iklan iwb
iklan iwb

Diam-diam ternyata Honda telah mengembangkan mesin anyar guna menghadapi musim 2012.  Motor  RCV gen 1 liter tersebut ditunjukkan kekhalayak umum pada tanggal 14-15 April  kemarin disirkuit Suzuka Jepang….

Test dilakukan oleh Akiyoshi dan Okada…rider incharge HRC yang dipercaya bisa membantu memberikan input atau masukan engine anyar.  Belum jelas kapan pembalap mereka Pedrosa, Stoner atau Dovi bakal mencicipi prototype engine 1000cc, namun langkah pabrikan Honda bisa dibilang brilian.  Lewat dua hari test, pabrikan sayap mengepak bisa segera melakukan revisi tanpa harus dibatasi waktu. Jedah periode test yang tidak terlalu jauh dengan Ducati,  bisa memaksimalkan hasil nantinya. Maklum musim 2012 masih 12bulan lagi sehingga pengembangan secara terus menerus akan lebih sempurna dibanding sekilas lalu. Dari sini jelas Honda tidak mau kecolongan dengan langkah maju Ducati. Walau terdapat fleksibilitas untuk memilih antara mesin 800cc atau 1000cc, sepertinya sebagian besar pabrikan condong memilih opsi kedua. Terus gimana dengan pabrikan lain???…

Yamaha kabarnya akan segera menyusul. Pabrikan garputala telah menyiapkan new engine buat dijajal langsung  oleh pembalap utama mereka, Lorenzo dan Ben Spies pasca balapan Mugello awal Juli mendatang. Atas semuanya bisa diambil kesimpulan bahwa 3 pabrikan besar selangkah lebih maju alias siap tempur diera 1000cc. Yang suram adalah Suzuki. Memblenya prestasi Alvaro Bautista serta seretnya motor yang ikut kompetisi (satu rider), memunculkan spekulasi bahwa tidak ada jaminan Suzuki bakal gabung diera yang baru. Entahlah…….(iwb)

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

14 COMMENTS

  1. mungkin untuk yg mesin 1000 cc suzuki bisa lebih serius kang,
    masalahnya tinggal pake aja mesin superbike yg udah ada tinggal dikembangin lagi.
    beda dgn mesin 800 cc yg memang bener2 mesin prototipe yg sngat mahal.
    cuma pabrikan besar aja yg bisa.

  2. awas teknologinya jgn diumbar dulu, entar ada yg nyontek, sedikit dimodifikasi trus dipatenin deh….
    berabe kan…..??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here