Gelisah, penasaran, takut…rasa ini yang mungkin mendera sebagian besar biker tanah air khususnya penunggang new Megapro. Walau belum ada bukti berpengaruh terhadap kekuatan sasis namun semua merasa ada kejanggalan atas desain coakan besi penopang mesin depan siMegy. Dan patut diingat bahwa isu ini sudah menghiasi hampir seluruh blogsphere otomotif roda dua tanah air…..

Kualitas?? tidak ada yang meragukan. Siapa berani membantah kedigdayaan produk-produk Honda. Ibaratnya walau fisik sudah rentapun, sikuda besi masih ngacir tidak ada halangan. Tidak usah jauh-jauh…bokap IWB hingga detik ini masih memiliki Honda GL100. Saking sayangnya ditawar tinggipun enggan menjualnya. Alasan?? bandel, awet dan antik tentunya. Motor merupakan lansiran tahun 1983….jadi umur sudah menginjak 28tahun. Mesin???….jos gandos no complaint!! Begitu pulsa sasis…tidak ada yang namanya peang atau tidak center. Padahal bentuk swing armnya kurus layaknya bebek. Apakah kekuatan mbah buyutnya akan diwariskan kegenerasi berikutnya??? semoga saja…..

Kembali ketema judul…Dazzler sebagai gen dasar New Megy mempunyai desain sasis berbeda dibanding Megy lawas. Walau sama-sama menganut tipe diamond tapi konstruksi lebih menyerupai sang kakak…Honda Tiger. Terus apa yang menjadi masalah???….bisa diintip dari ulasan bro kita, Mz Mulyanto atau hourex150l (klik disini), dan satu lagi bro Hendrawan (klik disini) serta masih banyak ulasan lain dari para bro kita didunia maya. IWB ambil intisari dari semua pembahasan yakni kekuatiran kekuatan sasis akibat sebuah coakan besar didepan mesin dekat leher knalpot. Kalau dalam opini pribadi sebenarnya tidak mungkin para insinyur Honda luput memperhitungkan setiap detil rancangan mereka. Tapi bukan analisa yang dibutuhkan. Bukan perkiraan yang ditunggu. Namun………..

iklan iwb

Yang dibutuhkan saat ini adalah klarifikasi atau respon pabrikan. Apakah hal itu disengaja?? apakah tidak berbahaya?? apakah tidak mempengaruhi durabilitas sasis??…..berbagai pertanyaan seyogyanya segera ditanggapi. IWB yakin….Honda dan timnya yang solid tidak akan berdiam diri. Kejujuran dan  quick respond dalam One Heart pasti dijunjung tinggi. So kita tunggu saja mzbro…….(iwb)

Noted : Image Hourex150l property

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

89 COMMENTS

  1. pengen buru2 ngonter si giant killer sih , jdi sasis yg udah ada dibajuin aja, kl gak pas tinggal di coak xixixixii…., konsumen byk yang gak tau di iklanya gak di sebutin ‘PLUS coakan’. (mirip kasus byson mending sempurna tapi agak lama aka indent dr pd redy stock + coakaan)

    Nb:apa masih gak center ya swingarm/ban ma body/ekor kyk megi lama

  2. perasaan weekend kemarin udah baca klarifikasinya deh, tapi karna lumayan banyak yang dibuka2 jadi lupa bacanya dimana…

    kangmase.wordpress.com/2011/04/25/analisa-harga-motor-sport-dari-india-termasuk-prediksi-harga-yzf-r15/

  3. mungkin honda ngabisin stok yg ada dulu mas iwan, kalo ditambal ntar malah dibilang cacat produk atau apalah….. kalo dibuang kan mubazir, dan produk yg baru mungkin ngga pake coakan.

  4. bro, ak pny kesimpulan kenapa di coak gitu, krn untuk tempat baut knalpot biar mudah masuknya, kalo misal gak di coak susah masang baut knalpotnya…
    cb di cek deh yg pny nmp, pasti setuju….

