iklan iwb
iklan iwb

Tidak heran AHM mematok harga 6,5juta lebih tinggi ketimbang versi non ABS. Sebab ABS kuda besi Honda CBR250r bukan sekedar ABS biasa, melainkan sebuah kombinasi pintar yang telah dipatenkan oleh Honda yakni Combine Antilock Brake System. Walah opo maneh iku??…

Sampeyan semua pasti sudah tidak asing dengan Vario CBS. Combi Brake System yang telah dulu mengaspal ditanah air. Lewat matic CBSlah teknologi pengereman combi diperkenalkan. Hasilnya braking menjadi lebihΒ  efektif sebab distribusi pengereman diatur sedemikian rupa sehingga porsi antara rem depan dan belakang bisa maksimal dalam menahan daya laju kendaraan. Nah…combi brake inilah yang kini diaplikasikan keABS CBR250r. Bedanya jika Vario diatur oleh sistem hidrolis manual sedang CBR250r menggunakan sensor (ECU/ABS modulator). Jadi tidak usah kuatir ngesot ataupun sliding….ketika melakukan pengereman berat, porsi kedua rem akan diatur secara otomatis oleh control unit dan ABS modulator.Β  Kelebihan lain untuk CBR250r ABS, pabrikan membekali 3 pot kaliper. Bandingkan dengan non ABS yang hanya 2 pot. Terbukti ketika kita semua ditantang oleh pak Endro (AHM) testing dikecepatan tinggi kemudian mengerem sejadi-jadinya, sifairing langsung berhenti dengan jarak yang sangat mengagumkan tanpa ada gejala ngunci atau ngesot….

So…dengan pengalaman tersebut tidak diragukan, Combine ABS yang diaplikasi keCBR250r merupakan fitur brilian. Berdasarkan panic braking experience, sepertinya para insinyur Honda tahu betul bahwa porsi yang tidak seimbang akan mengurangi afektifitas ABS itu sendiri. Dan combine-ABSlah jawabannya. Ujung-ujungnya bakal banyak nyawa yang terselamatkan. Tapi mahal bro….6,5juta gitu loh. Ssssttt…..jangan salah mzbro. Tahukah kalau kita beli alatnya secara terpisah, kata pak Endro bisa lebih dari 10 juta lho. Belum pemasangannya yang tergolong rumit. Untuk urusan nyawa??? tentu tidak bisa dihargai dengan uang to.Β  Masih ragu dengan Combine-ABS ?? monggo dicoba wae untuk membuktikannya. Semoga berguna …….(iwb)

iklan iwb
iklan iwb


iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

36 COMMENTS

  1. menurut ane ABS di motor seperempat liter gx perlu perlu amat! Mending duit 6,5jtnya buat modif!! Kalo motor 600cc ke atas kayanya perlu tuh pk ABS buat ngatasin tenaganya yg dahsyat! Kalo pk ABS sensasi berkendara jd beda rasanya… Kurang maenin felling kita dlm ngerem, jdi gmana gtu… Tapi buat pemula bagus tuh biar ban belakangnya gak goyang waktu panik ngerem.

  2. menurut ane ABS di motor seperempat liter gx perlu perlu amat! Mending duit 6,5jtnya buat modif!!

    sebagian lebih pilih untuk piranti keselamatan, sebagian lebih memilih untuk meningkatkan tampilan πŸ™‚
    nggak ada yg salah, semua cm soal prioritas..

  3. ABS nya seh gak penting,, tapi combi brake nya penting

    jadi dari pada beli abs yg 46,5 juta, mending beli yg standard aja yg tanpa ABS tapi tetep pake combi brake

  4. bukannya combi brake malah bahaya (rem depan dan belakang sama2 bekerja) ada saatnya kita hanya perlu rem belakang aja, misal untuk jaga keseimbangan di kecepatan rendah (termasuk dikemacetan)tanpa bikin kemudi depan terasa berat dan untuk mengkoreksi posisi buntut belakang motor juga. so menurutku mending fitur C- alias combinya dimatiin aja jadi cuma ABS.

  5. klo masih ada yg berpendapat ABS di motor seperempat liter gx perlu perlu amat!

    mungkin temen ane yg almarhum akan berpendapat lain, yg gara2 motor bebeknya pas kecepatan tinggi ngerem mendadak gara2 da anak nyebrang sembarangan

    tapi ya duit2 situ nyawa2 situ so up to u….

