iklan iwb
iklan iwb

 

Brother…sebagai penyegar, sesekali kita membahas topik diluar roda dua. Ada satu yang menggelitik hati pribadi untuk share ke mzbro semua. Yah…itung-itung untuk menambah pengetahuan dan bahan renungan. Maklum dunia ini  sudah sangat tipis perbedaan antara benar dan salah. Bahkan untuk menyesatkan manusia banyak jalan pembungkus…rapi dan manis tanpa kelihatan. Inilah jahiliyah modern. Seperti fenomena yang terjadi 2 tahun belakangan, bagaimana bertebaran gelang-gelang atau kalung pendongkrak stamina. Dari semua yang ada gelang Power Balance yang paling booming. Soale nggak tanggung-tanggung orang terkenal macam presiden kita, SBYpun tertangkap kamera pernah memakainya. Gelang yang diklaim mampu menyelaraskan medan biologis, chi dalam tubuh. Tapi benarkah itu semua??…

Kalau sampeyan melirik gelang power balance,  sepertinya tidak ada yang  istimewa. Apakah betul gelang berhologram  mampu membuat orang merasa sehat??. Tapi berkat iklan yang maha dasyat keraguan seakan sirna. Lha piye ora yakin….olahragawan terkenal macam David Beckham, Christiano Ronaldo, Ruben Barichello, robert De Niro, pangeran william dan masih banyak lagi publik figur lain pernah menyematkan gelang power balance pada pergelangan tangan mereka. Tapi tahukah…..khasiat sijimat ajaib ternyata meragukan??. Dikembangkan oleh Josh Rodarmel dan Troy, merupakan kakak beradik yang tinggal dikalifornia. Power balance atau biasa disebut PB adalah gelang yang cukup pesat perkembangannya. Tidak lebih dari 3 tahun, usaha Josh dan Troy memperoleh keuntungan milyaran dolar dari hasil bisnisnya. Tapi setelah 3 tahun menjalani bisnis mereka, ada pengakuan menarik dari PB Aussie tentang produk tersebut…

iklan iwb

Mereka berkata,” Dalam iklan, kami menyatakan bahwa gelang tangan Power Balance meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas anda. Kami mengakui bahwa tak ada bukti ilmiah kredibel yang mendukung klaim kami.” (sumber vivanews)

Dari segi medispun menyatakan bahwa kehebatan produk seperti itu tidak bisa dipertanggung jawabkan. Jadi kalau kita merasa sehat bukan karena as matter of gelang..melainkan faktor sugesti semata.  Padahal jika mzbro beli PB yang asli lumayan mahal…bisa berkisar 400ribu dioutlet resmi. Saking larisnya sampai-sampai diTanah Abang dipalsukan dengan banderol 40ribu sudah bisa dibawa pulang. Terus bagaimana  gelang-gelang kesehatan tersebut ditilik dari segi agama???. Monggo mzbro buka sebuah riwayat, ” Imran bin Hushain berkata…..

” Nabi Shallahu alaihi wa sallam melihat seseorang ditangannya terdapat gelang terbuat dari kuningan, lalu beliau bertanya. ” Apakah ini?”…Ia menjawab, ” untuk mencegah kelemahan”. Beliau bersabda : ” Lepaskan gelang itu, karena ia hanya menjadikanmu makin tambah lemah. Dan jika kamu mati sementara gelang itu masih ada padamu, maka kamu tidak beruntung selamanya.” (HR. Hakim dan dishahihkan Imam adz-Dzahabi). Wallohu a’lam.

Riwayat lain…

Rasulullah bersabda, ” Tinggalkan apa yang meragukanmu kepada apa yang tidak meragukanmu.” (HR At Tarmidzi no. 2518 dan ia katakan hadits Hasan Shahih)

Riwayat lain…

” Barang siapa menjaga diri dari syubat, maka ia telah melindungi agamanya dan kehormatannya. Dan barang siapa terjerumus dalam syubat, maka ia bisa terperosok dalam keharaman. “ (HR. Bukhari no. 52, dan Muslim no. 1599).

Dalam syariat Islam,  sesuatu yang bisa dijadikan sebagai obat harus memenuhi dua syarat yakni ada dalil shahih yang merekomendasikannya. Seperti air zam-zam, ruqyah, bekam, madu dll. Kedua ada penelitian medis yang menyatakan sesuatu itu sebagai obat..dan tentu tidak boleh terlepas dari tauhid halal. Jadi jelas…gelang-gelang kesehatan yang dijual dipasaran saat ini termasuk belum jelas duduk perkaranya bisa disebut syubat atau samar. Maka dari itu sudah kewajiban seorang muslim untuk menghindarinya (monggo dilirik lagi riwayat diatas). Tidak diragukan …gelang-gelang tersebut menyerupai perbuatan kaum jahiliyah jaman dulu. Hanya dibungkus dengan cara berbeda yang mengatas namakan therapy Magnet. Ditambah  kaburnya bukti medis yang mendukung dibelakangnya membuat pemakai kemungkinan masuk didalam perkara yang diharamkan atau syirik (percaya pada khasiat benda mati)…..minimal masuk perkara syubat. Dan kewajiban bagi kita sebagai muslim untuk selalu menggunakan pengobatan yang jelas kebolehannya…supaya terhindar dari apa yang telah disebutkan. Wallohu a’lam. Semoga berguna……(iwb)

Noted : Sumber dari Almanar

iklan iwb
Previous articleNyicipin Yamaha FZ8!! berat banget euy..!!!
Next articleMau sukses??? Suzuki kudu membuat differensiasi….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!