iklan iwb
iklan iwb

Rasa jengkel, kesal dan kecewa banyak dilontarkan para konsumen akan susahnya mendapatkan sikebo. Inden dua minggu hingga satu bulan sih masih bisa dimaklumi. Lha ini banyak kasus ngantri hingga 3-6bulan. Opo ora geregetan!!!. Fenomena ini tentunya membikin penasaran kita semua. Ada apa sih dibalik leletnya pelayanan Yamaha??…..

“Harusnya YMKI menggenjot produksi dong!!!“… ada lagi yang berkomentar “jangan-jangan kualitas masih kurang nih”….dan masih banyak spekulasi bermunculan dari biker akibat inden yang terjadi. Tapi…..gimana mau genjot mzbro, lawong  pedalnya tidak disini. Maksude??? yup….Ibarat sepeda onthel……pengayuhnya berada jauh diujung sana brother. Sebab menurut sumber yang terpercaya, YMKI ternyata masih mengandalkan tenaga Yamaha India untuk mendatangkan mayoritas part FZ16 ketanah air. Tentu proses delivery membutuhkan waktu untuk sampai ditangan YMKI. Belum lagi setelah tiba disini kudu dicek dan sortir ulang oleh QC department…apakah part yang dikirim sudah sesuai standart Yamaha Indonesia atau tidak. So ini berarti part yang kurang memenuhi syarat kualitas akan dikembalikan keIndia. Mekanisme inilah yang akhirnya membuat distribusi Byson kekonsumen menjadi tersendat. Lho…kenapa tidak dibuat didalam negeri saja???…..

Pasti!!!…..sekarang proses sudah berjalan. Kemungkinan 6 bulan lagi, baru Byson bisa produksi full-power. Soale pedal milik sendiri, bukan pinjaman dari orang lain 😆 . So brother….jelas terlihat otot Yamaha tidak sekuat Honda. Dari segala fakta yang ada menunjukkan  peluncuran sikebo adalah buah dari panic-decision YMKI menghadapi manuver AHM (mungkin lho yah..). Seandainya Dazzler alias NMP tidak mengaspal duluan dimarket tanah air, bisa jadi hingga saat ini kita belum mencicipi FZ16. Sebagai penyemplak kebo, mau nggak mau kita kudu bilang ” Terima kasih” kepada Honda menjadikan Yamaha melepas Byson kepasaran. Walau harus banyak yang disakiti oleh wabah inden. Buat Yamaha…kasus Byson adalah pelajaran berharga. Dengan kata lain jangan terlalu memaksa diri  jika harus menyakiti. Sebab disadari atau tidak, pengalaman ini telah banyak menjatuhkan nama YMKI sendiri didepan para loyal konsumen yang cinta terhadap produk-produk pabrikan garputala…….. (iwb)

iklan iwb
iklan iwb

Noted : Foto touring nyomot dari Kompas/bro Agung

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

59 COMMENTS

  1. Kenapa gak sekalian didatangkan utuh2 dr India?? Spt case Satria FU pertama kali masuk di Indonesia th.2004? Biar gak menyakiti hati penginden…

  2. bukannya dulu petinggi YMKI pernah bilang kalau kualitas yamha india itu rendah?
    lho kok malah impor dari yamaha India?

  3. @ Pinokio
    Standart kualitas memang tdk seketat YMKI atau bs diblng lbh rendah. Mangkanya kbrnya dari 100persen mungkin hanya 50persen yg lolos ketika masuk QC YMKI. Dan utk Byson didealer adalah produk yg sdh lulus uji kualitas. Mangkanya distribusi nyaris mandek

  4. Hmmm jadi begitu ya…. buah dari keputusan terburu-buru tanpa persiapan matang akibat dari kepanikan melihat manuver tetangga sebelah… YMKI kenapa tak belajar dari kasus VegaZR edisi pertama?? ya, memang pada kasus vega ZR tak separah inden lamanya Byson, dulu VegaZR awal secara penampilan cuma terlihat inferior dibanding abs Revo dan akhirnya hanya berjarak beberapa bulan facelift mika sein.. apakah lexam akan menyusul kemudian??? semoga tidak…

  5. byson motornya orang sabar keknya hihihi….brati klo mo pesen part2 byson buat vixy harus inden jg y mz iwan?

