI…atau Suzi Shogun FI. Masyarakat masih enggan menerima kedua bebek injeksi tersebut. Berdasarkan pengalaman yang ada,  pabrikan  memilih main aman dengan cara mengaplikasikan pengabut modern pada produk-produk tertentu khususnya motorsport.  Yamaha lewat Vixion dan Honda sudah menyusul dengan CBR. Wah berarti makin mahal dong harga motor nantinya kalau injeksi??. Tidak mzbro. Semakin banyak produksi maka cost juga akan makin turun…ini yang ingin ATPM garis bawahi. kenapa saat ini masih mahal….sebab unit tidak terlalu banyak otomatis ongkos produksi jadi naik….

iklan iwb

Tantangan ATPM memang berat. Khususnya merubah mindset konsumen. Namun dengan semakin banyaknya motor injeksi yang brojol ketanah air, secara tidak langsung ATPM sudah melakukan edukasi. Memang tidak bisa instan , sebab kadangkala kendala lokasi juga sangat berpengaruh. Seperti penuturan teman IWB yang berdomisili diPontianak. Akibat motor Vixinya ngadat ditengah kebun karet sedang bengkel pinggir jalan tidak bisa membantu, siempu langsung menjual dan ganti dengan Gl-Pro. Alasan simpel…..gampang perawatan, mudah servis kalau ada masalah. Yup….sisi ini yang masih menjadi PR buat pabrikan motor tanah air.  Karburator udah kadung lekat dengan kehidupan masyarakat dari ujung Sabang sampai Merauke. Injeksi???…hhmmm tidak semudah membalikkan telapak tangan deh kayaknya…….(iwb)

iklan iwb
Previous articleSimulasi kredit Pulsar220. Monggo diintip….
Next articleKedepan bisa saja Motogp melirik Indonesia…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!