iklan iwb

Brother sekalian….ikhtiar AHM menggerojok pasar dengan produk-produk baru telah membuahkan hasil. Khususnya siMegy. Motor gen Dazzler India ini laris manis bak kacang goreng. Kesuksesan sang adik ternyata diikuti oleh sang kakak…CBR250r. Pasca pelucuncuran akhir Februari kemarin, CBR250 mampu terjual hingga 1.167 unit. Waladalah….!!

Pasukan AHM bener-bener ngamuk. Semua lini sepertinya sedang dibombardir dengan harapan musuh mati tidak berkutik. Nafsu pabrikan grup Astra untuk mengganyang YMKI pelan tapi pasti….membuahkan hasil. Contohnya segmen motorsport. Menurut data yang masuk ke IWB, penjualan motor laki Honda mengalami lonjakan signifikan hingga 43% dibanding tahun lalu. Hal ini tidak lepas akibat karena kehadiran new Megy plus CBR250r. Contohnya bulan Maret 2011. Motorsport Honda telah terjual? 24.217unit. Bandingkan dengan tahun 2010 yang hanya mencapai 16.932unit. Begitupun jika dihitung dari Januari-Maret 2011, motorsport Honda tembus hingga 65.864 atau naik signifikan 44,3% dicompare tahun kemarin. New Megy sendiri menyumbang 51.088unit. Disusul CBR250r….1.167unit, Tiger 9.327unit dan yang terakhir CS-1 mencapai 3.686unit. Gimana dengan segmen skutik??…

Lebih mencengangkan mzbro!! Pada bulan maret saja, motor tanpa gigi terjual 189.158unit atau melonjak 95% dibanding tahun kemarin yang hanya 97.039unit. Sedangkan jika dikalkulasi secara kumulatif Januari – Maret 2011, skutik Honda tembus 518.136unit alias terdongkrak 32% dibanding tahun 2010 periode yang sama? (274.633unit). Belum lagi bebeknya…..total penjualan meraih 405.862unit. Sehingga kalau digrand total penjualan motor AHM dipasar domestik pada bulan Maret 2011 tembus 338.447unit (naik 16,2% dibanding tahun lalu) atau kalau dilihat data perJanuari-maret 2011 grup Astra berhasil membukukan penjualan 989.862…..naik 32%. Opo ora edan!!! baru tiga bulan sudah hampir tembus 1juta unit!!!! panen euy……!!!!

iklan iwb

Mahkota telah berhasil direbut oleh AHM kecuali segmen sport yang masih dipegang Yamaha Vixion. Namun….melihat kecenderungan geliat penjualan grup Astra yang “nggilani”….IWB pesimis YMKI bisa mempertahankannya. Apalagi jika siCBR150r sudah diluncurkan…..weleh-weleh, tidak bisa membayangkan perjuangan siVixi. Mungkin satu yang bisa dilakukan YMKI yakni memperbaiki pelayanan terhadap inden Byson yang hingga saat ini masih mengular dan membuat kecewa konsumen. Kalau tidak, lambat atau cepat masa itu akan datang……(Iwb)

 

 

 

 

56 COMMENTS

  1. lebih mantep lagi jika AHM mau merubah body cs1 jadi sonic dengan mempertahankan fitur speedo digital dengan harga di kisaran 17jt! Dijamin deh pasar satria fu bakal tergerus..

  2. Yamaha Kapan y mas Bro kluarin Yamaha YZF R15.. saya Harap YMKI mudah’an liris Motor it..he

  3. hmmm…
    memang luar biasa gebrakan ahm belakangan ini.

    moga aja ymki masih punya nafas buat fight dan juga masih punya semangat untuk terus berinovasi.

    dgn begitu konsumenlah yg diuntungkan.

    bukan begitu?

