iklan iwb
iklan iwb

Sudah hampir sepuluh tahun, pabrikan Jepang satu ini tidak pernah ada perkembangan siknifikan. Bisa dilihat dari manuver-manuver produk yang dibrojolin tak lebih hanya sebagai penggembira menonton kesuksesan pabrikan lain. Kecuali Suzuki Satria Fu yang lumayan mendulang kesuksesan. Terus apa yang kudu dilakukan Suzuki???….

Dalam kacamata pribadi, Suzuki harus melupakan pertempuran melawan pabrikan wahid macam Honda dan Yamaha. Saat ini percuma jika terus merevisi berulang-ulang produk matic atau bebeknya. Sebab kenapa??….perhatian konsumen minim sekali terhadap produk siSuzi. Sekarang mzbro bayangkan. Dari mayoritas teman yang saya tanya…entah diJakarta atau dikampung, tidak satupun yang menyebut produk Suzi dalam daftar belanjaan mereka. Bebek kalau tidak Revo, Supra, blade, Jupiter MX ataupun VegaZr. Shogun???….Axelo??? seperti tidak pernah ada. Kemudian matic…paling Beat, Scoopy, Vario, Mio. Skywave??..Skydrive???…..babar blas ora disebut. Malah cenderung dilupakan. Baru setelah kita pancing….jawabane, Oh iya….tapi nggak ah, kurang kalau Suzuki. Maksud kurangnyapun tidak mampu dijabarkan dengan jelas. Harga jualnya jatuh mzzzz……sparepartnya mahal mzzzz…modelnya kurang mzzzz…..dan masih banyak lagi alasan lain. Artinya apa???….

Suzuki memberi gula diair laut…..bagai amblas tidak berbekas. Supaya mempunyai efek bagaimana??? bikin diferensiasi atau perbedaan. Buat produk yang tidak ada pada kompetitor..dan ingat!!! harus menyita perhatian dan revolusioner. Contoh dong produknya sendiri siSatria FU. Dengan model dan spek yang melenggang sendiri…FU laris manis. Mesin DOHC, 6speed, model ayago dibanderol kurang dari duapuluh juta. Lawan???..sing ade lawan lawong Honda atau Yamaha tidak menyediakan. Praktis hanya siijo Athlete yang mempunyai basic rangka sama. Tapi dari segi engine bukan lawannya…..

iklan iwb

So buat Suzuki…..ciptakan motorsport yang tidak ada pada kompetitor seperti yang dilakukan Kawasaki. Setidaknya bisa membuat bomb-ffect sehingga perhatian biker atau konsumen tersita. Jangan mikir quantity dulu tapi bagaimana created image agar terdongkrak kembali. Image sebagai pabrikan mlemplem dihilangkan..dengan cara buat differensiasi lewat penggerojokan produk-produk mumpuni kepasaran. Yah contohnya…bisa datangkan GW250 sebagai pembuka. Atau produk yang mempunyai design fresh…full fairing, monoshock, full digital, swing arm banana style…..monggo dilirik GSX250r. Intinya….bikin perbedaan. Kapan lagi mau dimulai kalau tidak sekarang. Selebihnya monggo dipikir dan dianalisa sendiri. Toh disana ada kru SIS yang tentunya punya tim-tim ahli profesional. Mosok aku sing dikongkon mikir 😆 ……(iwb)

 

iklan iwb
Previous articleGelang power balance…menyesatkan??
Next articleAkhirnya CBR250r brojol juga diIndia…..
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!