iklan iwb

Brother……sudah rahasia umum mayoritas motor pabrikan Jepang kalibrasi speedometer dimajukan dari speed asli. Sebagai produk anyar, ada rasa penasaran akan keakuratan speedometer siCBR dibandingkan dengan GPS.? Mau tahu??? Berikut ulasannya….

Tanpa sengaja menemukan postingan diwebsite Thailand tentang testing kalibrasi speedometer CBR250r. Siowner mencoba membandingkan speedo digital siDOHC dengan GPS. Sayang merk GPS yang digunakan tidak jelas. Terlihat dari speed 50km/jam…differensiasi kecepatan hanya berkisar 6km/jam. Namun seiring bertambahnya laju kuda besi ketimpangan makin besar….tapi konstan dikisaran 10km/jam. Ketika CBR250r menyentuh kecepatan 100km/jam…GPS meraih angka 90. Begitupun pula ketika speed dikembangkan hingga 110km/jam…..GPS lebih rendah 10km dibelakangnya. Menurut sumber, hasil konsisten hingga kecepatan tertinggi….

Kesimpulannya perbedaan kalibrasi speedo digital CBR250r vs GPS sekitar 10km/jam.? Artinya selama tidak lebih dari 15% perbedaan masih dalam taraf wajar. Tapi kalau sudah lebih dari persentase yang disebutkan, itu baru kebangetan 😆 . Ada komentar mzbro??…...(iwb)

iklan iwb

59 COMMENTS

  1. Usul Bro Iwan..
    Kalo ada waktu,test juga Byson.
    Soalnya kl naek Byson di kecepatan 80 km/jam aja perasaan kencang kali larinya..
    Apa emang Byson ne mendekati kecepatan real seperti di GPS.
    Sekarang waktu tempuh rata” lebih cepat 10 menit dri sebelumnya pake bebek..

  2. Hmm, sy juga pakai GPS Navigasi di motor, pada Pulsar 200 speedo putih, deviasinya sekitar 8% lebih cepat speedo dibanding pembacaan GPS. Tapi ban depan sudah non standar (100/80-17), jadi ga berani mengklaim 100% sahih sbg representasi Pulsar speedo putih.

  3. kalo menurut saya bukan selisih 10 km/jam, tapi selisih 10% dari gps, toh waktu kecepatan rendah selisihnya ga nyampe 10 km/jam, tapi semakin tinggi kecepatan, selisih semakin banyak 😀

  4. yg pasti gps yg dipakai di atas itu bkn garmin. saya kira garmin produk yg ok, buktinya bmw memakainya sebagai gps official di mobil2 produksinya, saya lht sendiri di bmw sepupu saya. saya juga pakai di mobil saya. apalagi sampai ada produk kolaborasi antara asus dgn garmin, itu salah satu bukti bahwa kualitas garmin diakui dunia. jgn pakai gps merk antah-berantah kalo mau ngukur gituan. temen saya beli yg buatan china, pas dipakai gak lama bikin short dikelistrikan mobilnya sampai fuse2nya pada putus melulu.
    saya gak tau keakuratan speedo cbr 250, tapi saya yakin speedo ninja 250 emang lumayan akurat, soalnya saat saya ngebut sudah berasa kenceng banget, tapi speedo cuman ada di angka 100 km/jam, padahal saya merasa dgn kecepatan segitu paling gak sudah menyentuh angka antara 110-115 km/jam. saya bisa katakan gini berdasarkan feeling & pengalaman saya lbh dari 20 thn memakai motor, terutama motor 2 tak dan dulu saya juga sering main ke sirkuit ancol yg sekarang tinggal history.

  5. Currently it appears like Movable Typee is the best blogging platform available riggt now.
    (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

Comments are closed.