  4. Indent Byson emang perlu jadi perhatian..
    Saya dulu indent Byson hampir 3,5 bulan.
    Akhirnya aku panasi,maksudnya kalo sampe 4 bulan gak ada lagi,mo ganti New Megapro aja gak sampe 3 hari kirim..
    Alhamdulillah,besoknya langsung ditelpon salesnya…
    Byson datang,jiaan jooosh….

  5. untuk triwulan, itu malah masih dibawah target mas..
    dengan target 2011 sebesar 4 juta unit, harusnya kan setiap triwulan ‘gerojok’ 1 juta unit..
    tapi kita liat dan tunggu aja triwulan berikutnya..

  6. @ yamaha
    Data dikrm langs oleh AHM keemail IWB mzbro. Bukan copy paste dari kedua tabloid tsb. Klo angka sama plek berarti mereka jg dpt data dari sumber yg sama yakni AHM…

  7. tahunnya musim indent buat duo raksasa nech 😀

    azizyhoree.wordpress.com/2011/04/13/ask-antara-android-smart-multimedia-phone-baiknya-yang-mana/#comment-8547

  8. @2 (dhani). Gak Mungkin ahm merubah cs1 jadi sonic!.. ahm sudah cerdas dgn mengeluarkan cs1, krna klo ahm mengeluarkan sonic sudah pasti gak bakal laku!.. dgn mengeluarkan cs1, ahm ‘main aman’ krn beda kategori dgn FU… coba bayangkan klo si cs1 dirubah jd sonic, aplg dgn hrga 17jtan, cuma nambah 1jtan bisa dapet Suzuki Satria FU! dari segi power dan desain jauhh lebih bagus FU! liat aj bedany sonic 125cc, 5speed, sohc, power 12,8ps sdgkan Satria Fu 150cc, 6speed, dohc, power 16,5ps! sonic hany jd pecundang klo disandingkan Fu. jadi menurut saya ahm sudah sangat paham akan hal ini, makny tidak mengeluarkan sonic di sini. jgnkan sama Fu, lawan Raider 125 aj sonic gak sanggup!.. jadi kita liat saja bagaimna kedepany nanti, klo penjualan cs1 makin lama makin merosot tidak akan mungkin dirubah jd sonic malahan kemungkinan besar akan disuntik mati..

  9. kira2 Laba AHM bertambah atau berkurang ya? tentunya dengan banyaknya produk biaya produksi juga meningkat. Klo menurut saya sih Yamaha ga usah ngladeni perang produk dengan Honda. targetnya cukup keuntungan yang bertambah bukan peringkat jualan. Tapi ga tahu dua2nya untung banyak, sedikit atau malah rugi?

  10. ini mocin sport 2 silinder 250cc (cuma 232cc sih…heheheh) ngayal ikut kejurnas 250cc mocinrider.wordpress.com/2011/04/13/mocinrider-siap-ikut-kejurnas-250cc/

  11. @ arto
    Durung mz…drng ketemu pentolan sing iso ditakoni. Nanti klo ada celah pasti msk hehehe…
    * kerjaan blogger dah kyk paparazzi 😆

  12. @alvaro justru itu bro,kan skrng penjualan cs1 lage lemes kurang peminatnya,di sinyalir karena bentuk bodinya yg extreme! Mungkin dengan ganti baju dpt membuat penjualan naik lagi.
    Jualan bukan sekedar adu spec bro, liat aj cbr vs ninja, 1silinder vs 2silinder! Tetep aj peminat cbr banyak. Lagian AHM jualan ap aj laku,asal bentuknya konvensional,aneh ane juga! PEACE…