  6. Makin terbukti prediksi Bro Genesis, strategi YMKI sekarang ga jelas n tak tentu arah (podo wae). yang justru malah mengecewakan konsumen, padahal kl dulu ga maksain naik cc ckp vacelift vega R (mesin tt sama) kemungkinan besar hasilnya malah lain. Vega R dl motor entry level dg model value terbaik menurut ane, model lampu yg elegan, lumayan irit n power lmyn besar.

    kehadiran Vega Zr yg modelnya lebih inferior (apalagi sekarang bukannya dikasih mika bening plus reflektor malah mika putih) tenaga tambah lemot.

    sdh hampir setahun New Jupie Z yg mesinnya hampir sama dg vega zr, masih belum berani dipake pembalap yamaha buat balapan Indoprix. cc naik harga nambah, model tambah bagus, tp mesin ?

    Scorpio, baru lihat satu di jalan, cc lebih besar, lebih mahal, tp model n teknologi nanggung, klh teknologi dg vixion klh model dg Byson.

    last kesalahan di Byson, inden lama, dan produk yg blm teruji (bermasalah), makin membuat konsumen lari.

    Mio n Soul yg blm ada perubahan, n xeon dg posisi segmentasi yg serba nanggung.

    akankah prediksi MS ter realisasi?

  7. Sayangnya bukti itu semua malah menjauhkan YMKI dr perkataan mereka sendiri.
    Kami tidak mengejar Market Share, tp kepuasan Konsumen.

  8. made india yup… namanya juga CKD a.k.a Completely Knocked Down yg mana part² motornya diimport secara terurai dan kemudian dirakit di Indonesia walaupun tdk menutup kemungkinan ada partnya yg di buat di indonesia
    tapi yg disayangkan motor yg dah ditunggu 20 tahun (lebay), 2 tahun lamanya sejak pemberitaan, harusnya dgn persiapan yg lama itu YMK* dah siap btw yamaha india lg siap² bikin yg 250cc, apakah sebuah motor yang benar² baru ato Fazer 250 seperti yg di brazil penasaran_mode.on

  9. partnya masi dari india semua ya…klo ntar da sebagian di produksi dsini seharusnya harga byson bs turun dong…

  10. Horeee plat nO N250 saia dah jadii… ..tpi agak sediiihh cz tdi liat ninja putih yg saia idam”kn slma nI.. ..untung ja si ijo SE g kalah ganteng…
    Hahah…

    *koment g nyambung…wkwkwk..*

  11. panic decision? hmmm rasanya nggak juga, soalnya persiapan produksi byson ini sudah setahun sebelumnya. hanya saja kayaknya tingkat quality type ini lebih diatas type lain, makanya para vendor yimm kelabakan untuk memenuhi tingkat qualitynya, ujung2nya hasil produksi tak mencukupi. maklum pabrik manufakturing sekarangkan tinggal ngerakit, penyediaan part tinggal tunjuk vendor. vendorlah yang setengah mati nyediain part dengan spec quality yang mereka minta. quality tdk sampe standart tinggal claim, gampang dan gak perlu pusing mikirin ongkos produksi atau ongkos repair. makanya kl motor sekarang qualitasnya jelek harusnya jd pertanyaan, lha pabrik tinggal nentuin tingkat quality kok.

