iklan iwb
iklan iwb

Hal ini dialami oleh salah satu bro kita, Gerry yang baru meminang honda new Megapro. Doi merasakan ada suara tak lazim yaitu suara denging atau bengung dibagian rumah kopling. Walah…..opo iku??

Setelah mengirim message lewat email, mzbro ini memberikan info susulan melalui PM Facebook. Disitu tertuang keluhan tentang engine yakni pendeknya gigi empat mengakibatkan lari kurang maksimal (ngeden) sehingga diakali dengan mengganti gear depan lebih kecil satu mata guna mendongkrak nafas mesin. Oke sekarang kita coba analisa keluhan pertama. Bengung/denging menurut bro Gerry bisa jadi dari kurang presisinya part dari gear serta rumah kopling. Hal ini berdasarkan pengalaman doi ketika bekerja dibengkel Yamaha. Tapi saya sendiri ragu akan hal itu sebab setiap motor punya karakter berbeda khususnya suara engine. Jadi lebih baik disandingkan dengan Megy lain atau konsultasikan langsung kemekanik AHASS guna mendapatkan jawaban apakah dengung tersebut normal?? biarlah mereka yang melakukan pengecekan. Atau bagi para brother penyemplak NMP, monggo dishare pendapat sampeyan dikolom komentar, apakah memang seperti itu karakter NMP?? (lha aku ora duwe NMP je :mrgreen: )

Kedua…tentang gigi empat yang ngeden. Setiap motor dibuat berdasarkan riset dan penelitian mendalam. Gear-ratio, durability, hitungan torque hingga beban maksimal sudah dihitung secara detil. Nyuwun sewu…pendapat pribadi sih sebenarnya tidak usah mengganti ukuran gear depan. Penggantian gear hanya direkomendasikan jika tunggangan sampeyan sudah full oprekan. Horse-power yang meledak-ledak kudu diimbangi penghitungan kembali ukuran gear untuk memaksimalkan kinerja. Apa yang bro Gerry rasakan, saya yakin lebih kearah sugesti. Maksudmya??…ternyata mzbro ini sebelumnya penyemplak Ninja. Tahulah nafas mesin produk sport Kawasaki ini kalau digeberkan panjang amir…gigi empat saja mampu 140km/jam. Sedang sekarang menggunakan mesin 4tak, 150cc….ya jauhhhh mzbro. Sudah sifat manusia sensasi lawas seperti dibawa ketunggangan anyar.  Apalagi bro Gerry kuda besi masih anget-angetnya. Pengalaman pernah saya rasakan ketika nunggang Suzuki RGR150…tiba-tiba ganti nyemplak Tiger2000 (jaman sik enom biyen 😆 ).

iklan iwb

Last…jika mzbro penyemplak NewMegapro atau setidaknya bisa menganalisa pertanyaan nomor satu dari bro Gerry, monggo share pendapat sampeyan dikolom komentar. Semoga petunjuk bro-bro semua bisa menjadi masukan berguna buat bro Gerry khususnya serta kita pada umumnya. Maturnuwun…..(iwb)

iklan iwb
Previous articleMau kredit Honda CBR250r?? monggo diintip simulasinya…
Next articleJika Pulsar 220 dijejerin Byson…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!