  13. @alvaro bautista,,terlepas dari cs1,dan fu,,,
    tapi justru dijamannya raider 125 mati kutu lawan sonic 125,,
    mau tau speek standarnya raider 125? biasa aja kok,,,5speed dohc oil cooler,,tenaga 13,3dk,,,
    sonic 125 sohc 5speed liquid cooler 13,5dk,,,

    knp suzuki thailand pny ide edan mencangkokan mesin basis sport 150cc ke ayago? yg ujung2nya dilarang terbit di beberapa negara… krn raider 125 di open race hinggga balapan liar disana kalah bersaing,,dari model,,penjualan hingga performa sasis dan mesin,,
    bahkan sonic hanya kalah tipis ketika ditandingkan dengan raider 150,,(bukan cs1 lo ya),,,

    sampe skrg pun sonic masi jadi legenda ayago yg ditakuti disana,,sementara raider 125 tidak begitu dikenal,,beda denga raider 150 yg emg gila,,150cc dicangkok ke ayago,,,
    tapi rider2 sana mpe skrg masi respek bgt tuh ama sonic,,termasuk suhu2 raider 150 di sono

    di trit negara tetangga bisa diliat spek raider 13.3dk,,,masi dibawah sonic..
    motorcyclephilippines.com/for…d.php?t=136792

  14. @gen9. apa??? gak ada sejarahny Raider 125 kalah ama sonic!… inget sonic mesinny cuma sohc, powerny pun hanya 12,8ps! sdgkan Raider 125 sudah Dohc, powerny 13,5ps! hahahaha! sonic mau mimpi lawan raider? lawan dulu tuh Suzuki FX125! anda tidak tahu ya kalau raider 125 itu selain dohc sudah mengaplikasikan TSCC, berbeda dgn Fu yg TSCCny disunat.. tu fitur yg ada di Suzuki FXR!.. dengan fitur tsb adalah jawaban mengapa cbr 150 sampai sekarang tidak bisa mengalahkan FXR! power cbr150 19ps sdgkan FXR 21ps!

  15. @gen9. DOHC jgn dianggap biasa! yg biasa itu sohc… hahahahaha! lucu anda ini, balapan liar dijadikan patokan… ckckck… klo masalah balapan liar motor yg digunakan itu gak ada yg std alias sudah di bore up! nah klo masalah boreup, itu trgantung org yg bore up atau tergantung hasilnya! gak bisa motor yg sudah gak std dijadikan patokan! pernah denger gak rx-king bisa kentutin ninja rr??? pernah denger gak FU bisa ngasepin ninja r???, pernah denger ga mio bisa ngalahin Mitsubishi Lancer evo dan Suzuki Gsx-R1000???, mau bilang sampean klo king memang lebih kencang dr ninja rr, atau mio lebih kencang dr mobil mitsubishi lancer evo??? hahahahahahaha!… itu semua hasil korekan bro!. gak percaya mio bisa ngalahin Mitsubishi lancer evo dan Suzuki Gsx-r1000?? cari aja di youtube, ada tuh videonya!

  16. @Alvaro, Yg powernya 12,8ps itu Cs1 bro, kalo sonic 13.5hp. Dan kenapa raider 150 keluar, itu karna raider 125 kurang mumpuni melawan Sonic 125.

  17. @rahmats. cs1 dan sonic mesinya nyariss sama!!… eh bro sonic tu sohc sdgkan Raider sudah Dohc! tau gak apa bedanya sohc dan dohc??????? hahahahahahaha! gak ada sejarahny Raider kalah sm sonic! sonic hanya jadi pecundang! jgn seenakny bilang klo raider 150 keluar u ganti posisi raider 125 yg kalah ama sonic! situ gak tau yg namanya positioning product?

