iklan iwb

Tidak heran AHM mematok harga 6,5juta lebih tinggi ketimbang versi non ABS. Sebab ABS kuda besi Honda CBR250r bukan sekedar ABS biasa, melainkan sebuah kombinasi pintar yang telah dipatenkan oleh Honda yakni Combine Antilock Brake System. Walah opo maneh iku??…

Sampeyan semua pasti sudah tidak asing dengan Vario CBS. Combi Brake System yang telah dulu mengaspal ditanah air. Lewat matic CBSlah teknologi pengereman combi diperkenalkan. Hasilnya braking menjadi lebih? efektif sebab distribusi pengereman diatur sedemikian rupa sehingga porsi antara rem depan dan belakang bisa maksimal dalam menahan daya laju kendaraan. Nah…combi brake inilah yang kini diaplikasikan keABS CBR250r. Bedanya jika Vario diatur oleh sistem hidrolis manual sedang CBR250r menggunakan sensor (ECU/ABS modulator). Jadi tidak usah kuatir ngesot ataupun sliding….ketika melakukan pengereman berat, porsi kedua rem akan diatur secara otomatis oleh control unit dan ABS modulator.? Kelebihan lain untuk CBR250r ABS, pabrikan membekali 3 pot kaliper. Bandingkan dengan non ABS yang hanya 2 pot. Terbukti ketika kita semua ditantang oleh pak Endro (AHM) testing dikecepatan tinggi kemudian mengerem sejadi-jadinya, sifairing langsung berhenti dengan jarak yang sangat mengagumkan tanpa ada gejala ngunci atau ngesot….

So…dengan pengalaman tersebut tidak diragukan, Combine ABS yang diaplikasi keCBR250r merupakan fitur brilian. Berdasarkan panic braking experience, sepertinya para insinyur Honda tahu betul bahwa porsi yang tidak seimbang akan mengurangi afektifitas ABS itu sendiri. Dan combine-ABSlah jawabannya. Ujung-ujungnya bakal banyak nyawa yang terselamatkan. Tapi mahal bro….6,5juta gitu loh. Ssssttt…..jangan salah mzbro. Tahukah kalau kita beli alatnya secara terpisah, kata pak Endro bisa lebih dari 10 juta lho. Belum pemasangannya yang tergolong rumit. Untuk urusan nyawa??? tentu tidak bisa dihargai dengan uang to.? Masih ragu dengan Combine-ABS ?? monggo dicoba wae untuk membuktikannya. Semoga berguna …….(iwb)

iklan iwb


Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!