  12. kenapa sih masih pada ributin byson???dah jelas2 indent,katanya lemot,ringkih dan bahkan ada yang bilang produk gagal..bukannya ada NMP yang ready stock,teknologi keren,desain nomor satu,larinya kenceng..
    tanya kenapa???xixixi…

  13. Indent 3 bulan warna biru di Tulungagung..
    Kalo merah mungkin 6 bln jg kali,biasanya biker suka warna merah tu…

  14. IWB
    Setuju bgt ma opini sampean, pelajaran sangat berharga buat YMKI. Moga kedepannya YMKI tidak mengulanginya lagi (menyakitkan hati para konsumennya)

  15. Saya dijanji indent Byson selama 6 bulan di dealer Yamaha surabaya di daerah rungkut. Aneh klo mau cash indent 6 bulan, klo mau kredit bisa 2 bulan atau lebih cepat. Sebenarnya ini permainan dealer nakal ut meraih untung lebih besar melalui penjualan kredit atau memang stok terbatas?
    Udah muter2 di beberapa dealer yamaha jawaban sama, ada yg bisa indent 2 bulan klo cash, klo kredit bisa langsung proses dan barang siap kirim 2 hari lagi ??? ha????
    Lain dg dealer pesaing H***A, mau cash atau kredit mereka ready stock dan siap kirim.
    Gimana nih Yamaha? perbaiki dunk sistem distribusi Byson dan dealer nakal kredit ini …!!!

  16. YMKI mengajarkan bahwa sabar itu penting…
    walau terasa pahit awalnya tapi manis ujungnya….
    gitu ga kira2 mazbro..??!

  17. Wowoo gitu toh ceritane..
    Nitip jemuran dulu masbro
    lintangselatan.wordpress.com/2011/03/29/review-pengguna-honda-new-megapro-pasca-10-000-km/

  18. @yellowduck
    pembelaan yg berlebihan mas…bisa besar kepala tuh YMKI kalo digituin. soal bersabar, tiap hari hidup sudah mengajarkan itu kepada kita..

    Konsumen seharusnya diperlakukan seperti raja mas, masa konsumen diperlakukan “mau indent 4 bulan ya silahkan, kalo gak mau ya sudah..”

  19. @damhar
    bukankah hal seperti itu sudah menjadi bagian kehidupan rakyat indonesia bro ? banyak teori ekonomi yang ga sinkron dengan realita di indo, itulah uniknya indo 😀
    contoh paling gampang, angkutan umum udah bobrok, membuat polusi yang parah, tapi tetap aja dikejer2 penumpang, wkwkwkwkwk
    ga sesuai dengan prinsip konsumen adalah raja, di indo konsumen adalah sapi perah dari produsen dan regulator

  20. weh.. ada penampakan juragan rondo :mrgreen:
    btw temen aye curhat kapan hari, kalo adiknya beli si kebo dengan cash tapi karena ngga mau nunggu lama2 maka nego dengan salesnya akhirnya harus nyetor lagi Rp.1 saja dengan nolnya ada 6.. tidak ada seminggu si kebo parkir di rumahnya..
    sama sekali ngga nyalahin YMKI, hanya saja kok pihak dealer/salesnya kok mau main kotor gitu yach?
    adiknya temen gw juga rada2, mau aja main kotor gitu..
    Padahal udah punya kalajengking (stnk rakitan 2009) eh dijokul buat ngambil kebo..

  21. ada hikmahnya,,
    karyawan yamaha motor lembur trz.tiap hari pulangny mentok
    sabtu minggu on.
    hahahaha…fulus.

  22. mas bro…
    koq yg saya temui ada beda bentuk karburator antara byson keluaran 2010 (punya saya nov 2010) dan byson diatas jan 2011

    mungkin bisa dibantu informasinya

    makasi

  23. Bro aq dri sumenep madura…aq pesen kebo wes 3 bulan neh??? aq cari warna putih malah yg dtg warna silver itupun satu,,,
    sampai skrg blm datang” si kebo pesenanQ…gmn YMKI????? kirim buruannnn wes ngebeeettttt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here