iklan iwb
iklan iwb

Tidak terasa jarak tempuh sikebo telah tembus 10ribu kilometer. Selama ini servis hanya membersihkan karburator dan filter udara tanpa menyentuh blok silinder atas. Dan baru beberapa hari lalu,  blue angel dibedah kepala silindernya guna disetel ulang klep…

Motor sekarang memang beda dibanding dulu. Masih ingat ketika nunggang Megy lawas, setiap sebulan sekali ritual setel klep harus dilakukan. Mesin kasar serta tingkat kerenggangan sering berubah memaksa mekanik menyarankan biker untuk melakukan servis berkala per 2500-3000km. Budaya inilah yang membuat IWB pertama kalinya sedikit bingung dengan mekanik Yamaha dimana tidak pernah menyentuh kepala klep sikebo. Jawabannya ” tidak perlu pak….kalau perlu saja. Per10ribu aja nggak apa-apa koq”, serunya meyakinkan. Awalnya sudah berburuk sangka….males aj nih mekanik. Tapi memang terbukti mesin tunggangan tetap halus tanpa ada penurunan performa. Konsumsi bahar bakarpun normal-normal saja tidak boros….

Dan…masa itu telah datang. Jarak tempuh menginjak 10ribu alias waktunya setel klep. Yup….untuk menyetel klep, Tanki sigambot wajib dicopot sebab jarak kubah kepala silinder mepet dengan fuel tank. Jelas terlihat desain engine gen FZ ini memang tidak dibuat untuk sering setel klep. Nyopotnya itu lho…ribet banget!. Nggak seperti kalajengking, Tiger ataupun Megy lawas, Byson blok silinder topinya diangkat…hingga bolong menganga. Yah…maklum sih soalnya banyak kabel/pipa karet sebagi penekan emisi gas buang berseliweran disilinder engine Byson. Dan sepertinya sistem ini hampir mirip dengan mesin Unicorn Dazzler aka NMP. Mekanik terlihat cukup cekatan. Setel klep sebentar, pasang kembali dan….sikebo makin tidak bersuara. Seperti  iklan panther ” Nyaris tak terdengar 😆 ” . Yang dikorbankan siapa?? yang pasti klakson. Gara-gara mesin kelewat halus…tangan kudu sering pencet tombol “Horn” biar mereka menyadari kehadiran kita dibelakangnya. That’s Byson…….(iwb)

iklan iwb
iklan iwb

Bentuk tanki asli sikebo…

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

50 COMMENTS

  1. Gila, cepet banget masbro, saya ketinggalan jauh nih, baru 150km. Abis jarak rumah ke kantor cuma 4km 😛

    Btw nitip dagangan ya:
    spaceromantic.wordpress.com/2011/04/11/dudukan-plat-nomor-byson-di-depan-blok-mesin-solusi-lain-buat-tampil-lebih-gaya/

  2. waaa, Sangar juga diPreteli gitu Maz..
    Oia Maz, kondom si kebo cuma samping kiri- kanan sisi tengkinya Saja Thoo..??
    Saya kira semua di Bungkus kondom..

    * maklum masih Katrok Maz, belum liat Byson dari dekat palagi pas parkir..

  3. @ Pb
    Wah masih panjang mzbro…
    @ Pavarazi
    Kayak pakbambangnunggangjaran…kudu sabar
    @ XXll23
    Cutting sticker mzbro xixixi…
    @ Angga
    Walah irit amir. Disinyalir jarang ngisi bensin dong. Lawong saya perhari 80km mzbro…
    @ Hourex
    Tengah juga mzbro. Cuma terpisah. Btw..kalau mau ngedrag kayaknya kudu wajib copot kondom nih. Bentuk tanki asli bulet doang…minim turbelensi udara mzmul..(halah jiwa mudanya kumat xixixi)
    @ Angga
    Wah…ini bro angga yang lain nih. Angga yng satunya udah berhasil tuh bro indennya 😆

  4. @Mas Iwan
    Nyedotnya cuma klo weekend doang mas, buat jalan2. Itu juga cuma abis 60-80km. Lha wong dari isi bensin tanggal 5 kemarin, indikatornya baru turun 1 bar. Disinyalir full tank buat sebulan nih. hehehehe…

  5. Mas, kpn2 tlg bahas nsr vs ninja nggih..? pengin 2nd ne tpi bingung milih endi. kyke bakal rame lho nek dibahas, dg data on the track pastinya bukan data brosur. nuwun..

  6. Mas bro, klo setel klep berarti tanki asli dilepas total atau cuma sebagian? klo kondomnya kan dilepas total tuh. Oiya mau nanya nih,kualitas las2an rangka byson rapi ga? Setau sy las2an rangka tiger, nmp, pulsar ga sebagus cs1. Gmn dg byson? Krn sy pgn ambil byson.

