iklan iwb
iklan iwb

Jaman sekarang serasa kurang komplit jika tunggangan tidak mengaplikasi monoshock. Pabrikan sendiri sudah memberikan berbagai sebutan untuk sistem suspensi ini pada produk yang dilempar kepasar. Seperti Yamaha biasa memberi label Monocross…Honda Prolink…Kawasaki monoshock dan lain sebagainya. Begitupun juga cara kerjanya. Ada yang langsung dicangkokkan kelengan ayun tapi ada juga penambahan adaptor yang biasa kita sebut connecting rod dan cushion arm sehingga kestabilan dikecepatan tinggi tetap terjaga. Kenapa??…

Sebab gerakan swing arm hasil dari gaya benturan aspal dan roda diredam oleh kedua komponen. Alhasil efek pergerakan yang diterima kuda besi jauh terkurangi ketika sampai keshocbraker….sensasi menjadi lembut dan nyaman. Secara garis besar  kelebihan monoshock adalah posisinya yang terletak ditengah sasis. Benefit yang didapat, sasis menjadi lebih rigid. Kelebihan lain karena posisi monoshock didekat engine maka konsentrasi berat bisa terkonsentrasi disatu titik (center gravity) sehingga bakal menambah kestabilan kendaraan. So jangan heran motor bermonoshock rata-rata mempunyai handling  lebih mumpuni ketimbang stereo shock. Saat ini monoshock sudah menjadi perangkat wajib buat motosport tulen. Gimana dengan dual shock?? susahnya mengatur balancing kedua suspensi kadangkala menjadikan bantingan motor kurang maksimal. Tapi tentu masih tetap ada kelebihan. Yakni kekuatan dua suspensi dalam mendapatkan tekanan beban berlebih. Artinya jika sampeyan suka menggotong barang berat…monggo lebih baik pilih motor dengan dual shock system. Toh biker jenis ini tidak butuh handling mumpuni to. Yang penting awet, kuat dan tahan banting…..(iwb)

iklan iwb
Previous articleTahukah kapan kipas pendingin CBR250r akan menyala??..
Next articlePejabat AHM mesam-mesem lihat blogger ribut perkara harga CBR150r….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!