iklan iwb
iklan iwb

Hiruk-pikuk Pak SBY minta naik gaji seperti sudah tenggelam oleh tragedi Ahmadiyah. Tapi tidak menyurutkan rasa penasaran pribadi untuk mengetahui apakah betul gaji pemimpin tertinggi kita ini termasuk kecil?. Pertanyaan ini banyak timbul dari berbagai lapisan masyarakat. Jika kita melihat dari kacamata wong cilik, jelas semua akan bilang kalau gaji yang diterima sudah tinggi. Lawong hampir 70juta sebulan. Angka tersebut belum termasuk tunjangan-tunjangan lain. Yah…..ibaratnya beli es cendol bisa buat renang. Tapi kita kali ini kita tidak akan berbicara tanpa bukti. Harus ada pembanding nyata yang bisa dijadikan patokan antara gaji sang presiden dibanding dengan negara lain plus pendapatan perkapita penduduk tentunya…….

Yang pertama adalah Singapura. Negeri tetangga paling dekat ini ternyata pemimpinnya mempunyai gaji paling tinggi sedunia yaitu 19,8milyar/tahun. Angka tersebut berarti 40 kali lipat dari pendapatan penduduk perkapita dinegeri itu. Di posisi kedua adalah Hongkong. Negara kecil ini pemimpinnya mempunyai gaji sekitar 4,5M/tahun. Namun nominal tersebut termasuk kecil jika menengok pendapatan perkapita penduduk disana yang memang tinggi. Kemakmuran serta majunya industri membuat gaji sang pemimpin hanya terpaut 9 kali pendapatan perkapita penduduk Hongkong. Yang ketiga adalah Kenya. Kendati negara miskin presiden Kenya mempunyai pendapatan sekitar 3,8M/tahun atau setara dengan 240 kali lipat pendapatan perkapita penduduk. Sekaligus menjadikan negara peringkat satu dunia yang mencatat kejomplangan terbesar pendapatan kepala negara dengan rakyatnya.

Yang keempat adalah Amerika. Sang Negara adidaya menggaji pemimpinnya sekitar 3,6M/tahun. Perolehan tersebut terpaut 8 kali lipat pendapatan penduduk perkapita dinegeri paman sam (Hhhmmm kecil juga  yak?!). Yang kelima adalah Rusia. Negara bekas pecahan Uni Soviet yang terkenal kompetitor Amerika pada masa perang dingin mendapatkan gaji 1M/tahun. Angka tersebut merupakan 7 kali lipat pendapatan perkapita penduduknya yang mencapai 140juta/pertahun. Sedangkan yang keenam adalah China. Negara besar serta ekonominya yang maha kuat tidak serta merta membuat negera berbaik hati memberikan gaji gede buat  sang presiden yang hanya 96,3juta/pertahun  atau setara 3 kali lipat pendapatan perkapita penduduk, menjadikan negeri tersebut menempati posisi teratas presiden dengan gaji termiris didunia. Namun karena kuatnya hukum, serta kerasnya sangsi membuat para pemimpin dinegeri itu cenderung bersih dari praktek KKN. Lha terus berapa gaji presiden Indonesia???…

iklan iwb

Menurut versi Economy, Presiden RI mendapatkan gaji bersih (plus tunjangan lain-lain) sekitar 1,12M/tahun. Merupakan angka yang fantastis jika menilik kondisi kemiskinan ditanah air tercinta ini. Nominal tersebut sekaligus menjadikan presiden RI menduduki gaji tertinggi nomor tiga didunia jika melihat pendapatan perkapita penduduk (28kali) dibawah Kenya serta Singapura. Kalau gaji pak SBY jadi dinaikkan, berarti akan semakin jauh meninggalkan pendapatan perkapita. Sayang, semua elite politik terkesan kong-kalikong mengiyakan wacana yang sebentar lagi terealisasi sebab mereka juga dijanjikan naik gaji oleh menteri keuangan. Padahal kalau boleh hitung-hitungan…..semua fasilitas presiden ditanggung oleh negara.  Listrik, baju, makanan, air, mobil, bensin ibaratnya sabun mandi saja disediakan oleh negara. Lho koq masih kurang ya bro??…..yah itulah manusia. Presidenkan juga manusia. Sudah sifat dasar manusia tidak ada puasnya. Berapapun dikasih, pasti akan kurang. Hanya….sangat disayangkan jika hal itu dilakukan oleh sosok pemimpin yang katanya mengabdi pada negara. Diperparah lagi kebobrokan para wakil rakyat yang kini hanya mementingkan materi belaka ketimbang membela kepentingan rakyat. Sungguh menyedihkan………..(iwb)

iklan iwb
Previous articleSisi unik mesin Kawasaki Athlete…
Next articleWebsite roda dua paling kreatif….???
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!