iklan iwb

Sudah hampir sepuluh tahun, pabrikan Jepang satu ini tidak pernah ada perkembangan siknifikan. Bisa dilihat dari manuver-manuver produk yang dibrojolin tak lebih hanya sebagai penggembira menonton kesuksesan pabrikan lain. Kecuali Suzuki Satria Fu yang lumayan mendulang kesuksesan. Terus apa yang kudu dilakukan Suzuki???….

Dalam kacamata pribadi, Suzuki harus melupakan pertempuran melawan pabrikan wahid macam Honda dan Yamaha. Saat ini percuma jika terus merevisi berulang-ulang produk matic atau bebeknya. Sebab kenapa??….perhatian konsumen minim sekali terhadap produk siSuzi. Sekarang mzbro bayangkan. Dari mayoritas teman yang saya tanya…entah diJakarta atau dikampung, tidak satupun yang menyebut produk Suzi dalam daftar belanjaan mereka. Bebek kalau tidak Revo, Supra, blade, Jupiter MX ataupun VegaZr. Shogun???….Axelo??? seperti tidak pernah ada. Kemudian matic…paling Beat, Scoopy, Vario, Mio. Skywave??..Skydrive???…..babar blas ora disebut. Malah cenderung dilupakan. Baru setelah kita pancing….jawabane, Oh iya….tapi nggak ah, kurang kalau Suzuki. Maksud kurangnyapun tidak mampu dijabarkan dengan jelas. Harga jualnya jatuh mzzzz……sparepartnya mahal mzzzz…modelnya kurang mzzzz…..dan masih banyak lagi alasan lain. Artinya apa???….

Suzuki memberi gula diair laut…..bagai amblas tidak berbekas. Supaya mempunyai efek bagaimana??? bikin diferensiasi atau perbedaan. Buat produk yang tidak ada pada kompetitor..dan ingat!!! harus menyita perhatian dan revolusioner. Contoh dong produknya sendiri siSatria FU. Dengan model dan spek yang melenggang sendiri…FU laris manis. Mesin DOHC, 6speed, model ayago dibanderol kurang dari duapuluh juta. Lawan???..sing ade lawan lawong Honda atau Yamaha tidak menyediakan. Praktis hanya siijo Athlete yang mempunyai basic rangka sama. Tapi dari segi engine bukan lawannya…..

iklan iwb

So buat Suzuki…..ciptakan motorsport yang tidak ada pada kompetitor seperti yang dilakukan Kawasaki. Setidaknya bisa membuat bomb-ffect sehingga perhatian biker atau konsumen tersita. Jangan mikir quantity dulu tapi bagaimana created image agar terdongkrak kembali. Image sebagai pabrikan mlemplem dihilangkan..dengan cara buat differensiasi lewat penggerojokan produk-produk mumpuni kepasaran. Yah contohnya…bisa datangkan GW250 sebagai pembuka. Atau produk yang mempunyai design fresh…full fairing, monoshock, full digital, swing arm banana style…..monggo dilirik GSX250r. Intinya….bikin perbedaan. Kapan lagi mau dimulai kalau tidak sekarang. Selebihnya monggo dipikir dan dianalisa sendiri. Toh disana ada kru SIS yang tentunya punya tim-tim ahli profesional. Mosok aku sing dikongkon mikir 😆 ……(iwb)

 

34 COMMENTS

  1. pertamax dlu
    betul tuh suzuki jgn ragu bermain d class motor semprot
    at least keluarin new FXR gtu hehehe

  2. Mas iwan, seperti nya ada pengetikan yg salah di judul..
    Kata “sukes” nya kurang “s”
    Cmiiw ya..

  3. Suzuki Gladius 400 Motor Jepang Rasa Italia
    vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/suzuki-gladius-400-motor-jepang-rasa.html

    Suzuki GSX 1300R Hayabusa 2011
    vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/suzuki-gsx-1300r-hayabusa-2011.html

  4. bring back FXR, mari kita komporin suzuki rame-rame 😀

    wordbola.wordpress.com/2011/03/23/teknologi-sepakbola-ketika-sepakbola-semakin-mirip-playstation/

    wordbola.wordpress.com/2011/03/23/sepatu-sepakbola-baru-nike-ctr-360-maestri-ii-whiteblacktour-yellow/