  5. serba salah, mau ngasih klarifikasi rangkanya sudah bagus ntar ambrol beneran tuh frame. lha mau recall juga mikir2 brp motor yang harus ditanggung tuh (frame jeh, ora murah xixi..) yah berkaca sama tulisannya bro arantan sih emang kasus ini patut dikhawatirkan, megapro lawas yang gk ada coakannya aja sampek patah 2 kali sama sang konsumen yang memiliki body extra. AHM buruan tuh ambil tindakan…

  6. 12. bennythegreat,
    Jangan lupa segitiga retak byson juga direspon sama yamaha.
    ——————————————————————————————————–
    Hihihi, btul yg sudah jelas2 terbukti byk masalah aja gak ada penjelasan, apalagi kasus coakan yg blum terbukti efek sampingnya.
    Ini lg kirain isinya klarifikasi dr atpm,taunya sama aja ******, cape deeehhh.

  7. yg pnya NMP d coba dlu bka N pasang knalpot,lalu perkirakan kalo itu sasis gak di coak mentok ato kagak sama leher snalpot..

  8. cb dazzler yang di india juga sama kok masbro….ada coakannya juga. nih fotonya:
    4.bp.blogspot.com/_zQxilFy6w-0/TGWGjbE3-UI/AAAAAAAAAyA/aLe1LPKacLY/s1600/floating-side-cowl_CB-unicorn-Dazzler.jpg

  9. Bukannya gini Bro:
    “ISU BYSON PERSENELING DOWN SHIFT SENDIRI SUDAH SEPATUTNYA PABRIKAN MERESPON..”

    Harusnya lebih Care tunggangan sndiri dulu lah..

  10. wah, coakan yang sangat fatal mnurut ane, apalagi buat ane yg sukanya make motor kelewat lama, biasanya setelah 8thn baru dijual,

  11. emank dah trbukti bermasalah? Kagak kan!
    Cb dech Byson yg dah trbukti mesin bnyak yg rusak, cakram xeon yg cpt karatan, konstir vxion yg cpt oblak, velg mio yg cpt peyang, kgk ada respon dr YMKI kan?
    Setuju mas Iwan?

  12. Cuile FBH kebakaran jenggot sampe nyerang prodak kompetitornya

    Gak segitunye kali….topic nya honda nyerangnya ke yamaha…… kebakaran jenggottttttttttttt seh

    CCD

  13. mengkuatirkan sesuatu yang belum pasti menjadi masalah…seharusnya yang memberikan kekuatiran juga menjelaskan asal pemikirannya dari mana…krn kalo diliat itu bukan rangka utama,lgan sudah ada penguatan..klo di GL ane dulu kalo baut mesin dibagian itu longgar getaran mesin distang lumayan gede.tapi tetep mmg layak dipertanyakan,tapi menurut ane,honda sudah terbukti dengan recall terbukanya..klo nanti ada masalah ya silahkan di blow up aja…mgkn yang punya link langsung ke ahm segera ditanyakan…tapi tetep jgn lupa konsen juga ke hal yang uda jadi mslh saat ini,jgn sekedar dishare lalu lupa…ya klo gt entar pabrikan juga males..”biarin aja ntar mreka lupa..” (sama kyk pemerintah hahaha)

  14. ada FBH yang kebakaraaan… kebakaraaan…

    Wkwkwkwkwk… Baru disinggung coak aja udah sewot begitu. Gimana klo udah kejadian banyak cacat kaya byson ya? Senyum dong brur 😀

  15. nurut ane sih mungkin udah diitung kekuatannya, cuman gimana yah, kyk ngedesain asal2an aja sampe ada coakan kyk gitu, gk menarik sama sekali

  16. Justru harus ada coakannya, kalau terlalu dekat dgn knalpot, panas knalpot akan mengurangi kekuatan rangka. Lagipula jadi lebih gampang nglepas knalpot. Soal estetika saja, jadi kelihatan jelek.

  17. @bro Iwan,
    emang dgn coakan spt itu ada kasus yg mebahayakan ya?

    sejauh ini ane gak pernah denger komplain dari pemilik NMP, yg sering denger malah komplain dari pemilik Byson yg konon katanya lemotlah, tangki plastiklah, material abal2lah, dll.

  18. @to all FBH:

    Sebenernya kan pertanyaannya cuma “kenapa dicoak?”, klo memang didesain seperti itu ya ga masalah jg. Tp secara struktur apa aman? Itu yg perlu dijelasin.