  18. @rahmats. masa Raider 150 keluar dibilang pengganti Raider 125 yg kalah sm sonic! hahahahahah! berarti new Cbr150 yg mau keluar disini buat gantiin Cbr150 yg lama karna kalah ama Satria Fu ya? hahahahahaha! klo ngomongin event2 race, balapan liar n etc.. liat tuhh Fu merajai, mana cbr gak keliatan batang hidungny???.. mau gak lo klo Gw bilang Fiu lebih Cepat dibanding cbr??? gak setuju kan!. motor2 yg buat balapan liar gak bisa dijadikan patokan kecepatan! krn kondisi mesinny sudah gak standar lg!. contoh lain: liat di indoprix, siapa yg merajai??? yamaha jupiter z kan, coba klo jupiter z sama honda blade di adu dalam kondisi sama2 standar! siapa yg paling cepat! jawabny y honda blade, krna sudah di test oleh m-plus n media2 lain… tapi kenapa di indoprix blade melempem??? hahahahahahhaha!

  19. yg namany Dohc meskipun powerny setara sama sohc tetep aja jauhh lebih cepat Dohc! liat yamaha scorpio 225cc, 5speed, 19ps, sohc bandingkan sm honda cbr 150cc, 6speed, 19ps, dohc… si pio uggul di cc yg besar sdgkan cbr unggul di Dohc.. dari kedua motor tsb klo di adu di trek lurus siapa yg menang??? tentuny ya cbr! gak ada sejarahny pio menang lawan cbr klo sama2 standar!!! kalau sdh di bore up pionya tp cbrny std lain lg ceritany…

  20. @alvaro. sonic..sonic.. ente tau ga klo sonic banyak tipenya? tau ga sejarahny?
    sonic pertama kali keluar untuk menggantikan posisi honda teena, kalau raider untuk menggantikan cool.
    -sonic yg pertma bernama nova sonic, pertama keluar th 2000 dan sempat masuk secara resmi di atpm honda, pada waktu itu harga honda nova sonic dibandrol nyaris sama dengan honda tiger. ini yang menyebabkan nova sonic tidak laku. (mungkin ini yang anda maksud kalah melawan raider 125 karna power mesin yang hanya 12,9hp).
    -sonic gen 2 bernama sonic rs(tidak memakai embel-embel ‘nova’), untuk tipe ini tidak lagi dijual secara resmi oleh atpm honda disini. sonic rs mengalami peningkatan performa disektor mesin dan salah satunya gear ratio yang super close. dengan perubahan tersebut power langsung membengkak menjadi 13,5hp.. untuk tipe ini banyak sekali testimoni2 dari dalam maupun luar negri tentang akselerasinya yg galak, raider 125 tak dapat banyak bicara melawan sonic rs ini dalam segi akselerasi, tetapi untuk topspeed masih unggul raider, dikarenakan mesin dohc yg mampu berbicara diputaran atas.
    bahklan dalam event” apapun dan bali dinegara asalnya sonic mampu membungkam raider, dan sonic merupakan salah satu motor ayam jago terpopuler disana, dikarenakan mesin yg mudah untuk ditingkatkan performanya dan part yg berlimpah, intinya kasus sonic di negri gajah putih sama halnya dengan kasus jupiter z di sini, dimana bengkel pinggir jalanpun mudah untuk membuat motor tsb menjadi kencang. keep brotherhood 🙂

  21. rame nih disini. yahhhhh si Oonda lg Ributt nihh.. Sonic cuma Makan asepp Mx Gw coy.
    motr cungkring begitu dibanggain, Pokoke honda semakin pasraahh. 😛

  22. mx mah,,,bebek overstroke khas ibu2 ke pasar,,bukan buat balap,,hehe
    makan tu torsi,,,sini bicara masalah speed dan power,,ama cs1 aja dah gak berdaya tu new mx,,,
    mau sok ngeksis disini mending pake blok vixi dulu,,klo standaran mah bakal ancur tuh harga diri mx yg cuma jadi bulan2an