  7. @ Angga
    Wih..mantep. Sikebo emang termasuk irit
    @ Fan
    Weleh…permintaan yang berat secara susah cari NSR second. Apalagi tidak ada teman yang punya. Tapi jika ada kesempatan pasti saya buat artikel…
    @ Sabdo
    Rata-rata ya bro. Coba sampeyan intip New Megy aka Dazzler, Pulsar series, Byson aka FZ16…semua alus mesinnya
    @ Joko
    Gede juga koq bro…..kayak punya Vixion
    @ Arsixty
    Kenapa bro?? ngembun??
    @ Max
    Ada dua alternatif. Bisa diangkat semua atau kondomnya aja. Las-lasan?? lebih rapi dari Pulsar pastinya
    @ Pakbambang
    Sabar pakde 😆
    @ Wahyu
    Bagus aja sih bro. Buat melindungi gesekan soale. Tapi emang selera yak…

  8. @iwb: ngembun trus akhirnya mati.. akhirnya di-replace 1 unit, mekaninknya ga berani bongkar speedometer digital.

  9. wah km bysonnya uda bnyk bngt bro? pnya ane aja masih 2 ribu hehe 😀
    bro bysonblue : punya ane uda gnti knalpot, busi iridium & koil racing top.nya uda dpet 117 km/jam bro!! salam sruduk bro!!

  10. mas bro mo join ne,ane dr ujung timur indonesia tepatnya bima ntb. 2de point aja mas mo nanya knalpot recomended the best 4byson apan ya?plis bantuin

  11. @ pavarazi
    Lam kenal jg bro. Mang bnr, jngkan milih warna. Yg random aja tetap lama koq bro
    @ adi
    20menitan…
    @ arsixty
    Trs skrng gmn, masih ngembun nggak yg baru?
    @ bysonblue
    knalpot diganti apa nggak bro?
    @ patric
    Mantep euy. Knalpot pake apa mzbro?
    @ avzan
    Ditelp aja bro, sapa tahu bs ngilangin rasa kng zizizi…ngawur.com
    @ skips
    Walah…ninin 2stroke klo ada stel klep malah masuk MURI mzbro wkwkwk
    @ tommy
    Wih…NTB, lam kenal bro. Tq sudi mampir diwarung kecil ini. knalpot sikebo merk yg sdh pny nama paling pake R9. Hrg skitar 1,1jt. Suara lumayan mantep. Ada yg bs bantuin?

  12. thnx mbro 4sambutannya, kira2 bengkel yang nyediain knlpot R9 benkel mana ya?minimal no hp nya deh

    to bro patric: bs minta no hp nya ga?pengen curhat2an masalah byson ente yang baru dimodif knalpot dll

  13. Salam kenal mas…,,, mau tanya ni…,,
    Dari awal hingga sekarang apa keluhan makai byson mas??? itu suara seperti gesekan di mesin ketika di kisaran putaran 4000/5000 rpm apa ya mas ?? (suaranya seperti ban yang menggesek spakbor) ato semua byson seperti itu???

    Maklum… baru pake byson mas….

  14. waww,,,
    thanks infonya gan,,
    tp bgmana jika ganti knalpot yg sistem buangnya lebih besar,,
    yaah,,maklum,,anak masa kini,,:)
    sekiranya boleh tau,,baiknya gmana gan,,perlu settibg klep ga,,

    thanks,,
    😀

  15. ane punya tuh kebo,baru 6 bulan beli tenaganya dah ancur,,,di dataran aja hanya nyampai 40KM/jam.ane pakai gigi 3,4,5 sama aja tuh.setelah itu ane bawa ke bengkel resmi yamaha,al hasil baru di perbaiki 3 hari kumat lagi tuh tenaganya hilang,,,,kira2 ada yang tau ga’ ya,apa penyebab motor ane jadi seperti itu????

  16. dear Mas iwan,

    kebo pnya saya ud 38rb km tp smp skrg blm prnh stel klep. jd suara nya brisik bgt. kira2 sdh telat blm ya utk stel klep?
    waktu stel klep gk smpe trunin blok mesin kan?
    APA semua mekanik di bngkel resmi bisa stel klep ?

  17. Bro, BeRes Yamaha rekomendasinya dimana (Jakarta) ?
    ane barusan ditolak di BeRes daerah Pondok Kelapa waktu bilang service ringan + stel klep. padahal performa udah ancur banget, suara udah kaya mesin ketik. Alasannya kelamaan ngebenerinnya n ribet karena mesti bongkar2x.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here