    Topiknya “kenapa didesain seperti itu” brur, bukan soal cacat produksi. Klo memang desain awalnya sudah begitu, knp dari awal bukan penempatan lubang knalpotnya aja yg digeser? Atau mungkin dgn dicoak akan ada efek yg baik buat motor? Lebih stabil mungkin? (kayanya ngga deh :P)

    So… Baca dulu artikelnya baik2. Malu kan klo keliatan blo’onnya. Saya bukan FBY, cuma 2 wheeler enthusiast.

  19. ini bukan masalah pinter atau bloon… kita juga semua udah tau masalah coakan itu agar lebih mudah pemasangan knalpot. ga apa2kan kasih comment…

  20. @aab
    hehehe… Santai bro. Reason masbro masuk akal kok, coz pertama kali saya ngeliat coakan disitu, saya juga beranggapan klo itu buat mempermudah buka baut.
    Yang saya sesalkan cuma knp ada yg menghubungkannya dgn kasus cacat produksi. Sudah jelas topiknya “knp desainnya begitu? tujuannya apa?” bukan “knp ada kasus seperti itu? QCnya gimana?”
    Cacat produksi mungkin “hanya” terjadi pada 100-200 motor. Kalau desain ganjil terjadi pada semua produksi. Cacat produksi udah pasti salah, perlu tindak lanjut. Desain ganjil blm tentu salah, tapi tetap perlu diklarifikasi.

  21. iya bro angga…. pada banyak yg nyasar…. biasalah kalo diforum emang gitu, kalo ga begitu ga seru… ya kan….. hehe….
    btw… mas iwan kemana neh ….

  22. hehehe..blogger komennya kok ngatain orang blo`on..ck..ck..bagus klo punya wawasan/pandangan diluruskan dan disharing…malu boss…

  23. Yah gini aja,
    ga usa saling menjelekan,
    masak sama” jelek saling menjelekkan?

    kalau emang diamondframe newmega sama ama punya Tiger, silahkan di cek ke2anya,
    kalau bisa d foto jg buat perbandingan…
    Trus kalau ada perbedaan, sbg blogger, anda mlakukan perwakilan dr masyarakat untuk krim email ke Honda,,
    sekalian biar dapet kado lagi…
    Hehe

  24. Hahaha…rangkanya nmp lumayan besar brooo, tigi pun kalah. kalo cuma menopang beban nmp, gak masalah. bloggernya pemilik byson ssiiihhhh…

  25. yang bilang rangka NMP aman bisa jelasin gak secara logis itung2an nya…berat NMP lebih berat dari tiger lo…kok coakannya lebih besar

  26. Susah juga, kalau jawab dikira fbh, kalau nggak jawab padahal tahu, kok nggak sharing.

    Gini saja, mesin nmp sebenarnya adalah mesin crf150f, yg dikasih rangka & baju baru. Jadi soal geser lubang knalpot, nggak mungkin krn harus bikin cetakan mesin baru, mahal… Lebih efisien kalau rangka baru yg mengalah, dimodif dikit ada coakannya. Soalnya dalam jangka panjang bahaya juga panas knalpot, sekaligus supaya knalpot gampang dicopot.

  27. @ To all brother
    Tidak ada yang saya katakan jelek disini. Justru tujuan saya buat artikel ini supaya bro-bro yang nyemplak NMP merasa aman dan nyaman…tidak timbul pertanyaan2 yang bikin was-was. Tidak ada niat sedikitpun untuk menjatuhkan. Dan saya juga setuju bahwa harus ada klarifikasi dari YMKI ttg retak segitiga Byson. Btw selama ini pihak Yamaha sudah sangat membantu segala pernik2 keluhan sikebo. Ini yang menjadi poin penting. So all brother…please keep the atmosphere peacefully 😆

  28. desain yg unik mengorbankan estetika dan nilai seni demi sebuah kata Irit biaya produksi.
    nah denganini malah bisa menjawab kenapa ada “boomerang” di tangki depan.fungsinya untuk mengkamuflase biar ga begitu mencolok rangka coak an kelihatan.

