iklan iwb
iklan iwb

Jika melihat motor-motor produk India, hati serasa ngiri tiada terkira. Dari engine diplacement mungil hingga raksasa macam YZF-R1 tersedia disana. Biker dimanja habis-habisan. Tentu hal ini kontras dengan tanah air. Kelas moped atau bebek serta maticlah yang mendominasi…………..

Jajaran line up dibuat bukan atas kemauan ATPM. Melainkan berdasarkan demand atau keinginan konsumen. Ngenesnya, masyarakat Indonesia malah menyukai varian matic & moped. Alasan ekonomis, murah serta mudahnya perawatan menjadi pertimbangan utama. Sebenarnya kecenderungan tersebut bukannya tidak menjadi tanda tanya dari orang Jepang sendiri. Saya masih ingat dulu ketika berbincang dengan salah satu pentolan orang KMI Mr. Ushitani yang mengungkapkan keheranannya atas uniknya konsumen Indonesia dimana mayoritas malah menyukai jenis bebek. “ Less power…cannot compare with manual clutch like motorsport engine,” cetusnya mengungkapkan unek-uneknya. Yup…tapi itulah Indonesia. Dan hal ini sangat berbeda dengan negara sungai gangga. Porsi sport mendominasi disana. Coba mzbro tengok website Yamaha, Honda, Suzuki, Bajaj, TVS India…..kabeh akehe motor lanang. Bagus-bagus lagi. Siapa yang nggak ngiri!! kita menunggu Yamaha R15 aja…tidak terkabul. Ibaratnya sudah bertapa sampai jenggotan juga tidak kunjung datang. Dazzler aka New Megapro….hhmmm setahun disana baru dilempar kesini. Yang lebih parah FZ16 aka Byson kudu menunggu 2 tahun pasca produk sudah brojol diIndia. Itupun ditanah air masih harus inden 2-3 bulan. Opo ora bener-bener apes!!!…….

Yah itulah nasibnya pecinta motor laki. Sudah mahal, pilihan model juga terbatas. Padahal jika mayoritas konsumen Indonesia demen ama motosport dipastikan  para pabrikan juga akan mengikuti. Selain itu otomatis harga banderol bakal bisa lebih murah sebab dengan banyaknya barang akan berimbas bisa ditekannya ongkos produksi. Sayang pola pikir mayoritas biker tanah air tidak seperti kaum minoritas. Masihkah ada harapan kedepan?? possibility itu bisa saja terjadi terhadap anak cucu kita. Who knows….. Yang penting jangan kayak iklan rokok aja yang judulnya…..ngimpi!!!! :mrgreen: (iwb)

iklan iwb
iklan iwb
Previous articleDiSepang jilid 2 The Doctor makin membaik…..
Next articleGile…sudah 5 bulan ban tidak minta isi angin!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!