    @bautista :
    caba aja lo tanya2,,,di forum2 thailand,,,gw berani bertaruh 90% bakal jawab sonic lebih unggul dari performa,,
    gak ada sejarahnya sohc menang lawan dohc?
    liat aja nih
    dewataspeedblog.wordpress.com/2011/03/11/sohc-kenceng-bisa-2-klep-kenceng-bisa-juga/
    atau lo liat aja :
    honda vtr 250 yg unicam sohc 1silinder bertenaga 35dk,,bandingkan dengan 2cyl dohc ninin250r yg 32dk atau 1cyl dohc cbr250 yg 26,5dk,,,
    masalahnya tergantung mw distel apa dulu,,,klo pabrikan memilih sohc namun diset utk setingan “hi rpm dan hi power” bisa saja mengalahkan dohc yg diset biasa saja,,,
    no offence but most thailand rider said : raider inferior compared to sonic,,,
    mpe skrg sonic masi ditakuti sebagai bebek 125cc 4T tercepat,,sementra gaung rider nyaris tidak ada dan justru nama raider terkenal setelah munculnya raider150/satria f150 yg merupakan perwujudan balas dendam suzuki dengan ide gila 150cc ditaruh ke rangka bebek yg kemudian menyebabkan satria tidak boleh dimasukkan ke beberapa negara krn safety
    tapi raider125?? maaf memang telah kalah sejak awal…

  23. @alvaro, terserah lo dah, Silahkan searching Sonic 125 vs Raider 125. Dan Cs1 walo mesin Mirip sonic tapi beda Kompresi, beda durasi kem, beda bentuk piston, beda Maping Cdi. Dan powernya pun Beda.

  24. @toha. hahahahahah!! intinya Benerkan kata2 Gw!!! mana ada Rider kalah sm sonic!! biar sama2 125cc tp Rider Dohc sdgkan sonic masih sohc! bisa jungkir balik jumpalitan Dunia klo sonic bs menang lawan Raider! liat aj di balapan2 liar.. Fu rata2 pake silinder head punya Raider krna Punya Raider lebih tebal dibanding Fu…. hahahahahahahahaahahahah!…

  25. @alvaro : darimana sonic 12,8dk? yg ada sonic tu 13,5dk,,,inget ya,,13,5dk
    12,8dk tu cs1,,mesin serupa tapi kompresi diturunkan,,derajat lifting beda,,dan cdi mapping beda,,untuk mengakomodir bensin busuk di indonesia,,,
    kalo sonic mah 13,5dk,,
    TSCC? tuh khn cuma nama aja,,,tup teknologi itu kalo gak salah dipake di thunder 250 juga bukan fxr!,,
    tau gak knp fxr tanaganya 21ps? dari para tuner yg melakukan tes,,,tu karena karbu yg dipake venturinya 30 boz,,jauh diatas cbr yg 28 doank,,efeknya pasokan bahan bakar di rpm atas lancar jaya tapi bensin juga lancar borosnya,,bukan karena TSCCnya!
    pernah tuh dicoba fxr yg karnu orinya rusak diganti ke venturi 28,,ternyata turun jauh bos tenaganya,,,,rpm 11000 keatas dah susah naiknya,,alhasil cuma tembus 130 kpj doank,,,pdhl sebelumnya wkt karbu ori masi baik bisa naek 140-145,,,

    jadi bukan TSCCnya tapi gara2 karbu super gede
    kayak kasus new mx juga,,dari karbu awal di mx lama venturi 22 tenaganya cuma 11,3dk trus di new mx dengan karbu baru jadi 12andk,,,

    back to raider lagi ya,,,mpe dimana raider? kalo emg raider lebh unggul kn raider 150 diluncurkan,,,toh para punggawa suzuki thailand dulu wkt diwawancarai juga bilang “raider 150 punya tujuan utama = membungkam sonic 125”

  26. dulu ymki nekad banget buru2 brojolin byson, krn spt-nya byk yg antusias, begitu muncul pun bbrp konsumen yg tadinya antusias jd kecewa..kyknya perlu strategi nih ymki, lagian kadang konsumen spt-nya gk tau apa yg mrk mau, begitu brojol kecewa.. hehehe..tanya knp..

Comments are closed.