  29. Kalo pertanyaan mengapa itu sampai di coak menurut ane buat mempermudah pemasangan kenalpot titik,jadi itu tidak bisa di bilang cacat produk kecuali sampai patah ,beda kasusnya byson yg sampai retak segi tiganya jadi jangan menunjukkan kebo***** ente

  30. Ga perlu recall NMP kok, kasian kan sdh disesain dengan susah payah, desain motornya bagus lo, jd buat yg percaya rangka bercoak itu aman & kuat yah silahkan aja beli NMP. Tp klo yakin rangka tercoak itu akan mendatangkan masalah jangka panjang yah ga usah beli NMP, simple toh? Klo sy sih pake ilmu bodon aja, rangka dari besi tipe kotak (Ninja 150R, KLX) lebih kuat dibandingkan dengan rangka dari besi bulat karena lebih sulit ditekuk. Rangka dari besi bulat gampang banget ditekuknya, liat aja tukang knalpot mobil kan gampang nekak-nekuknya. Klo besi bulatnya cm separuh gmn? Salam damai.

  31. Sepertinya honda terlalu buru buru meriset newMP
    Akibatnya kesan yang terlalu buruk bila dipandang…
    ..so jadi desain apik menjadi cacad karna coakan tsb

  32. MOTOR keren mmg byk mengundang PERHATIAN…..
    comment apapun sy anggap 1 bentuk kepedulian dan positif…trim’s masbro semua…sy merasa tersanjung sbg pengguna NMP…soal COAK ….biar ajalah….hehe bismillah..

  33. 46. davied – April 25, 2011

    hehehe..blogger komennya kok ngatain orang blo`on..ck..ck..bagus klo punya wawasan/pandangan diluruskan dan disharing…malu boss…
    ——————————————————————————————————–
    Maklum aja mazbro, jaman sekarang anak SD saja sudah bisa buat website sendiri, apalagi cuma sekedar blog. Jd wajar saja kalau kata2nya masih kekanak-kanakan.

  34. wkwkkwwwkwkwkwk dari komennya FBH itu berbahaya, sangat reaktif, persis senggol bacok.

    @62.bujanglanang
    katanya anak sd bisa ckckckckc, coba linknya mas??

  35. Banyak yg komentar memang niat berantem, nggak nyari atau bagi2 ilmu. Terutama komen yg nuduh orang lain fanboy.

  36. KENAPA KITA PARA BIKERS INDONESIA MASIH ‘MEN-DEWA -DEWA-KAN’ BRAND TERTENTU..
    SEHINGGA MENUTUP MATA DENGAN KONDISI KENYATAAN YANG ADA..

    HARUSNYA MARI KITA SAMA-SAMA MENDESAK PENJELASAN DARI PIHAK ATPM TENTANG PRODUK-PRODUK MERWEKA YANG TIDAK LAZIM..

    BAIK ITU ATPM MANAPUN ASAL PRODUKNYA DIRASA MERUGIKAN KONSUMEN.. AGAR KEDEPANNYA MEREKA TIDAK ASAL-ASALAN DALAM MENGGELOTORKAN SUATU PRODUK..
    KALO SUDAH BEGITU BERARTI KITA SEMUA SEBAGAI KONSUMEN TENTU TIDAK AKAN DIRUGIKAN..

    DALAM KASUS INI TENTANG NMP YANG SASISNYA DI COAK, KENAPA PABRIKAN MELAKUKAN INI..?? APA ALASANNYA..??
    KALO DEMI MENEKAN BIAYA PRODUKSI, JELAS PIHAK ATPM EGOIS.. KARENA PRODUKNYA BER ORIENTASI KEPADA KEUNTUNGAN SEPIHAK (ATPM) DENGAN MENGORBANKAN SISI ESTETIKA PRODUK DAN SEDIKIT BANYAKNYA PASTI AKAN BERPENGARUH NEGATIF PADA DURABILITY RANGKA DI BANDING BILA TANPA COAK..

    INGAT, NMP ADALAH PRODUK PABRIKAN OTOMOTIF NOMERO UNO DI MUKA BUMI.. KENAPA TIDAK ‘MAU’ MENDISAIN RANGKA SESUAI KONSTRUKSI ENJINNYA..

