iklan iwb
iklan iwb
Nitrogen….unsur terkenal sebagai pengisi ban pengganti angin. Sifatnya yang dingin serta lebih padat ketimbang angin disinyalir mampu menghemat bahan bakar dan cenderung serasa empuk jika digunakan melaju dijalanan. Benar nggak sih seperti itu??…………
Bagaimanapun dari segala sisi angin reguler memang kalah jika dibandingkan Nitrogen. Unsur ini wajib dipakai sebagai pengisi karet bundar motor racing atau ajang balap F1. Sifatnya yang adem ketimbang angin tidak gampang terpengaruh oleh kenaikan suhu ban sehingga mampu menghindarkan ban meletus ketika melaju kencang. Sebab waktu ban digeber pada kecepatan tinggi maka karet yang bergesekan diaspal temperatur akan naik. Jika angin biasa didalam ban, dipastikan terjadi proses pemuaian yang mengakibatkan dorongan keluar…bisa ditebak resiko ban pecah mengintai setiap saat. Tentunya proses tersebut dibutuhkan speed tinggi secara terus menerus. Untuk kendaraan transportasi harian dimana rata-rata kecepatan hanya 80-120km/jam…..mungkin bahaya ini tidak terlalu mengancam. Wah berarti pemakaian Nitrogen mubazir dong mzbro?? nggak juga. Monggo diintip dibawah benefit yang bisa didapat……
1. Karena sifatnya yang padat Nitrogen tidak mudah menyusup keluar dari ban dibanding angin sehingga jadwal pengisian akan lebih lama. Dengan catatan tidak ada bocor alus lho 😆
2. Pelk serta karet bundar akan lebih awet (Tubeless type). Hal ini dikarenakan Nitrogen (98%) tidak mengandung air sehingga korosi pelk serta ban retak bisa dihindarkan. Sifat tersebut tidak akan ditemui pada angin biasa yang mempunyai kandungan oksigen 21%, Nitrogen 78% dan sisanya uap air….
3. Bobot molekul Nitrogen lebih ringan yaitu 14 atom sedang angin 16 atom. Jadi yo wis sampeyan bayangin aja…logikanya kinerja perputaran ban lebih enteng otomatis akan menghemat bahan bakar (walau tidak signifikan)
4. Mengisi ban dengan Nitrogen cenderung lebih safe sebab tidak gampang bereaksi ketika ban memuai sehinga meminimize resiko ban pecah.
5. Sifat dingin Nitrogen ternyata juga bisa mendongkrak keawetan kompon ban…

Dari semua yang dijabarkan diatas, terbukti Nitrogen banyak manfaatnya ketimbang ruginya. Saat ini banyak bengkel mengenakan tarif antara 7000-15000 rupiah sekali ngisi. So kalau ditanya perlu nggak sih isi angin dengan Nitrogen?? monggo disimpulkan sendiri. Btw ada yang pernah ngisi ban dengan Nitrogen?? Silahkan bagi testimoni sampeyan…….(iwb)

Noted : Dikumpulkan dari berbagai sumber

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!