  5. @nunoe
    ya, mumpung belum keduluan upgrade Tiger lho

    Diferensiasi Suzuki : Skywave, Thunder yg murah amir, Shogun dgn double disc dan SKSnya, Satria dgn DOHCnya
    Skywave sebenarnya diferensiasi juga lho, double shock, ban 16′, dek tidak rata..cuma kalah dengan image boros, sparepart mahal, dan harga jual jatuh..
    harusnya Skywave dibuat injeksi doubledisc brake dan diset sebagai matic premium, maka lengkaplah image diferensiasinya. Harga agak mahalan justru akan menguatkan image premiumnya

  6. setuju bnaget bro Iwan, Suzuki yg sekarang beda banget dgn suzuki 8 tahun yg lalu yg lumayan disegani.
    tapi sekarang?
    babar blazzzzzt……..!!

  7. pantesan slogannya diganti “way of change”
    kalo dulu kan “inovasi tiada henti” eh malah sekarang “inovasi sudah berhenti”
    (curhat mantan pemilik suzuki) :mrgreen:

  8. Manajemen Suzuki yang kurang greget dalam memburu pasar motor hal itu juga yg mengakibatkan minim produk yang fenomenal..

  9. suzuki harus berani tampil beda…. jgn sekedar ngikutin honda ato yamamah, kluarin produk2 yg emank tiada tanding : FXR Re-born , bebek super harga pahe, touring sport GW-250 …..

  10. Bro Iwan, salam kenal. Sy dl 8 th pake TRS buat sekolah. Ganti nyemplak RGR 4 th, tiap hr serasa jd Kevin Schwantz. Lantas batal nunggang FU sebab sikile puanjang, Skrg ini dah 5 th nggiring Thunder, sakit hati ini mzbro lantaran saban hr dilecehin ama matic2 bebek. Luntur sdh cintaku pd Suzuki Ind. Besok2 sy mau ngangon kebo aja kayak punyanya mzbro, ntar tak seruduk semuanya.

  11. tangio ki ojo turu terus pak dodolan montor kok montore asal-asalan yo ra payu……………..
    hayate…axelo……angel loooooooooooooooooooo

  12. mmmmmmm..gak tau kenapa ms suzuki kok nurun terus, tapi kalo sperpart mahal nggak deh wong itu ori SGP yang awet.coba bandingin yang sama sama ori bukan KW-KWan

  13. @ Akhiong
    lam kenal jg mzbro. Wah…ini dia contohnya. Satu konsumen loyal akhirnya kabur jg. Kerugian buat suzi. Btw RGR150 dl emang mantep bro. Rajanya thn 90an tuh sblum NSR nongol

  14. sorry om iwan, ane kurang setuju dengan bahasannya, justru kalo saya liat suzuki tidak penggembira & sudah diferen dari dulu, buktinya dia menunjukkan klo motornya beda semua, dari mulai cc, irit, serta kualitas bahan & rangka, yg bikin ga laku mungkin hny promo yg kurang, kl merk2 lain kan gencar promonya, maklum lah penjualan suzuki memang ga sebanyak yg lain, itu aja dulu mungkin, peace hehehe…

  15. Apalagi produk anyar mereka spt Axelo & Titan(yg sekarang) sdh dilengkapi AHO,bsa jadi malah tambah seret bro penjualanya walaupun iklanya tiap hari gencar di media elektronik/cetak, di daerah ane jarang nemuin Axelo paling bnyk satria FU.

  16. GW 250 pastie mantap,
    Semboyan Suzuki kalau ndk salah “Inovasi Tiada Henti” brojolkan dong Gw250 nya…., dan Jadikan Gw 250nya itu Sebagai pEmbawa dan Pendongkrak Nama Besar Suzuki,dg di hadirkan nya gw250 nya itu,gue yakin Suzuki akan mempunyai pasar dan pecinta tersndiri di dalam nya…sebagai mana hal nya seperti si satria Fu,yg laris manis walau tanpa Iklan yg berketerusan sbgaimana hal nya yg dilakukan pabrik lain,buat suzuki maju terus walaupun gue pakai vixion,tapi apa salahnya,kalau kita beserta yg lain memberi masukan buat suzuki,agar bisa menjadi tambah lebih baik dan semakin baik………Sipppp Maju terus Suzuki

  17. kalo GW250 jangan lah, nasibnya kaya thunder 200 jaman dulu, soalnya spec nanggung, model jg nanggung, sekalian main di sport full fairing, sy yakin sport pasti menjanjikan,

Comments are closed.