    MARI BIKERS INDONESIA, KITA BUKA MATA DAN HATI KITA,, SEBAGAI KONSUMEN KITA HARUS BERSATU AGAR TIDAK DIPANDANG SEBELAH MATA OLEH ATPM..

    JUNJUNG TINGGI PERDAMAIAN DAN PERSAUDARAAN MAZ BRO..

    PISS..

  37. Ini ko komennya pada sentimen sama yg punya warung yah ? Woy tau ga kalo sebelum nyemplak kebo,mas iwan tuh nyemplak megi lawas ? Jangan asal kalo komen dong…ckckck..
    Piss

  38. @ 68. Hourex150L
    “KALO DEMI MENEKAN BIAYA PRODUKSI, JELAS PIHAK ATPM EGOIS..”
    >>> Memangnya mau beli kalau harga lebih mahal? Murah itu kepentingan siapa sih?
    “SEDIKIT BANYAKNYA PASTI AKAN BERPENGARUH NEGATIF PADA DURABILITY”
    >>> Ada bukti?

    Coba deh perhatikan mesin cbr150rr, ada lubang baut yg sebenarnya dipakai utk cs1. Sudah umum seperti ini di industri apapun. Kalau memang jadi suatu kelemahan, buktikan, terus tuntut pabriknya utk recall secara terbuka.

  39. haiyah… rame euy… liat aja ntar 1 ato 2 thn kedepan motor mana yg paling laku. nmp ato byson??? dan yg paling byk kasusnya mana y???

  40. Itu rangka bagian dpan buat gantung mesin Nmp,aku rasa pengaruhnya gak besar,dan bukan rangka utama,soale tanpa ada pipa dpan aja pun sbnrnya masih bisa.

  41. @ Gan Hourex mungkin bukan bermaksud mendewakan,mungkin para komentator disini menginginkan keseimbangan 🙂
    Coakan pada NMP masih sebatas dugaan temen temen bloger ( belum ada bukti bahwa ini berpengaruh terhadap safety ), meskipun tentunya ini juga masukan untuk ATPM,
    Sedangkan ada kasus pada merk lain yang sudah ada buktinya dan menyangkut safety juga kenapa tidak diekspos juga ? kenapa tidak dipertanyakan juga ?
    Malah sepertinya juga belum ada jawaban dari ATPM padahal kasusnya juga sudah lama..IMHO

    Keep Brotherhood & Keep Safety Riding

  42. @hourex
    wkwkwkwkwk… Mas Mul kena juga. Nasib blogger mas, ga dimana2 sama aja. Mending kita ngopi2 aja dulu sambil mantau. Klo kata pepatah dulu “klo udah cinta, tai kucing rasa coklat” mas 😀

    @Mas Iwan
    Maaf ya masbro, jadi ga enak nih udah bikin rame warungnya. Abis lucu sih, disentil dikit langsung banyak yg nyamber, enak maininnya. Btw klo ada survey lg calling2 dong. Skalian kopdaran kita 🙂

  43. @ 53. iwanbanaran – April 26, 2011

    @ To all brother
    Tidak ada yang saya katakan jelek disini. Justru tujuan saya buat artikel ini supaya bro-bro yang nyemplak NMP merasa aman dan nyaman…tidak timbul pertanyaan2 yang bikin was-was. Tidak ada niat sedikitpun untuk menjatuhkan. Dan saya juga setuju bahwa harus ada klarifikasi dari YMKI ttg retak segitiga Byson. Btw selama ini pihak Yamaha sudah sangat membantu segala pernik2 keluhan sikebo. Ini yang menjadi poin penting. So all brother…please keep the atmosphere peacefully 😆
    ===================================
    segitiganya tidak retak mas…
    tapi ambyarrrrrrrrrrr

  44. Beuhh…, bahas nmp warung jd rame bgt nih, tanda yg make udh byk.
    Sedikit kasih pencerahan versi ane, coakan tsb sebenarnya rahasia dapurnya honda loh. Yup dengan adanya coakan (tigor jg ada tp beda) tsb, disinyalir bobot motor akan menjadi lebih ringan, yunowlah rumusnya PWR, walaupun tetep saja bobotnya 10kg lebih berat dr pd vixion(mantan). Tp jangan salah bobot lebih berat jg ada keuntungannya, motor jd lebih mantab saat kecepatan tinggi(lwt pantura). Nah dengan pengurangan bobot tsb makanya tidak heran kalo nmp larinya jd lebih ngacir…
    Nah udah pd jelaskan semua, udahlah dr pd debat pilot delman yg ga ad ujungnya, ngeributin sesuatu yg belum pasti bermasalah, mending kudanya kasih rumput dl, kasian udh pd kecapean tuh…..
    Piss lah.

