iklan iwb
iklan iwb

Brother….hati sudah stres dibuatnya. Sikebo kesayangan tiba-tiba mesin ndut-ndutan. Gejala ketika digeber diatas 4ribu rpm, engine tidak mampu teriak….malah ngedrop tak bertenaga. Lebih parahnya…..dipaksa bejek gas,  mesin mau mati. Alamakkkkk….kenapa nih tunggangan???….

Pagi itu melaju dengan santai dijalan kuningan Casablanca Jakpus. Cuaca lumayan cerah setelah semalam diguyur hujan deras. Jalanan sepi membuat puntiran gas semakin dalam. Melaju sekitar 75km/jam…pelan tapi pasti tambah kecepatan hingga menyentuh 80km/jam. Tiba-tiba ketika rpm mulai naik keangka 5ribu, raungan mesin seperti tercekik. Walah……kenapa ini??. Gas langsung diturunin…..teriakan mesin kembali normal. Karena penasaran bejek kembali…..ndut-ndutan. Ooo tidakkk!!! ada apa nih mesin. Kehabisan bensin tidak mungkin, sebab bar fuel lebih dari setengah. Melongok keswitch kran bensin…posisi  On tidak terlihat keanehan.  Modar tenan lek iki…!!

Bengkel resmi belum ada yang buka. Rasanya hati tidak rela jika tunggangan dipegang bengkel pingkir jalan. Kesel..kecewa..bingung bercampur menjadi satu. Sembari berdiri dipinggir jalan…..memandangi sikebo. Coba menganalisa….kalau dilihat dari masalahnya jelas pasokan bensin atau udara tidak lancar. Bensin?? masih penuh. Coba flashback kebelakang. Apa karena karbu kemasukan air?? sebab baru kemarin motor dicuci. Hhhmm tidak mungkin!!. Ditengah kebingungan, tiba-tiba teringat dengan kanebo dibawah jok. Towel karet pengering ini memang sudah biasa saya taruh dijok buat mengeringkan sikebo jika terguyur hujan. Tidak menunggu lama ambil kunci kontak dan buka jok. Ealaahhh….posisi Kanebo bergeser hingga kebibir moncong filter udara…wah jangan-jangan ini  nih biangnya. Segera memungut dan memindah keposisi lain. Menghidupkan mesin…langsung ditest jalan. Geber hingga rpm 8ribu. Gigi satu…dua….tiga….empat dan lima…..ngacir tanpa halangan.  Normal euyyyy. Ternyata saya sendiri yang ceroboh wkwkwk….

iklan iwb

Dari pabrikan sudah dikasih note ” jangan taruh benda apapun diatas filter udara”. Posisi moncong  filter Byson memang tidak seperti lazimnya motorsport lain. Jadi  kalau tidak hati-hati menaruh barang sembarangan dibawah jok bisa terhisap filter…otomatis bisa ditebak, pasokan udara kurang…mesin bakal brebet. So mybro…pengalaman diatas patut saya share supaya kejadian yang sama tidak menimpa kebrother sekalian. Sebab kalau kita nihil pengetahuan mesin, bisa jadi dibuat pening atas masalah yang timbul. Intinya jangan pernah menaruh barang apapun diatas filter Byson, agar nafas sikebo tidak tersumbat. Semoga berguna…..(iwb)

iklan iwb
Previous articleUntuk mengganjal CBR150…Yamaha R15 sudah cukup??
Next articleNyicipin Yamaha FZ8!! berat banget euy..!!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!