  6. maaf untuk masalah nyawa menurut saya ga mungkin cuma tergantung pada ABS atau tidak. misal temen bro astro motornya pakai ABS apa terus dipastikan tidak meninggal? misal ga jadi naik motorpun nyawa juga bisa melayang. Tapi jika pertanyaannya apakah ABS membantu keamanan berkendara? jawabnya jelas iya

  7. 9. f41z – April 11, 2011

    bukannya combi brake malah bahaya (rem depan dan belakang sama2 bekerja) ada saatnya kita hanya perlu rem belakang aja, misal untuk jaga keseimbangan di kecepatan rendah (termasuk dikemacetan)tanpa bikin kemudi depan terasa berat dan untuk mengkoreksi posisi buntut belakang motor juga. so menurutku mending fitur C- alias combinya dimatiin aja jadi cuma ABS.
    —————————————————————————————————-
    emang ga tau ya cara kerja combi brake di cbr250 c-abs atau di vario cbs, kombi brake bakal bekerja bila tuas rem ditekan sangat kuat jadi saat motor dalam kondisi kecepatan rendah kita masih tetap bisa menjaga keseimbangan dengan mengunakan satu rem aja.

  8. kalo menurut saya di musim hujan ini uang 46 juta sementara buat beli mobil dulu aja, ntar kalo dah musim kemarau baru dijual belikan motor ini…

  9. sedikit nambahin, C-ABS ini bekerja jika terjadi panic braking, kalo pengereman biasa/normal system ini ga akan berfungi.. salut buat Honda πŸ™‚ (Honda global maxudnya)

  10. canggih bener nih…
    kapan yamaha bikin fitur spt ini?

    eh terlalu berat kayaknya lha wong bikin cakram belakang aja belum bisa jarene…

  11. Yang ngomong abs buat motor seperempat liter ga perlu-perlu amat, biasanya belum pernah coba. TVS aja cm 180cc pake ABS dan manfaatnya banyk, liat videonya di Youtube,

    Fitur ABS ga hanya berfungsi utk panic breaking, tp berfungsi jg dijalanan berpasir, berlumpur (bayangin jalan abis ada proyek penuh tanah galian kena ujan), jalan perkampungan dll. sehingga ga gampang ngesot, tvs malah nyobanya dikampung.

    Terakhir coba deh baca forum-forum luar, kebanyakan orang yg punya fireblade, R1, 1198, n xj 1100, aja ngomong pingin beli ni motor salah satunya krn fitur abs td, mrk dr besar ke kecil (buat koleksi n riding di kota/komuter) sedangkan kita ke 250cc itu naik kelas, kok malah bilang ga guna?

    dan ternyata mrk jg konsen dg Irit. ga seperti yg di dengungkan sebagian orang,
    dah bisa beli moge kok mikirin Irit? mrk beli CBR krn torsinya, abs, n iritnya, (n cukup kenceng buat di jalan tol / gampang tembus 80mph).
    kl mau kenceng mrk track day di sirkuit atau kl touring jarak jauh baru dibawa tuh r1, fireblade, hayabusa dll.

  12. Kalo Menurutku C ABS ini cukup penting, meskipun nyawa di tangan Tuhan, ada baiknya kita Ikhtiar. kalo emang dana cukup mending beli yg ada fitur C ABS

  13. betul juga sih, meskipun kalo di jakarta yang macet bisa dibilang gak penting karena gak bisa sampe 70
    tapi kalo udah diluar jakarta weww,,, penting baget, tapi apa pantas 6,5 juta buat C-ABS gitu loh,,, 3-4 juta aja itu udah pantes

  14. mantap mas, untuk keselamatan duit segitu g berarti…. coz aq prnah ngrasain sndiri hard braking smpe ndlosooooooooor, pdhal cma pke bebek yg kcepatannya g sberapa….
    *salut buat iwb, aq suka artikel2nya yg informatif*

  15. sebenarnya kalau punya money lebih sih mending beli yang pake C-ABS biar lebih aman lagian kan juga untuk keselamatan..
    cuma kalau buat tmn2 yg lebih memilih uang 6,5 jt nya buat modif yah gk salah juga sih, suka2 yg punya uang dan barangkan hehe…

  16. Bener bgt mas iwan,nyawa ga bisa dibayar dengan uang. Lebih baik pilih yg safety aja,toh sdh banyak pembuktian dari keunggulan ABS ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here