  45. @nubi:
    wah itu mah analisa mengarang bebas anda bro , yg pasti AHM yg tau dan bisa menjawab dengan jelas dan benar. bagi masyarakat awan yg bukan pengguna megapro(bukan FBH)jg. pasti menyimpulkan hal itu memang kesalahan dalam pembuatan (kurang teliti) karena tidak terpikirkan sebelumya bahwa ada pekerjaan bongkar pasang Knalpot. kalo ada pertanyaan tiger jg gt. brarti AHM sengaja membiarkan kesalahan itu menjadi sebuah hal lumrah (karena dianggap tidak bermasalah dari segi kekuatan) sehingga semua produknya dibikin salah seperti itu. karena keegoisan mendisain ulang cetakan yang sudah ada dan terlanjur tercetak banyak.

  46. @Bro ruwet
    Setubuh Mas

    @ Bro semua
    susah juga yaa menyatukan Bikeris Indonesia Ini untuk bernaung di bawah satu bendera Konsumen R2 Indonesia..

    Intinya ATPM manapun sama saja, pasti berusaha mencari untung sebesar-besarnya bagi kemakmurannya sendiri..

    Kip Bradehud ajaaa..

  47. Menurut ane si itu jelas bukan cacat produk laah, itu kan desain nya sengaja dicoak dan didesain untuk memberikan space untuk sparepart yang agak masuk, selain itu coaknya bukan dibagian sasis yang berfungsi menopang mesin kok, jadi tenang aja mas bro..

  48. Sialan….udah punya NMP 3 bln baru sadar klo ada coakanya….
    Tp gpapa lekukan itu malah menambah kekuatan….
    contoh gampang adlah botol aqua gallon ga benar2 rata kan…ada lekukan2 itu perta,a buat menambah ke kakuan/rigid jga kuat ketika jatuh tidak penyok….
    Contoh lain ada pada bagian sisi dalam lengan ayun yang menghadap ke ban ada penyokan sengaja di buat untuk menambah kekuatan dan ke rigid an….liat aja semua motor ada….
    Selamat mas Iwan sekarang hits nya volumenya terus nambah…sukses mas dab….

  49. @Launtner
    Sasis tu fungsiny jauh lebih penting dr kenalpot. Tanpa pipa kenalpot motor masih bisa jalan. Tapi tanpa sasis jgn harap motor bisa ditunggani… ahahahaha….
    Dah terbukti…tenyata NMP salah design.
    Fatal tuh…

  50. yang bilang cacat produksi, merusak penampilan itu goblok, udah jelas di india sono emang kaya gitu bentuknya. makanya sebelum komen cari info dulu, jangan langsung kasih penilaian.
    Berharap para Blogger semakin dewasa dalam melakukan penilaian.

  51. ini cuma masalah stock inventory
    karena trend model sedang merambah ke street fighter, (juga design kompetitor byson pun cukup gagah), maka harus ada perubahan design …

    tapi bagaimana nih karena stock chasis sudah ada dalam jumlah banyak (karena seperti kita tahu, order ke vendor ada minimumnya kan). menganut sistem FIFO (first in first out), maka dimasukkan sajalah mesin dan design baru ini langsung ke chasis yang over stock tadi. kendalanya, tidak 100% fitted, maka siasatnya adalah dicoak tadi.

    jadi jangan pada komentar tentang masalah “kekuatan yang telah diperhitungkan”, atau “honda telah memperhitungkan masalah ini” atau “para designer lebih tahu apa yang dilakukan”… bla bla bla…… semua bulls**t .

    kita lihat aja versi keduanya, model seperti ini tetap dipertahankan, atau merubah dudukan leher knalpot sehingga tak ada coakan lagi.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama